1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. Biar Badan Nggak Lemes,...

Biar Badan Nggak Lemes, Ini 5 Cara Agar Kamu Tetap Prima Selama Puasa |



Kamu pasti sudah menyadari bahwa puasa sering membuat badan terasa lemas atau loyo. Terlebih ketika siang hari yang panas, tubuhmu makin terasa lelah. Namun meskipun tantangan dan godaannya nggak mudah, kamu tetap harus semangat selama menjalani ibadah puasa. Jangan malahmalas-malasan karena ini hanya membuat kamu nggak produktif dan waktu terasa lebih lama.

Untuk itu, kali ini Yukepo bakal berbagi tips agar kamu tetap prima selama puasa. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengubah pola hidup kamu. Memang agak sulit, tapi step by step bisa kamu mulai pelan-pelan dari sekarang. Yuk, kepoin!

1. Puasa bukan berarti kamu berhenti untuk olahraga

www.beliefnet.com

Memang olahraga bisa membuat kamu haus atau lapar. Tapi cara ini bisa membantu kebugaran tubuh kamu terjaga selama puasa. Sebab, aktivitas fisik bisa membantu membakar kalori, menurunkan tekanan darah, dan bikin mood kamu lebih baik. Tapi tentu saja, olahraga yang kamu lakukan jangan yang berat, cukup dengan jalan kaki sore hari keliling kompleks rumah selama 30 menit. Ini sudah sangat membantu jika kamu lakukan secara teratur sembari menunggu waktu berbuka.

PILIHAN EDITOR

  • Minum Yakult Suka Berasa Kurang? Ini Alasan Kenapa Kemasannya di Botol Kecil

Baca Juga : Minum Yakult Suka Berasa Kurang? Ini Alasan Kenapa Kemasannya di Botol Kecil

2. Jangan lupa terus menjaga kesegaran dan kebersihan mulut kamu

www.odentonstationdental.com

Menjaga mulut tetap bersih bisa membuat kamu merasa nyaman beraktivitas sehari-hari. cara ini juga bisa mencegah bau mulut yang sering dialami banyak orang ketika puasa. Jadi sekalipun puasa jangan lupa untuk sikat gigi agar plak di sela-sela gigi hilang. Kalau perlu, kamu bisa menambahkan obat kumur agar mulut terasa lebih fresh.

3. Jangan suka mengabaikan sahur biar badanmu nggak loyo

www.bibliotheca-culinaria.de

Sahur adalah cara untuk menjaga tubuhmu tetap berenergi selama puasa. Kalau kamu mengabaikan ini, siang hari pasti badan kamu lemes dan dehidrasi. Jadi jangan sampai telat bangun untuk sahur agar produktivitas kamu tetap terjaga. Lalu menu sahurnya juga bisa kamu pilih yang kaya protein dan serat agar bisa memberi efek kenyang lebih lama. Hindari sahur dengan makanan bersantan, gorengan, atau yang tinggi lemak.

4. Jangan biasakan tidur setelah sholat subuh agar mood kamu tetap terjaga

www.crosswalk.com

Sahur terus tidur justru bikin kamu lemas nantinya setelah bangun. Lebih baik kamu menikmati udara pagi yang segar. Ini sangat bagus untuk tubuh dan juga mental kamu. Cobalah keluar rumah, jalan santai sambil menikmati udara pagi yang sejuk. Karena asupan oksigen juga bagus untuk otak, sehingga kamu nggak mudah menguap atau kantuk. Selain itu, cara ini juga bisa menjaga mood kamu tetap baik ketika akan memulai beraktivitas.

5. Terakhir, istirahatlah yang cukup selama puasa

www.simplemost.com

Kalau kamu nggak ingin mudah lelah, pastikan kamu memiliki istirahat yang cukup dan jangan begadang. Ini bisa membuat kualitas tidur lebih baik. Memang sih, bulan Ramadhan kamu bisa disibukkan dengan ibadah seperti tarawih dan tadarus, tapi bukan berarti kamu tidak bisa tidur cukup waktu, lho. Setidaknya sehari kamu bisa tidur 6 sampai 7 jam. Itu sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar, kok. Sebab kalau kamu kurang tidur, tubuhmu akan kehilangan imunitas sehingga brbolisme juga akan terganggu.

Itulah tadi cara mudah untuk menjaga tubuh kamu tetap prima selama bulan puasa. Semua cara tadi bisa kamu mulai dari sekarang. Kalau kamu bisa biasakan diri dengan gaya hidup seperti di atas, dijamin puasamu bakal berjalan lancar.

sumber: YUKEPO



loading...