1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Bingung Jerawat Kamu Susah...

Bingung Jerawat Kamu Susah Hilang? Jangan-jangan 8 Hal Ini Penyebabnya!


Genmuda – Bangun tidur tibat-tiba langsung melihat jerawat di wajah memang menyebalkan! Gak kecil, besar, kering, atau berair, benjolan kecil di kulit wajah itu selalu merusak penampilan.

Pengobatannya engga ada yang instan. Bahkan produk wajah dengan formula unggulan pun butuh beberapa waktu buat hilangkan jerawat. Kadang dalam hitungan hari, kadang dalam hitungan minggu.

Horor adalah ketika dalam hitungan bulan, setelah berminggu-minggu bereksperimen dengan produk wajah, jerawat itu gak hilang. Ketahui dahulu sebabnya supaya kamu bisa cari jalan lawan jerawat!

1. Gonta-ganti produk face care

via emiliac.com(Sumber: emiliac.com)

Tiap produk wajah dibuat dengan kandungan zat kimia berbeda. Tiap kali berganti produk, kulit wajah harus menyesuaikan diri. Kalau terlalu sering ganti, kulit wajah akan “kaget.” Pada akibatnya, kulit wajah bakalan jadi lebih reaktif, mudah iritasi, lalu akhirnya berjerawat.

Coba pakai dahulu satu produk sampai beberapa lama. Kalau memang ingin ganti produk wajah, pakai produk baru itu untuk waktu yang relatif lama juga supaya kulit kamu bisa menyesuaikan diri dengan baik.

2. Gak cocok sama kandungan kimia di salah satu produk wajah

via liputan6.com(Sumber: liputan6.com)

Kalau selama sebulan jerawat masih bandel padahal rajin pakai produk perawatan, mungkin kandungan produk itu gak cocok sama jenis kulit kamu. Coba perhatiin artikel ini, ini, dan ini supaya tahu kecocokan satu jenis bahan kimia dengan jenis kulit.

3. Belum tuntas bersihkan wajah

via: Pinterest(Sumber: Pinterest)

Karena terburu-buru, kamu gak teliti dalam bersihin wajah. Mungkin aja ada bagian yang kurang digosok atau belum kena sabun muka. Coba, deh lebih teliti dan menyeluruh dalam mencuci muka.

Area dahi, dekat telinga, dan bawah dagu juga harus disabun supaya jerawat bandel engga tumbuh di area itu. Masa kamu mau kalo kulit kamu belang-belang gitu, sih?

4. Kulit kering

via manjadda.com(Sumber: manjadda.com)

Lapisan kulit kering pada umumnya rentan terkikis kemudian dimasuki bakteri dan kotoran. Kalau sudah begitu, jerawat pasti muncul. Makanya, jangan lupa jaga kelembapan kulit wajah.

Kamu bisa pakai seprotan pelembap atau menggunakan produk wajah yang meningkatkan kelembapan dari luar. Jangan lupa minum air putih demi jaga keseimbangan kelembapan wajah dari dalam.

5. Habis mecahin jerawat berair

via sogou.com(Sumber: sogou.com)

Memencet jerawat merah hingga pecah adalah kabar buruk. Bukan cuma cairan, bakteri dari dalam jerawat juga akan keluar dan menempel di area lain kulit. Awalnya hanya satu, lama-lama muncul dua, tiga, atau empat jerawat serupa di tempat lain.

6. Memegang jerawat dengan tangan kotor

(Sumber: Istimewa)

Kotoran yang terperangkap di pori-pori kulit lama-lama bisa infeksi, membengkak, dan jadi jerawat. Makanya, pastiin kebersihan tangan sebelum kamu pegang-pegang jerawat.

7. Stres sepanjang minggu

via tumblr.com(Sumber: tumblr.com)

Selain karena kotoran, jerawat juga muncul karena perubahan hormon. Maka, stres pun dapat menyebabkan jerawat, terutama bagi remaja dan anak muda yang hormonnya masih belum stabil seperti orang lebih dewasa.

8. Dapet

via hellosehat.com(Sumber: hellosehat.com)

Buat anak-anak cewek, jerawat juga bisa muncul secara rutin jelang datangnya “teman dari bulan.” Kalau itu yang terjadi sama kamu, kamu cuma bisa tetep jaga kesehatan, kelembapan, dan kebersihan kulit wajah supaya jerawat engga bertambah parah. (sds)

Comments

comments

sumber : genmuda



loading...