1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Eksotisme Pantai Klayar, Pantai...

Eksotisme Pantai Klayar, Pantai Cantik Pacitan Punya Nih!


Pantai Klayar Pacitan, namanya mungkin tak setenar Pantai Tiga Warna di Malang, Teluk Ijo (Green Bay ) di Banyuwangi, atau pantai-pantai eksotis lain yang ada di Jawa Timur. Namun siapa sangka, Pantai Klayar memiliki kombinasi keindahan alam yang paripurna: pasir putih yang lembut, deretan tebing karst unik, dan yang paling istimewa adalah suara ombak pantai yang begitu merdu.

Terletak di Desa Sendang, Kec. Donorojo, dibutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota untuk sampai di Pantai Klayar. Medan yang ditempuh juga enggak mudah. Jalan memang sudah beraspal, tapi banyak lubang di sana-sini. Belum lagi jalanannya yang relatif sempit, berkelok, melewati tanjakan dan turunan tajam.

Pantai Klayar, surga tersembunyi di Kabupaten Pacitan | via: LiburMulu.com

Meski penuh perjuangan, semua akan terbayarkan saat kamu menginjakkan kaki di sana. Rasanya sayang jika tidak memasukkan pantai ini ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib kamu kunjungiminimal sekali deh seumur hidup. Karena Pantai Klayar menawarkan banyak spot-spot menarik yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Kali ini Kita Muda akan mengajak kamu untuk mengeskplor hal-hal menarik yang bisa ditemukan di Pantai Klayar Pacitan. Mungkin kamu akan jatuh cinta dengan pantai ini setelah mengetahuinya dan enggak sabar untuk segera menginjakkan kakimu di sana. Yuk, kita mulai petualangannya!

Menikmati keindahan Pantai Klayar dari ujung ke ujung dari atas bukit. Pssst, pemandangan sunset dari Pantai Klayar benar-benar memanjakan mata…

Menikmati keindahan Pantai Klayar dari atas Bukit Indah Lestari | via: menggapaiangkasa.com

Pantai Klayar memiliki bukit di sisi kanan kiri yang bisa jadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan pantai dari ujung ke ujung. Nah, di sebelah kiri ada bukit bernama Bukit Indah Lestari. Dari situ, Kawan Muda bisa mendapatkan pemandangan terbaik di Pantai Klayar. Eits, enggak perlu takut kepanasan karena banyak pohon rindang untuk berteduh.

Jika kamu berkunjung di sore hari, sempatkanlah untuk menikmati keindahan matahari terbenam dari bukit ini. Karena sunset di pantai Klayar Pacitan adalah suatu sunset yang sangat indah dan memanjakan mata. Untuk naik ke bukit ini, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 2.000 per orang.


BACA JUGA:

  • 9 pantai keren yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Yogyakarta!
  • 9 pantai sepi dan eksotis yang bikin kamu serasa punya pantai pribadi! Yuk, kesini!
  • Liburan ke Belitung? Jangan lupa kunjungi 9 pantai yang ciamik ini!

Pantai Klayar memiliki gugusan batu karang, salah satu gugusan karangnya menyerupai patung Sphinx di Mesir, lho!

Batu karang Pantai Klayar yang menyerupai Patung Sphinx | via: seogereggi.com

Selain menikmati deburan ombak dan panorama tepi pantai yang indah dengan hamparan pasir putih serta pohon kelapa yang berjejer-jejer, salah satu hal menarik yang ada di Pantai Klayar adalah gugusan karangnya. Uniknya, bukit karang yang ada di Pantai Klayar ada yang bisa didaki! Dan dari atas bukit karang kamu bisa menikmati keindahan pantai juga. Asyik banget, kan?

Nah, salah satu gugusan karang di Pantai Klayar ada yang bentuknya menyerupai patung Sphinx di Mesir. Dan lokasi ini kerap menjadi spot foto pengunjung. Hihi, lumayan lah ya liburan ke Pantai Klayar rasa liburan ke Mesir :”)

Yang paling epic adalah keberadaan seruling samudera. Ini terjadi saat ombak menyapu karang dan air laut yang masuk ke celah akan mengeluarkan bunyi yang mirip seruling.

Salah satu hal menarik di Pantai Klayar adalah keberadaan seruling samudera | via: petualangpantai.blogspot.com

Selain karang yang mirip patung Sphinx, ada pula karang yang diberi nama karang air mancur. Jadi, saat ombak besar menyapu karang, air laut akan masuk ke sela-sela batu atau celah. Air laut yang menyusup ke bawah batu tadi tiba-tiba menyembur keluar dari celah karang seperti air mancur (ketinggiannya bisa mencapai 10 meter dari permukaan batu, lho!). Itulah sebabnya karang ini disebut karang air mancur.

Selain menghasilkan pemandangan bak air mancur, air yang menyusup ke celah-celah tadi juga menghasilkan bunyi mirip seruling. Fenomena ini kemudian dijuluki seruling samudera. Kamu bisa menikmati femonena ini dari dekat dengan mendaki Bukit Indah Lestari.

Selain batu karang yang mirip patung Sphinx, ada juga bongkahan batu karang yang mirip dengan pemandangan di Tanah Lot Bali.

Pemandangan Pantai Klayar hampir mirip dengan Tanah Lot | via: wisatahits.com

Siapa sih yang tidak tahu Tanah Lot Bali? Ketika kamu berkunjug ke Pantai Klayar, kamu akan menemukan pemandangan yang agak mirip dengan Tanah Lot Bali. Yup, ada batu karang yang menyambung dengan pantai dan menjorok ke laut. Cuma enggak ada bangunan Pura-nya saja sih di atasnya, hehe.

***

Bagaimana Kawan Muda, Pantai Klayar benar-benar harus masuk bucket list liburanmu ‘kan? Jika kamu berencana liburan ke Pantai Klayar, sekarang sudah ada homestay yang enggak terlalu jauh dari pantai atau kamu bisa menyewa penginapan di Kota Pacitan.

Kalau soal fasilitas, di Pantai Klayar sudah tersedia kamar mandi dan toilet yang bersih, kok. Di sana juga ada fasilitas musala. Pengin berkeliling pantai naik ATV? Bisa! Karena ada jasa penyewaan ATV juga.

Kalau untuk urusan perut, di pinggir pantai terdapat banyak warung yang menjual menu olahan ikan hingga ayam.

So, tunggu apa lagi? Buruan deh diagendakan liburan ke Pantai Klayar. Daripada nyesel, lho…

Sumber: Kompas.com ; NativeIndonesia ; JejakPiknik

sumber : kitamuda



loading...