1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Bukan Hanya Aci Dicolok,...

Bukan Hanya Aci Dicolok, 10 Kreasi Cilok Kekinian Ini Sedapnya Bikin Jajan Terus



Cilok memang jadi  jajanan legendaris yang jadi langganan anak sekolahan dari generasi ke generasi. Cilok merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji atau aci yang dibentuk bulat dan dicolok menggunakan tusuk bambu. Itulah mengapa namanya cilok alias aci dicolok. Jajanan ini biasanya disantap dengan bumbu saus, bumbu kacang, dan kecap. Kini, cilok sudah bertransformasi jadi jajanan kekinian dengan banyak variasi. Bukan hanya aci dicolok, inilah kreasi cilok sedap yang bikin ketagihan. Dijamin nggak bisa berhenti jajan!

1. Cilok Goreng

www.vemale.com

Cilok goreng dibuat dengan melumurinya dengan tepung panir lalu digoreng garing. Teksturnya pun akan semakin unik karena kenyal di dalam dan krispi di luar. Bumbu kacang atau saus pedasnya akan mudah menempel di permukaan cilok goreng. Lebih sedap pastinya!

PILIHAN EDITOR

  • Si Pipi Chubby Jadi Makin Gemas dengan Rambut Pendek, Kayak Prilly Latuconsina!

Baca Juga : Sering Khilaf, Selebriti Hollywood juga Sering Fail Saat Mem-baking Wajah

2. Cilok isi keju

waktuku.com

Cilok biasanya memang dibuat dengan isian kecil daging ayam atau sapi. Tapi kalau cilok diisi keju pasti akan lebih gurih dan legit. Apalagi kalau yang jadi isiannya keju mozzarella pasti akan lebih nendang dan lumer di mulut.

3. Cilok pelangi

www.foody.id

Kalau umumnya cilok berwarna putih pucat, cilok yang satu ini justru warna-warni mirip klepon. Itulah cilok rainbow atau cilok pelangi namanya. Warnanya memang merah seperti pelangi tetapi tenang saja warna itu juga menggunakan pewarna alami yang tidak membahayakan.

4. Cilok beranak

style.tribunnews.com

Kalau ada bakso beranak, maka ada juga yang namanya cilok beranak. Cilok ini terdiri dari cilok berukuran besar yang apabila diiris akan muncul cilok-cilok kecil di dalamnya. Cilok ini paling nikmat dinikmati dengan bumbu  kacang pedas.

5. Cilok bakar mozzarella

www.idntimes.com

Selain digoreng dan direbus, cilok juga bisa dibakar, lho! Dengan bumbu manis dan gurih, cilok akan dibakar di atas bara api yang membuat aromanya semakin menyeruak. Lebih nikmat lagi disajikan dengan dengan keju mozzarella yang meleleh di atasnya.

6. Cilok seblak

cookpad.com

Cilok dan seblak memang jajajan yang sama-sama hits dan memiliki peminat masing-masing. Kelezatan seblak rupanya bisa bersatu dengan cilok menghadirkan kenikmatan tiada tara dari seblak cilok. Aroma kencur dan rasa pedas cabai dari kuah seblak membuat cilok semakin sedap dinikmati.

7. Cilok jamur lada hitam

www.idntimes.com

Beberapa waktu lalu, sempat hits Cilok Imut Ocil di Jogja. Cilok ini memang tidak jauh berbeda dengan cilok lainnya. Hanya saja kemasannya yang lebih elegan dan pilihan bumbu jamul lada hitamnya yang maknyus membuat cilok ini diburu.

8. Cilok bumbu rujak

www.klikhotel.com

Umumnya, cilok disiram saus pedas atau bumbu kacang. Namun, ada juga kreasi cilok dengan guyuran bumbu rujak. Bumbu rujak biasanya terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula yang diulek kemudian ditumis.

9. Cilok setan

travelingyuk.com

Kreasi cilok yang satu ini menyajikan cilok dengan balutan bumbu cabai rawit yang super pedas. Makanan pedas memang selalu bikin ketagihan, tapi kalau nggak kuat mending menyerah saja dari pada perut mulas.

 

10. Cilok muncrat

www.foody.id

Ini dia cilok yang bikin ramai jagat hiburan, bukan saja karena namanya yang unik tetapi juga karena pembuatnya. Cilok muncrat ini diprakarsai oleh Mulan Jameela dan konon dibuat sendiri oleh istri Ahmad Dhani itu. Cilok muncrat juga dijual dengan harga fantastis, yakni 80 ribu per porsi. Kamu mau beli kalau cilok aja harganya segini?

 

Ada banyak banget kreasi cilok yang semuanya tampak gurih, pedas, dan lezat. Kalau begini caranya susah menahan diri untuk nggak menjajalnya satu-persatu. Rasanya, pengen jajan dan jajan terus!

sumber: YUKEPO



loading...