1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Fakta Menarik Si Robot...

Fakta Menarik Si Robot Hijau Maskot Android, Sudah Tahu Belum Nama Resminya?


Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk gadget layar sentuh seperti smartphone dan komputer tablet. Sistem ini awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Nah kalau kamu salah satu penggunanya pasti sudah tidak asing kan dengan robot hijau yang jadi maskot andalan?

Robot hijau maskot android (futurescot.com)

Bentuknya yang sederhana pasti sudah sangat familiar dan mudah dikenali. Banyak yang menyebutnya sebagai “robot hijau” karena memang warnanya yang cukup mencolok. Tapi ternyata robot ini tak hanya sekadar maskot, ada beberapa fakta menarik yang harus kamu tau.

Sudah tau nama resminya?

Orang-orang hanya mengenal maskot ini dengan sebutan robot hijau, padahal ternyata lambang Android ini memiliki nama resmi lho. Nama resminya adalah BugDroid yang diumumkan bertepatan dengan rilisnya versi Android beta pada 5 November 2007 silam. Tanggal tersebut sekaligus jadi momen lahirnya di robot hijau BugDroid.

Bugdroid adalah nama resminya (frandroid.com)

Pemberian nama ini tidak secara asal. Nama tersebut diberikan oleh Tim Android di Google karena selalu mengalami bug atau lubang kelemahan sistem yang sedang mereka kembangkan.

Mulanya memiliki saingan

Yang harus kamu tahu, BugDroid ternyata bukan satu-satuya maskot Android. Sebelum kemunculannya, pernah ada robot pesaing dengan nama Dandroid. Robot ini dibuat oleh desainer yang berbeda dengan mengusung empat warna yaitu merah, hijau, kuning dan biru. Sayangnya robot ciptaan Dan Morril ini kurang dilirik oleh Google.

Dandroid (gawkerassets.com)

Tim Google kemudian meminta Morril untuk merevisi bentuk sekaligus tema Dandroid dalam kurun waktu tertentu. Namun nampaknya Morril gagal memenuhi permintaan tersebut sehingga digantikan oleh BugDroid hingga sekarang. Padahal jika berhasil bukan tidak mungkin Dandroid menjadi legendaris seperti BugDroid saat ini.

BugDroid diciptakan hanya dalam 5 MENIT

Seseorang yang ada di balik terciptanya maskot ini adalah Irina Blok. Mulanya Irina yang merupakan salah satu karyawan Google diminta untuk membuat ‘identitas’ untuk Android. Karena tugas yang cukup berat, dia diberikan waktu kurang dari seminggu untuk menyelesaikan tugasnya.

BugDroid diciptakan hanya dalam 5 MENIT (wikimedia.org)

Namun siapa sangka Irina mampu membuat BugDroid hanya dalam waktu 5 menit saja? Irina mendapatkan inspirasi setelah dirinya menemukan sign system yang biasa ditemukan di pintu toilet. Garis yang tegas dan bentuk persegi menginspirasi maskot Android yang dikenal saat ini. Percaya kan kalau ide bisa datang dari mana saja?

Nah itulah beberapa fakta menarik tentang robot hijau ANdroid. Jangan ngaku pecinta OS ini kalau nama maskotnya saja kamu tak tahu~

sumber : inovasee



loading...