1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. Backpacker ke Jepang: Mau...

Backpacker ke Jepang: Mau Hemat Nginap Aja Disini!


Backpacker ke Jepang (pixabay)

Saat penat akan rutinitas sehari-hari melanda, yang kamu butuhkan adalah liburan. Berlibur ke luar negeri bisa jadi alternatif yang tepat untuk menghilangkan stres yang menumpuk. Banyak sekali negara yang menawarkan keindahan alam dan berbagai tempat menarik, salah satunya Jepang.

Belakangan Jepang tengah menjadi negara tujuan yang banyak dikunjungi banyak orang dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jepang merupakan magnet yang sangat kuat bagi para pecinta anime dan hal-hal yang berbau jepang. Itulah sebabnya banyak pecinta anime sengaja datang ke negara pembuat anime ini sebagai destinasi liburan. Tak hanya itu, keindahan alam dan tempat wisata di Jepang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Liburan keluar negeri memang identik dengan budget yang mahal. Banyak orang menunda liburan dengan alasan budget yang belum juga terkumpul. Nyatanya, liburan ke Jepang secara backpacker bisa dilakukan dengan backpacking. Yup, liburan ala backpacker ke Jepang alias tanpa menggunakan layanan agen tur sudah pasti akan lebih hemat. Selain itu, jalan-jalan sendiri tanpa ikut tur juga bisa dilakukan lebih leluasa. Kamu bisa dengan bebas mengatur waktu sekaligus itinerary atau daftar perjalanan selama di Jepang. Sebagai langkah menghemat pengeluaran selama liburan di Jepang, kamu harus memperhitungkan akomodasi dengan budget terjangkau untuk tempat menginap.

Jika masih bingung, berikut referensi tempat menginap di Jepang dengan biaya murah untuk menghemat pengeluaranmu.  

Hotel Populer – Backpacker ke Jepang

#1 Hotel Toyo

backpacker ke jepang murah 2017

Credit: hostelworld

Jika kamu ingin menikmati keindahan Osaka, Hotel Toyo bisa dijadikan pilihan untuk menginap. Hotel Toyo menawarkan pelayanan yang hangat dan ramah serta harga menginap yang murah bagi para pelancong yang ingin menghabiskan waktu di Osaka. Hotel Toyo berada di pusat ‘Minami’ atau daerah selatan Osaka.  

Lokasi hotel ini sangat memudahkan jika kamu ingin jalan-jalan ke area Kansai, seperti Kobe, Kyoto, Nara dan Wakayama dengan memanfaatkan empat jalur kereta yang ada di daerah ini. Selain itu, Hotel Toyo bisa ditempuh dalam waktu 40 menit berkendara dari Kansai International Airport. Untuk informasi tambahan, Hotel Toyo ini menyediakan kamar yang bebas asap rokok jadi sangat tidak disarankan untuk merokok di dalam kamar. Di sini tersedia fasilitas pendingin ruangan, free internet, free wifi, self-serve laundry serta pelayanan staf yang bisa berbicara bahasa asing.  

#2 K’s House Mt. Fuji

Backpacker Jepang 2017

Credit: kshouse

Terletak sangat dekat dengan Gunung Fuji yang sangat terkenal, dikelilingi banyak danau dan gunung, serta berjarak dua jam saja berkendara dengan bis dari Tokyo membuat K’s House Mt. Fuji banyak diminati para backpackers. K’s House Mt. Fuji merupakan hostel pertama bagi para backpackers yang ada di area Fuji Five Lakes. Berada 1.2km dari Stasiun Kawaguchiko, hostel ini berada dekat dengan berbagai minimarket, supermarket dan restoran untuk memudahkan para backpackers.

Ingin mengunjungi danau Kawaguchiko? kamu tinggal berjalan kaki kira-kira tiga menit saja dari hostel. K’s House Mt. Fuji menawarkan fasilitas ruang santai dan dapur dengan peralatan memasak lengkap. Ruang santai yang luas di hostel ini mengusung konsep percampuran budaya Jepang dan Barat di mana kamu bisa berkumpul dan bertukar cerita dengan tamu-tamu dari negara lain. Selain itu, layanan wifi gratis dan self-serve laundry juga bisa kamu gunakan selama menginap. Semenjak tempat menginap ini dibuka, setiap tahunnya ada lebih dari 15.000 tamu yang datang lebih dari 70 negara datang untuk menginap.  

#3 Kyoto Guest House Ryoujiya

Jalan jalan ke jepang sendiri

Credit: hostelworld

Dibuka sejak tahun 2010, Kyoto Guesthouse Roujiya selalu berusaha memberikan fasilitas, pelayanan serta harga terbaik bagi para backpackers. Terletak di pusat Kyoto, penginapan ini berada dekat dengan Stasiun Nijo, tempat bersejarah Nijo Castle-Huge, pasar lokal, dan restoran.

