1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. Apakah Bayi Tidak Boleh...

Apakah Bayi Tidak Boleh Sering Dimandikan?


Banyak orangtua yang bingung tentang cara memandikan bayi, termasuk berapa kali bayi harus dimandikan. Sebenarnya, hingga bayi mulai bisa merangkak, Mums tidak perlu sering-sering memandikan bayi. Untuk bayi baru lahir, Mums cukup membersihkan tubuh bayi menggunakan lap atau menyekanya saat mengganti popok dan setelah makan. Secara keseluruhan, Mums hanya perlu memandikan bayi yang baru lahir 2 hingga 3 kali seminggu untuk menjaga kesegaran dan kebersihannya.

Pasalnya, terlalu sering memandikan bayi yang baru lahir bisa menyebabkan masalah kulit seperti ruam-ruam bersisik. Sudah sangat banyak masalah kulit bayi baru lahir yang didiagnosis oleh dokter akibat terlalu sering dimandikan. Oleh sebab itu, simak penjelasan dari portal informasi Huffington Post ini tentang seberapa sering seharusnya bayi dimandikan.

Baca juga: Mainan yang Aman untuk Bayi

Seberapa Sering Bayi Harus Dimandikan 

Mums tidak perlu memandikan bayi baru lahir setiap hari. Tiga kali seminggu sudah cukup. Tunggulah hingga bayi sudah mulai bisa merangkak untuk bisa memandikannya lebih sering. Terlalu sering memandikan bisa membuat kulitnya menjadi kering. Pada bayi baru lahir, bagian-bagian yang paling penting dan harus sering dibersihkan adalah wajah, leher, dan bagian yang tertutup popok. Bagian tubuh bayi lainnya tidak perlu sering-sering dimandikan.

Apakah Terlalu Sering Memandikan Bayi Berbahaya? 

Sabun bayi jenis apapun, termasuk sabun bayi hipoalergenik dan yang mengandung bahan-bahan lembut sekalipun, masih mengandung zat-zat yang bisa mengangkat kelembaban alami kulit. Tentu saja bila hal ini terlalu sering dilakukan maka bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering, terutama di kulit kepala. Pada akhirnya, bayi bisa terkena cradle cap, kondisi dimana kulit kepalanya berkerak. 

Baca juga: Hebohnya Menjaga Balita Sekaligus Bayi
 

Lalu Bagaimana Jika Bayi Memiliki Kulit Kering? 

Kepada web kesehatan anak Alpha Mom, dermatologis bernama Dr. Alyson Levine mengatakan bahwa untuk bayi yang memiliki kulit kering, mandikanlah menggunakan air suam kuku. “Jangan memandikan bayi terlalu lama. Untuk bayi dengan kulit kering, waktu mandinya tidak boleh lebih dari 10 menit, gunakan sabun bayi ringan. Kunci dari menjaga hidrasi kulit setelah mandi adalah mengaplikasikan moisturizer dalam kurun waktu 3 menit setelah bayi dimandikan,” jelas Dr. Alyson Levine.

Untuk waktunya, Mums bisa memandikan bayi kapan saja. kebanyakan orang tua memilih memandikan bayi tepat sebelum waktu tidurnya supaya ia rebih rileks dan tidur nyenyak. Lebih baik hindari memandikan bayi tepat setelah ataupun sebelum waktu makan bayi. Sebelum makan, bayi akan lebih sulit dimandikan karena perutnya kosong. Sementara setelah makan, bayi masih akan merasa kenyang sehingga ia akan mudah muntah ketika dimandikan. 

Selain itu, dokter merekomendasikan agar orangtua memandikan bayi menggunakan spons jika tali pusarnya belum putus. Bayi baru lahir sebaiknya jangan direndam di air karena bisa menyebabkan tali pusar putus secara prematur. Lebih baik, Mums membersihkan tubuh bayi dengan cara menyeka menggunakan lap atau spons. Bayi baru bisa mandi di bathtub ketika tali pusarnya sudah mengering dan putus.

Sementara itu, untuk pemakaian sabun, sampo, ataupu cologne pada bayi baru lahir? Pada umumnya, tidak ada petunjuk khusus untuk pemakaian sabun, sampo, dan cologne khusus untuk bayi. Jadi, Mums boleh-boleh saja menggunakannya, disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter jika bayi memiliki kulit sensitif.

Untuk bedak, kebanyakan ahli melarang pemakaiannya pada bayi baru lahir. Menurut American Academy of Pediatrics, bedak bayi berisiko menyebabkan masalah pernapasan jangka pendek maupun jangka panjang. Menurut para ahli, bedak bayi bisa menyebabkan kesulitan bernapas dan bahkan kerusakan paru-paru serius jika bayi menghirup partikel-partikel yang terkandung di dalam bedak tersebut. Apalagi, partikel-partikel tersebut sangat kecil dan sulit untuk dikendalikan jika sudah bercampur dengan udara luar. Maka itu, lebih baik hindari dulu pemakaian bedak jika bayi baru lahir. Jauhkan juga penempatan bedak dari bayi dan jangkauan anak, apalagi jika tidak ditutup rapat.

Baca juga: Manfaat Tidak Memakaikan Sepatu pada Bayi 

Bagi orang tua baru, perawatan bayi mungkin memang bisa membingungkan. Oleh sebabnya, kalau Mums tidak yakin dengan seberapa sering bayi baru lahir perlu dimandikan, lebih baik tanyakan kepada dokter. (UH/WK)

sumber : guesehat



loading...