1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Bingung dengan Istilah-istilah di...

Bingung dengan Istilah-istilah di Standup Comedy? Ini Penjelasannya


Foto via iradiofm.com

Standup comedy mulai dikenal dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya, banyak penikmat komedi tunggal yang masih nggak tahu istilah-istilah standup comedy yang ada.

FeedMe.id, Jakarta – Jenis lawakan tunggal alias standup comedy rupanya makin hari makin diterima masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat dalam menyaksikan pertunjukan standup comedy.

Dalam mengembangkan dan membangun bibit-bibit para pelawak tunggal ini, beberapa stasiun televisi pun mengadakan kompetisi standup comedy. Buat kamu yang sering nonton kompetisi standup comedy mungkin masih ada yang bingung dengan istilah-istilah yang juri keluarkan kepada peserta. Istilah-istilah kayak bit, punchline, callback, dan komika memang istilah yang sering digunakan dalam dunia komedi tunggal ini.

Nah, biar kamu gak bingung, berikut Feedy beri tahu arti dari istilah-istilah itu.

Comic atau Komika

Comic yang dimaksud di sini bukan komik yang merupakan cerita bergambar lho, Feedies. Melainkan sebutan untuk para pelawak tunggal itu sendiri. Jadi kalau kamu pengen jadi standup comedian, berarti kamu pengen jadi komika.

Bit

Bit adalah istilah buat sebuah materi yang dibawakan oleh komika itu sendiri. Dalam sebuah pertunjukan standup comedy, seorang komika bisa membawakan beberapa bit. Yang jelas sih bukan satu bit, ya.

Set up

Set up adalah bagian dari bit. Biasanya bagian ini terdapat di awal bit dan digunakan buat menuntun atau mengarahkan persepsi penonton.

Punchline

Punchline adalah bagian lucu dari sebuah bit. Punchline ini biasanya terletak di akhir sebuah bit dan mematahkan persepsi penonton ke sesuatu yang nggak disangka. Ini bagian yang memunculkan kelucuan.

Act out

Act out adalah teknik yang menggunakan ekspresi atau gestur dari seorang komika. Teknik ini digunakan seorang komika buat menambah kelucuan dalam bitnya.

Callback

Kalau teknik yang satu ini adalah teknik standup comedy  yang menggunakan punchline atau lelucon  yang udah dibawakan di bit sebelumnya dan dibawakan kembali pada bit lain dalam satu pertunjukan.

Delivery

Ini bukan delivery nganter makanan lho, Feedies. Delivery ini adalah istilah teknik Komika dalam membawakan materi dan menyampaikannya kepada penonton. Sebuah materi yang bagus, belum tentu akan berhasil jika seorang komika nggak menguasai teknik ini, Feedies.

Impersonation

Biasa juga disebut impersonate adalah teknik dalam standup comedy dalam menirukan gaya tokoh lain yang sudah dikenal oleh penonton.

Riffing

Komentar atau celetukan komika kepada penonton atau orang yang ada dipertunjukannya dengan tujuan membuat lucu. Teknik ini sulit dilakukan karena komika harus pintar-pintar dalam berinteraksi dengan orang lain.

Laughs per Minute

Laughs per Minute biasa juga disebut LPM adalah ukuran buat menghitung jumlah tawa dalam sebuah pertunjukan seorang komika.

One Liner

One liner adalah bit seorang komika yang biasanya cuma terdiri satu kalimat aja. Beda dengan bit biasanya yang terdiri dari lebih dari tiga kalimat.

To Bomb

Biasa juga disebut ngebom adalah istilah untuk menggambarkan situasi seorang komika yang materinya nggak lucu. Ya, bisa juga disebut sebagai materi yang garing gitu, deh.

To Kill

Istilah ini adalah istilah di dunia standup comedy untuk menggambarkan situasi saat seorang komika berhasil bikin ketawa para penonton atau orang yang ada pada pertunjukannya. Istilah lain untuk situasi ini adalah pecah.

Blue Material

Istilah ini adalah istilah buat seorang komika yang materi dibawakannya berupa materi yang berbau porno atau jorok dan dewasa.

Sebenernya masih banyak banget istilah standup comedy yang belum Feedy bahas. Namun buat kamu yang awam, kayaknya istilah-istilah di atas doang yang wajib kamu ketahui, Feedies. Buat yang mau nambahin, silakan tulis di kolom komentara ya.

The post Bingung dengan Istilah-istilah di Standup Comedy? Ini Penjelasannya appeared first on FeedMe.id.

sumber : feedme



loading...