Kyoto Guesthouse Roujiya berada di area yang jauh dari kebisingan sehingga memungkinkanmu untuk bisa beristirahat dengan tenang. Bila kamu tak bisa lepas dari koneksi internet, jangan khawatir sebab penginapan ini pun menyediakan fasilitas free wifi. Asyiknya lagi, di sini menyediakan rental sepeda untuk berjalan-jalan mengelilingi Kyoto.  

#4 Space Hostel Tokyo

itinerary backpacker ke jepang

Credit: booking.com

Space Hostel Tokyo merupakan akomodasi dengan harga terjangkau untuk backpackers. Letaknya sangat dekat dengan Stasiun Subway Iriya Exit 1 dan bisa dijangkau dengan tiga menit berjalan kaki. Para tamu bisa menghabiskan waktu di ruang santai berfunitur kayu alami serta memanfaatkan fasilitas dapur untuk membuat makanan. Fasilitas wifi gratis juga disediakan di penginapan ini. Jika kamu berniat untuk mengunjungi Senso-ji Temple dan Kaminari-mon Gate, kamu tinggal berjalan kaki 15 menit dari penginapan. Akihabara bisa dijangkau dengan enam menit naik kereta subway, sedangkan Ginza dan Tsukiji Fish Market hanya membutuhkan dua puluh menit menggunakan subway.

Dalam setiap kamar tersedia tempat tidur tingkat, pendingin ruangan serta alat pemanas. Kamar mandi dan kamar kecil berada di luar kamar tidur, berbagi dengan para tamu lain. Jika membutuhkan handuk dan sikat gigi, kamu bisa mendapatkannya dengan biaya tambahan. Space Hostel Tokyo menerima penitipan koper gratis pada saat check-ind an check-out. Fasilitas komputer di ruang santai serta pengering rambut di kamar mandi pun bisa digunakan secara cuma-cuma. Space Hostel Tokyo merupakan akomodasi dengan harga terjangkau untuk backpackers. Letaknya sangat dekat dengan Stasiun Subway Iriya Exit 1 dan bisa dijangkau dengan tiga menit berjalan kaki.

Para tamu bisa menghabiskan waktu di ruang santai berfunitur kayu alami serta memanfaatkan fasilitas dapur untuk membuat makanan. Fasilitas wifi gratis juga disediakan di penginapan ini. Jika kamu berniat untuk mengunjungi Senso-ji Temple dan Kaminari-mon Gate, kamu tinggal berjalan kaki 15 menit dari penginapan. Akihabara bisa dijangkau dengan enam menit naik kereta subway, sedangkan Ginza dan Tsukiji Fish Market hanya membutuhkan dua puluh menit menggunakan subway. Dalam setiap kamar tersedia tempat tidur tingkat, pendingin ruangan serta alat pemanas. Kamar mandi dan kamar kecil berada di luar kamar tidur, berbagi dengan para tamu lain. Jika membutuhkan handuk dan sikat gigi, kamu bisa mendapatkannya dengan biaya tambahan. Space Hostel Tokyo menerima penitipan koper gratis pada saat check-ind an check-out. Fasilitas komputer di ruang santai serta pengering rambut di kamar mandi pun bisa digunakan secara cuma-cuma.  

#5 Grids Akihabara Tokyo

backpacker jepang 2017

Credit: booking.com

Grids Akihabara Tokyo bisa dijangkau dengan sepuluh menit berjalan kaki dari Stasiun Akihabara. Penginapan ini menawarkan konsep kamar tipe dorm menggunakan tempat tidur tingkat. Namun, tersedia pula fasilitas private room dengan kamar mandi terpisah. Dari sini kamu memiliki akses mudah untuk jalan-jalan karena letaknya yang dekat dengan Stasiun Subway Asakusabashi dan Bakurocho, bisa dijangkau dengan sepuluh menit berjalan kaki.

Bandara Haneda bisa dicapai berjarak empat puluh menit berkendara dengan kereta. Sedangkan Bandara Narita bisa dijangkau dengan tujuh puluh menit berkendara naik kereta. Pelayanan resepsionis 24 jam memudahkan tamu untuk menitipkan koper tanpa biaya tambahan. Fasilitas dapur yang dilengkapi dengan kulkas, microwave dan peralatan memasak juga bisa bebas kamu gunakan.

Hostel Grids Akihabara Tokyo cuma 10 menit dari stasiun Akihabara. Ada yg pernah coba?

Click to Tweet

Wisata Murah – Backpacker ke Jepang

Setelah memperhitungkan akomodasi murah selama di Jepang, persiapan itinerary atau daftar perjalanan juga tak kalah penting. Ada baiknya kamu mempersiapkan itinerary Jepang yang murah dengan pengeluaran seminimal mungkin. Faktanya, ada banyak tempat indah dan unik di Jepang yang bisa kamu kunjungi tanpa harus membayar tiket masuk. Berikut ini adalah contoh berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan saat melakukan backpacking ke Jepang.

