1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Bukan Destinasi Biasa, Ini...

Bukan Destinasi Biasa, Ini Pipa PLTA yang Dijadikan Spot Foto Instagramable


Liburan itu mudah dan tak perlu pergi ke tempat jauh. Asal mau lebih jeli melihat, kamu bisa menemukan keindahan di tempat yang tak terduga. Beberapa bahkan terpampang nyata di sekitarmu. Seperti pipa PLTA misalnya. Berikut ini adalah beberapa spot yang bisa dijadikan tempat berfoto dan melihat pemandangan indah.

1. Pipa Ketenger

PLTA Ketengger
PLTA Ketenger, via Instagram/@@kabut.gelap

PLTA Ketenger yang berada di Kabupaten Banyumas termasuk peninggalan bersejarah. Pembangunannya dimulai pada tahun 1935 dan hingga saat ini telah menyumbang manfaat cukup banyak. Selain mengagumi bangunan bersejarahnya, kamu bisa ke sini untuk menikmati alam sambil foto di spot kekinian. Yaitu dua buah pipa besar yang dibangun memanjang seolah membelah hutan belantara. Cantik bukan?

PLTA Ketengger
PLTA Ketengger, via Instagram/@@habibgallery_

2. Pipa PLTA Mendalan

Pipa Mandalan
Pipa Mandalan, via Instagram/@sinyo_adjie

Malang juga punya spot serupa yang tidak kalah indah. Tepatnya berada di area PLTA Mendalan Kasembon. Di salah satu titiknya kamu bisa melihat pemandangan keren berupa hamparan sawah dan bukit. Semakin seru lagi karena ternyata PLTA ini telah ada sejak zaman Belanda tepatnya mulai dibangun pada tahun 1927 oleh NIWEM (Nederlandsch of Indische Water Kracht Electricitiet Maatscapppy).

Salah Satu Area PLTA Mandalan
Salah Satu Area PLTA Mandalan, via Instagram/@@kokowijayanto .

3. PLTA Kracak

PLTA Kracak
PLTA Kracak, via Instagram/@dadenmunandar

Tahun 1921 Belanda membangun PLTA di Desa Kracak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Hingga saat ini tetap beroperasi untuk mensuplai listrik. Tak jauh dari bangunan utama terdapat dua pipa besar yang berdampingan. Pesonanya semakin keren karena terdapat pohon-pohon rindang di sisi kiri dan kanan. Abadikan posemu di antara dua pipa dalam foto yang menarik.

PLTA Kracak
PLTA Kracak, via Instagram/@derwansyah96

4. PLTA Jelog

PLTA Jelog
PLTA Jelog Via Instagram/@brianbahari

Letak PLTA Jelog ini berada di Kecamatan Tuntang atau sekitar 20 kilometer dari Kota Salatiga. Bangunannya juga sudah tua dan termasuk peninggalan masa silam yang tetap berjaya hingga sekarang. Di areanya terdapat dua buah pipa yang mengalirkan air dari Tuntang. Nampak indah karena tanaman hijau dan pepohonan juga mengelilinginya.

PLTA Jelog
PLTA Jelog Via Instagram/@rizky_ayudya

Itulah beberapa tempat keren berupa pipa PLTA yang bisa dijadikan tempat foto keren. Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati ya. Dan jika diperlukan, kamu bisa meminta izin terlebih dahulu pada petugas yang berwenang. Kamu punya destinasi serupa lain yang jadi pilihan? Yuk bagikan di kolom komentar.

sumber: travelingyuk



loading...