1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. DIY Essential Oil, Super...

DIY Essential Oil, Super Gampang!


Source: https://www.newdirectionsaromatics.ca/products/essential-oils/

Essential oil popular dengan segudang manfaatnya. Beberapa diantaranya adalah bisa menjadi pengharum ruangan, sebagai bahan tambahan pada skin care, sebagai aroma therapy, bahkan bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan masak-memasak. Kalo lo adalah seorang DIY-ers alias hobi bebikinan, kalian bisa nih coba resep yang satu ini: DIY Essential Oil. Caranya gampang kok. Kalo mau tahu, baca sampai akhir ya. Ini dia caranya:

Langkah pertama menyiapkan botol. Botol yang dipake yang berbahan kaca supaya lebih steril. Rendam dengan air panas, lalu keringkan.

Langkah kedua pilih aromanya. Lo bisa pilih bunga-bunga yang memiliki aroma kuat seperti melati, lavender, kenanga, kamboja, atau bisa juga pilih aroma lain seperti kulit jeruk dan kayu manis.

Langkah ketiga masukkan minyak pilihan. Minyak yang digunakan tergantung pada tujuan dibuatnya essential oil ya. Kalo dibuat untuk aroma therapy, pengharum ruangan, dan keperluan kosmetik, lo bisa pake baby oil atau almond oil. Kalo dibuat untuk keperluan memasak, lo bisa pake olive oil.

Langkah keempat meracik essential oil. Letakkan bunga dalam botol. Masukkan sampai bagian tangkainya juga. Kalo lo pake kulit jeruk atau kayu manis, masukkan semuanya ke dalam botol. Lalu tutup sampai kencang.

Source: https://omgbotanicals.com/tag/aromatherapy-and-essential-oils/

Langkah kelima diamkan. Diamkan racikan essential oil tersebut di tempat yang hangat seperti jendela atau beranda rumah yang langsung terkena sinar matahari. Biarkan sampai bunga layu. Setelah beberapa hari atau bunganya udah layu, buka tutup botol dan coba cium aromanya. Kalo belum cukup kuat buat lo, saring cairannya, isi botol dengan bunga atau kulit jeruk segar, dan tuang lagi minyak ke dalamnya. Biarkan selama beberapa hari lagi. Terus lakukan sampai tingkat wangi yang lo inginkan, lalu saring dan simpan.

Tips penyimpanan: simpan essential oil dalam lemari pendingin supaya awet lebih lama.

Tips penggunaan:

1. Sebagai parfum

Source: https://www.oriental-style.de/en/blogs/blog-infos/how-to-use-and-apply-concentrated-perfume-oils/

Pemakaian essential oil yang paling mudah adalah dengan memanfaatkannya sebagai parfum. Berhubung minyak esensial memiliki intensitas wangi yang amat kuat, lo cukup menitikkan satu tetes pada pergelangan tangan, digosokkan di pergelangan tangan dan pada leher. Cara lain adalah mencampurnya dengan air di dalam botol semprot dan menggunakannya sebagai body mist untuk pemakaian berulang.

2. Campuran air mandi

Source: http://essentialoilsandhealth.com/tag/aromatherapy-candles/

Tuangkan beberapa tetes essential oil ke dalam air hangat yang akan di gunakan untuk berendamaroma essential oil akan menguap ke permukaan bersama uap air. Lo bisa menggunakan minyak esensial aja atau mencampurnya dengan garam mandi yang biasa dipakai sehari-hari. Jika ingin mencampurnya dengan garam mandi, pastikan keharuman di antara keduanya selaras.

3. Campuran minyak pijat

Source: http://www.zenbox-essentialoils.com/ways-to-use-and-apply-your-essential-oils/

Untuk meningkatkan manfaat pijat, teteskan minyak esensial ke dalam minyak yang akan digunakan untuk memijat, seperti minyak zaitun, almond, atau jojoba. Untuk minyak pijat, pilih yang aromanya netral dan tidak menusuk hidung. Tambahan essential oil ke dalam minyak pijat akan membuat lo merasa lebih relaks dan segar setelahnya. Essential oil yang biasa dipilih untuk pijat adalah lavender, ylang-ylang, dan jasmine.

4. Pengharum ruangan

Source: https://laurelandfern.com/2017/12/sleep-blend-pillow-spray-with-essential-oils/

Untuk mengharumkan ruangan, lo bisa meneteskan essensial oil pada kain sprei bantal, kasur, ataupun tirai. Lo juga bisa meneteskan minyak pada wadah kain tebal atau spons dan meletakkannya persis di depan blower pendingin ruangan, baik di dalam kamar ataupun mobil. Alternatif lain adalah dengan meneteskan essensial oil ke dalam alat diffuser yang bisa menyebarkan uap air ke berbagai penjuru ruangan.

Selamat mencoba 😊

sumber : dagelan



loading...