1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Anjuran Berbuka dengan yang...

Anjuran Berbuka dengan yang Manis, Ternyata ini Alasannya!


via hellosehat.com

Serumpi.com – Berbuka dengan sesuatu yang manis sudah menjadi kebiasaan yang melekat pada umat muslim. Bukan hanya lantaran sunah yang bernilai ibadah, ternyata anjuran berbuka dengan sesuatu yang manis juga bernilai kesehatan lho.

Seperti yang dilansir dari dream.co.id, Saat waktu maghrib tiba diwajibkan untuk segera membatalkan puasa. Karena tidak baik untuk menunda-nunda waktu berbuka. Untuk membatalkan puasa selalu dianjurkan dengan memakan atau minum sesuatu yang manis. Mengapa harus demikian dan apa alasannya?

Perlu diketahui, saat sedang berpuasa secara otomatis sistem brbolisme tubuh akan melambat. Asupan nutrisi yang tersimpan saat sahur banyak menghilang setelah seharian beraktivitas. Karena tidak mendapatkan asupan nutrisi selama 14 jam, energi yang tersimpan pun ikut berkurang. Maka dari itu asupan makanan atau minuman manis sangat penting saat berbuka puasa.

Baca Juga: Kerap Digunakan untuk Membungkus Makanan, Kertas Coklat ini Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

Makanan atau minuman manis adalah sumber kalori yang mudah untuk diproses oleh tubuh dengan cepat. Sehingga makanan manis berperan dalam mengembalikan energi dan stamina tubuh yang telah hilang dengan cepat pula.

Selain itu rasa manis mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Rasa lemas saat berpuasa biasanya terjadi karena turunnya kadar gula dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula ini kemudian membantu mengembalikan fungsi brbolisme tubuh kembali normal.

Makanan manis ini sangat berperan dalam pengembalian kadar gula dalam darah. Makanan atau minuman manis yang dianjurkan untuk berbuka puasa seperti kurma atau makanan dan minuman yang tebuat dari gula alami. Bisa juga mengkonsumsi buah-buahan manis yang mengandung banyak air. Buah-buahan juga dapat mengembalikan cairan tubuh yang sempat berkurang saat puasa serta mencegah dehidrasi.

Nah, sekarang tahu kan alasannya, kenapa makanan manis sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka?

sumber : serumpi



loading...