1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Bukan Sulap atau Sihir,...

Bukan Sulap atau Sihir, Ikan Beku Ini Masih Bisa Hidup Begitu Dicairkan. Begini Penjelasan Ilmiahnya


Tahu Aang dalam serial Avatar?

Ya, biksu dengan tato panah biru di kepala ini masih bisa bertahan hidup setelah membeku dalam bola es raksasa selama ribuan tahun. Di dunia nyata mungkin belum ada manusia yang bisa bangkit dari keadaan membeku seperti dia. Jangankan sampai membeku, kadang menghadapi suhu dingin musim hujan saja kita suka nggak kuat.

Dilansir DW, suhu tubuh manusia konstan sekitar 36,5 Cº, maka nyawa kita bisa terancam saat suhu tubuh kurang dari 30 Cº. Melihat data tersebut sepertinya hanya keajaiban yang bisa membuktikan manusia seperti Aang itu ada. Tapi tahukah kamu kalau ada ikan yang masih bisa hidup normal setelah beku saat dicairkan. Ikan jenis apakah itu? Kok bisa? Simak baik-baik ulasan Hipwee News & Feature di bawah ini.

Bila nyawa manusia bisa terancam pada kondisi kedinginan apalagi membeku, ini nggak berlaku bagi ikan mas dari Eropa Utara yang satu ini

Bukan sulap atau sihir, ada ikan yang memiliki kemampuan laiknya Aang ‘Avatar’. Tepatnya ikan crucian crub (Carassius carassius) dari Eropa Utara. Setiap musim dingin tiba, ikan ini akan membeku seiring dengan air sungai yang berubah wujud menjadi es. Tubuh manusia umumnya akan rusak saat membeku karena organ dalam tubuh nggak mendapat asupan oksigen. Nggak lama setelahnya sel otak akan mati. Apabila kadar oksigen dalam tubuh seseorang kurang dari enam persen, maka usianya nggak akan lama lagi.

Namun hal itu nggak berlaku bagi ikan mas crucian ini, ketika es mencair di musim semi secara ajaib ia akan muncul dari es dan melanjutkan hidupnya kembali seolah nggak terjadi apa-apa.

Beberapa ilmuan meneliti lebih jauh kemampuan ikan crucian carp dalam bertahan hidup. Hasilnya sel otak ikan nggak mati meski kekurangan oksigen (saat beku)

Ikan mas asal Eropa utara via sains.kompas.com

Melansir Sciencealert, sampai saat ini para ilmuan sendiri masih sulit menjelaskan bagaimana otak ikan ini bisa selamat dari kematian sel. Sekelompok ilmuan dari Universitas Oslo dan Universitas Skotlandia Barat melakukan serangkaian penelitian terkait. Mereka menangkap lalu menempatkan ikan crucian carp ke dalam keadaan seperti musim dingin di dalam laboratorium, menguji mereka dengan menghilangkan dan menambahkan oksigen, lalu dilanjutkan dengan menciptakan musim semi buatan.

Penelitian ini membuktikan bahwa kekurangan oksigen saat membeku nggak menyebabkan kematian sel otak ikan tersebut. Kematian sel otak justru terjadi setelah ikan mendapatkan oksigen lagi (saat mencair) –namun kerusakan otak setelah reoksigenisasi ini hanya bersifat sementara. Makanya ia bisa hidup lagi.

Meskipun kematian sel otak justru terjadi setelah ikan crucian carp mendapat oksigen lagi (saat mencair), namun ia bisa pulih ke kondisi semula

Punya kemampuan untuk pulih kembali via www.inaturalist.org

Kemampuan ikan mas crucian eropa utara ini tergolong unik; saat beku sel otaknya cenderung normal, namun saat mencairlah kerusakan otak itu baru terjadi. Meskipun begitu pemulihan dapat terjadi meski terdapat kerusakan pada telencephalon –bagian otak ikan yang dianggap sama dengan hippocampus (bagian dari otak besar) pada manusia yang berfungsi sebagai pembelajaran dan ingatan.

“Sementara ikan menunjukkan tanda-tanda kematian sel yang meningkat di telencephalon… juga terbukti bahwa mereka dapat membatasi jumlah kerusakan yang mereka pertahankan dan pulih dari cedera, kemampuan yang paling tidak dimiliki vertebrata lainnya,” tulis para peneliti dalam publikasinya di Journal of Experimental Biology.

Konsep ‘beku lalu hidup kembali’ ini sebenarnya telah lama disadari oleh para ilmuan. Salah satunya dari Amerika yang yakin teknologi ciptaannya bisa jadi kunci keabadian. Emangnya bisa?

Belum terbukti via www.hipwee.com

Robert Ettinger adalah seorang ilmuan asal Amerika yang mendirikan Cryonic Institute sejak tahun 1976. Ia meyakini manusia bisa hidup lagi di masa depan dengan teknik yang dikembangkan olehnya bernama cryonic. Teknik cryonic adalah proses pembekuan mayat yang bertujuan menjaga sel-sel hidup pada jenazah nggak rusak agar kelak bisa dihidupkan kembali.

Sebelum keyakinannya itu ia buktikan, Robert keburu meninggal pada tahun 2011. Meski begitu ia masih bersikukuh teknologinya suatu saat akan berhasil. Setelah mengembuskan napas terakhir, jenazahnya langsung diberi lapisan es. Lalu jaringan tubuhnya diisi dengan senyawa tertentu dan dibekukan dengan nitrogen cair. Lalu jenazahnya dimasukkan ke dalam peti yang dinamai cryostat agar tetap beku. Pada kondisi seperti ini sel-selnya diharapkan bisa awet sampai waktu yang nggak ditentukan. Harapannya suatu saat nanti, akan ditemukan teknologi untuk memutar balik proses kematian dan menyembuhkan penyebab kematian seperti obat kanker maupun AIDS.

Itulah sekilas penjelasan ilmiah terkait ikan crucian carp yang bisa hidup lagi setelah beku. Ternyata nggak cuma dalam kisah Avatar makhluk bisa hidup lagi setelah dibekukan sebab di dunia nyata ternyata sudah diwakili oleh ikan. Tapi kira-kira ada nggak manusia yang setelah beku bisa hidup lagi seperti Aang?

Biar waktu yang menjawabnya :D∼

sumber : hipwee



loading...