  1. Shibuya

Salah satu hal yang wajib dilakukan saat ke shibuya adalah berfoto di tengah-tengah Shibuya Cross. Area lalu lintas tersibuk di Jepang ini kerap dijadikan sebagai tempat berfoto bagi para wisatawan yang datang ke Jepang. Kamu juga bisa mengunjungi lalu foto bersama patung Hachiko, seekor anjing yang dikenal sangat setia menunggu untuk bertemu dengan majikannya bahkan hingga sembilan tahun setelah majikannya meninggal dunia. 

Kemudian kamu bisa berbelanja berbagai souvenir dan barang unik di Tokyu Hands dan Loft. Jangan lupa abadikan momen liburanmu dengan berfoto purikura, yaitu foto box dengan hasil foto yang bisa diedit dan ditambahkan berbagai efek serta tulisan lucu sesuka hati. Bila kamu adalah penggemar kartun One Piece, jangan sampai melewatkan kunjungan ke One Piece Mugiwara Store. Untuk pecinta Disney, manjakan matamu dengan mengunjungi Disney Store di Shibuya.

  1. Harajuku

Area Harajuku ini dipenuhi oleh orang-orang yang melakukan cosplay atau menggunakan kostum berbagai karakter unik. Ini waktunya kamu bersenang-senang dengan berfoto bersama para cosplayer tersebut. Kamu juga bisa mengunjungi Takeshita Dori atau Takeshita Street. Area ini diperuntukkan khusus pejalan kaki yang dikelilingi oleh beragam butik trendi, game center dan Daiso store. Jangan lupa untuk mencicipi Harajuku Crepes, makanan lokal khas yang patut dicoba.

Bila kamu mengunjungi Jepang saat musim panas, nikmatilah keramaian festival musim panas di Harajuku dengan berjalan-jalan menggunakan yukata, menikmati berbagai jajanan yang dijajakan, serta melihat festival kembang api di malam hari.

  1. Akihabara

Di Akihabara, Maid Cafe adalah tempat yang sangat populer. Jika kamu penasaran dengan kafe yang memiliki pelayan wanita dengan kostum maid yang unik, silakan berkunjung ke tempat ini. Selain Maid Cafe, tempat nongkrong lain yang tak kalah unik untuk dikunjungi adalah Gundam Cafe dan AKB48 Cafe and Shop.

Bila kamu adalah pecinta barang elektronik, jangan lewatkan untuk mampir ke Yodobashi Camera untuk membeli gadget atau sekedar window shopping. Para staf di sini mengetahui betul produk yang mereka jual sehingga mampu menjawab semua pertanyaan para calon pembeli. Enaknya lagi, barang-barang yang dijual di sini termasuk duty free alias bebas pajak.

  1. Shinjuku

Saat kamu ingin menyegarkan mata dengan pemandangan indah, datanglah ke Shinjuku Gyoen National Garden untuk bersantai sejenak atau  bahkan piknik. Kunjungan ke Yotsuya Fire Museum juga bisa dilakukan gratis tanpa biaya masuk. Di sini kamu bisa coba naik ke properti helikopter yang melayang serta menyaksikan video yang berkaitan dengan fire safety yang dikemas dalam bentuk kartun yang tidak membosankan. Yotsuya Fire Museum juga memamerkan peralatan dan kostum pemadam kebakaran dari zaman ke zaman.

  1. Osaka

Berjalan-jalan saat malam hari di Dotonburi akan jadi sangat menarik karena area ini diterangi gedung-gedung dengan led screen yang menampilkan iklan berbagai produk. Kamu juga bisa mengunjungi National Bunraku Theatre yang memajang boneka tradisional Jepang. Di sini kamu akan mengetahui proses bagaimana boneka tradisional dibuat bahkan mencoba memainkannya sendiri.

Berikutnya, kamu bisa menghabiskan waktu menikmati kemegahan Osaka Castle Park. Tak jauh dari situ terdapat sungai Neyagawa dengan banyak pohon sakura di sekitarnya sehingga sangat cocok dikunjungi saat musim semi untuk melihat bunga sakura bermekaran.

  1. Kyoto

Menghabiskan waktu di Gion (Geisha District), berkeliling di Kyoto Imperial Palace, Mengunjungi Fushimi Inari-Taisha serta berjalan-jalan di antara hutan bambu Arashiyama bisa kamu masukkan ke dalam itinerary murah selama liburan di Jepang. Those places are worth to visit, indeed.

Untuk biaya liburan ke Jepang yang murah, tentunya kamu harus pertimbangkan tempat menginap dan itinerary dengan sebaik mungkin. Carilah akomodasi yang murah namun tetap nyaman untuk ditinggali. Bandingkan berbagai referensi akomodasi murah yang kamu temukan sebagai bahan pertimbangan. Kemudian, biaya liburan juga bisa ditekan dengan mengunjungi berbagai tempat yang tidak membutuhkan biaya masuk. Dengan begitu budget aman, hasrat liburan pun terpuaskan.

sumber : breaktime



loading...