1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Enggak Cuman Buat Anak...

Enggak Cuman Buat Anak Muda, Sekolah di Sini Isinya Para Lansia loh!


Karena enggak ada batasan umur buat kalian yang mau belajar. Mau belajar bahasa Inggris saat umur 25 tahun, enggak masalah, enggak akan ada aturan tertentu selama kalian mau. Ketika mendengar kata menuntut ilmu, biasanya akan disangkutpautkan di mana tempat kita belajar. Walaupun belajar bisa di mana dan kapan saja.

Omong-omong soal tempat belajar, ada yang unik nih dari salah satu sekolah di Ayutthaya, Thailand. Sekolah tersebut berisi para lansia yang ingin bersekolah, bahkan mereka juga memakai baju seragam layaknya kita kalau sekolah TK – SMA.

  1. Sekolah lansia di Bangkok

sekolah lansia
Via Athit Perawongmetha/Reuters

Sekolah ini diperuntukkan bagi para lansia berusia di atas 60 tahun. Buat Kawan Muda yang penasaran lokasinya di mana. Kawan Muda bisa ke Kecamatan Chiang Rak Noi, 80 KM. Berada di sebelah utara Bangkok.

  1. Program Pemerintah Thailand

Via Athit Perawongmetha/Reuters

Kembali ke sekolah ini adalah program pemerintah Thaniland untuk para lansia yang hidup sendirian di pedesaan. Pasalnya di Thailand memiliki 7,5 juta warga yang berusia lebih dari 65 tahun.

  1. Lansia yang ditinggal oleh para anaknya

lansia ditinggal anaknya
Via Athit Perawongmetha/Reuters

Eits, bukan anak durhaka yang melupakan orangtuanya loh ya! Anak-anak mereka biasanya mencari pekerjaan di kota, sehingga para orangtua dan kakek-nenek lebih banyak tinnggal sendirian dan tidak ingin merepotkan anaknya. Para lansia biasanya akan mengalami kesepian dan lebih tertekan ketika hidup sendiri.


BACA JUGA:

  • Enggak Hanya Kawula Muda Saja yang Bisa Diajak Seru Bareng, Kakek dan Nenek juga Memiliki Keseruan yang Sama seperti Kamu Lho!
  • Luar Biasa! Nenek 68 Tahun Ini Masih Lincah Melenggang di Atas Catwalk dan Enggak Kalah Cantik sama Model-model Muda!

  1. Sekolah seminggu sekali

Bus khusus lansia
Via Athit Perawongmetha/Reuters

Sekolah ini diadakan setiap hari Rabu. Para lansia akan memakai seragamnya dan menunggu bus sekolah jemputan mereka tiba, lalu mereka akan bertemu dengan teman-teman seusianya. Berbagi cerita dan bersenang-senang.

  1. Apa yang mereka lakukan di sekolah?

lansia upacara
Via Athit Perawongmetha/Reuters

Para lansia akan banyak belajar hal-hal baru. Tentunya bukan mata pelajaran seperti ipa atau ips ya. Mereka akan melakukan kegiatan seperti menjahit, melukis, menari kegiatan yang berguna untuk melepaskan rasa tertekan itu. Bahkan mereka juga melakukan upacara bendera loh.

Menurut salah satu murid lansia yang bernam Somjit (77) mengaku kalau ia menanti-nantikan waktu untuk bersekolah dan bertemu dengan teman sebayanya. Hal ini adalah hal yang menyenangkan dalam kehidupan mereka.

Seru banget ya kegiatan para lansia ini.

Sumber : detik.com, sindonews.com

sumber : kitamuda



loading...