1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Fakta Unik di Planet...

Fakta Unik di Planet Bumi–Yakin Kamu Sudah Tahu?


Meskipun saat ini koneksi Internet begitu meluas hingga ke tempat-tempat relatif terpencil, tidak ada orang yang tahu segalanya tentang semua hal. Planet Bumi tetap menyimpan misteri dan fakta unik yang tidak diajarkan di sekolah, apalagi tercantum di buku pelajaran.

InspiratorFreak menghimpun beberapa fakta unik yang ada di planet Bumi dari BrightSide.me.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Fakta unik #1: Jika seseorang jatuh lurus dari satu sisi Bumi, butuh waktu 38 menit baginya untuk tiba di sisi satu lagi

Photo credit: depositphotos

Ahli-ahli fisika dari McGill University telah mengkalkulasi bahwa seseorang hanya butuh waktu 38 menit 11 detik untuk tiba di sisi lain planet kita jika dia jatuh ke lubang yang lurus. Kecepatan melayang itu mencapai lebih dari enam kilometer per jam. Tetapi, para ahli ini juga menyatakan pastinya umat manusia tidak mengharapkan “terowongan” sungguhan muncul di planet Bumi dalam waktu dekat.

Fakta unik #2: Ketika berada dalam situasi tidak familier, orang cenderung bergerak ke kanan alih-alih kiri

Photo credit: depositphotos

Seorang profesor di bidang psikologi, Stephen Bitgood, menyatakan di area tanpa arah, orang bertangan “kadal” (kanan lebih/dapat lancar)–yang jumlahnya sekitar 90 persen dari populasi orang dewasa–cenderung bergerak ke kanan. Prinsip ini secara aktif digunakan para pedagang dengan mengatur barang dagangan mereka yang lebih murah di kiri, sedangkan yang di kanan lebih mahal.

Jadi mikir, kalau mau berhemat, saat berada di toko baju untuk belanja baru lebaran nanti mungkin sebaiknya kamu lebih sering melipir ke kiri ya, Inspirator?

Fakta unik #3: Kereta api diciptakan enam belas tahun lebih awal daripada sepeda

Photo credit: depositphotos

Kereta api pertama di dunia, Puffing Devil, diciptakan pada 1801 oleh insinyur Inggris, Richard Trevithick. Prototipe pertama sepeda, kendaraan beroda dua bernama Laufmaschine diciptahan pada 1817 oleh profesor Jerman, Baron Karl von Drais.

Fakta unik #4: Tikus tertawa jika digelitik

Photo credit: depositphotos

Ilmuwan menemukan bahwa tikus adalah satu-satunya mamalia yang bisa tertawa ketika digelitik, sama seperti manusia. Tetapi, tikus hanya tertawa jika suasana hati mereka sedang bagus. Jika mereka merasa depresi atau ketakutan, reaksi mereka atas gelitikan jauh melemah.

Hm, ini hampir mirip dengan manusia juga ya, Inspirator? Kalau kamu sedang bete lalu digelitik, kamu tertawa atau sebal?

Fakta unik #5: Sebagian besar lemak dikeluarkan dari tubuh melalui embusan napas

Photo credit: depositphotos

Ahli fisika Australia, Ruben Meerman, melakukan serangkaian eksperimen dan menemukan bahwa manusia ternyata mengembuskan lemak. Dia telah membuktikan bahwa sekitar 9,979 kilogram lemak berubah menjadi 8,391 kilogram karbondioksida yang meninggalkan tubuh dalam bentuk udara yang diembuskan dan kita kehilangan kira-kira 1,587 kilogram dalam bentuk air (melalui urine, keringat, dan air mata).

Fakta unik #6: Cokelat membuat kita lebih cerdas

Photo credit: depositphotos

Ini kabar bahagia bagi chocolate-freak seperti saya, Inspirator. Doktor Franz Messerli melakukan riset dan menemukan bahwa konsumsi cokelat bisa meningkatkan kemampuan mental seseorang. Dan meskipun dia mengakui bahwa eksperimen itu dilakukan untuk kesenangan belaka, dia tetap berhasil menemukan garis besar kaitan langsung antara jumlah cokelat yang dikonsumsi di negara lain di dunia dengan negara-negara penerima anugrah Nobel.

Wah, harus segera menyetok cokelat lebih banyak, nih!

Fakta unik #7: Jamur, berdasarkan strukturnya, lebih mirip hewan daripada tanaman

Photo credit: depositphotos

Kita semua mungkin masih ingat pelajaran biologi dasar di sekolah, bahwa jamur masuk kerajaan yang berbeda dari dunia tanaman. Penelitian genetik molekuler menunjukkan bahwa meskipun jamur diklasifikasikan terpisah dari hewan, struktur sel mereka lebih dekat dengan kerajaan hewan daripada tanaman.

Jadi, sebenarnya jamur itu hewan atau tanaman, ya?

Planet Bumi selamanya akan tetap menyimpan banyak misteri dan fakta unik seiring masa berganti. Mari kita tunggu dengan senang hati.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...