1. Home
  2. /
  3. Terbaik, Terpana
  4. /
  5. Amankah Minum Infused Water...

Amankah Minum Infused Water saat Sahur?


Saat berpuasa kamu memang dianjurkan untuk banyak minum air putih agar tidak dehidrasi. Namun, saat berpuasa, ada saja keinginan untuk mengonsumsi minuman yang menyegarkan seperti infused water. Kamu pasti tahu kan dengan infused water? Air putih yang diberi potongan daun dan buah yang segar ini memang mulai menjadi tren sekitar awal 2013 bahkan hingga kini lho, Gengs.

Namun, dikarenakan rata-rata buah yang digunakan untuk infused water tersebut kaya akan vitamin C, kamu yang berencana menjalani ibadah puasa pun mempertanyakan apakah minuman yang satu ini aman dikonsumsi selama bulan puasa, apalagi saat sahur? Nah, daripada penasaran, simak penjelasan lengkapnya yuk, Gengs!

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Manfaat dari infused water

Sebelum mengetahui infused water aman dikonsumsi atau tidak, kamu harus tahu terlebih dahulu manfaat sebenarnya dari infused water. Dilansir dari healthline.com, berikut 3 manfaat dari infused water bagi kesehatan.

  • Membantu turunkan berat badan

Minum air dapat membantu kamu menurunkan berat badan, manfaat ini juga berlaku untuk infused water lho, Gengs. Air telah terbukti meningkatkan brbolisme yang dapat membakar kalori lebih. Penelitian bahkan menunjukkan dengan minum setengah liter air dapat meningkatkan brbolisme hingga 30% selama sejam.

Faktanya pula, orang-orang yang minum air sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan untuk program penurunan berat badan cenderung menurunkan berat badan dibandingkan yang tidak. Selain itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan di ncbi.nlm.nih.gov juga menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan dan minum setengah liter air sebelum makan turun 40% lebih berat badan dibandingkan yang tidak melakukannya.

Baca juga: Lakukan 4 Tips Ini Ingin Berhasil Menurunkan Berat Badan
  • Memperbaiki kesehatan pencernaan

Hidrasi penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga gerakan usus secara teratur. Dehidrasi dapat menyebabkan konstipasi yang dapat membuat kamu merasa kembung. Dengan banyak minum infused water ini dapat membantu makanan menjadi lancar saat melewati usus dan juga dapat mencegah sembelit.

  • Memperbaiki tingkat mood dan stres

Penelitian yang dipublikasikan di ncbi.nlm.nih.gov menyebut kalau dehidrasi sekitar 1% dapat mengubah mood, membuat konsentrasi menjadi menurun dan menyebabkan sakit kepala. Selain itu, penelitian lainnya juga menemukan bahwa orang-orang dewasa yang menambah konsumsi air dari 1,2 liter menjadi 2,5 liter setiap harinya membuat orang-orang tersebut menjadi lebih bahagia, berenergi dan tenang.

Baca juga: Redakan Stres Hanya Dalam Waktu 2 Menit Saja!

Apakah infused water aman dikonsumsi saat sahur?

Dilansir dari drhealthbenefits.com, infused water pada dasarnya hanyalah air yang berisi potongan buah. Namun, tidak semua buah dapat digunakan untuk infused water nih, Gengs. Hanya buah seperti lemon, daun mint, anggur, jeruk nipis, ataupun stroberi yang biasanya digunakan untuk infused water. Sedangkan, buah seperti pisang, mangga, sirsak, alpukat, dan semangka jarang sekali digunakan untuk infused water.

Buah yang biasa digunakan untuk infused water rata-rata memang menggunakan vitamin C. Bagi kita yang tidak punya masalah dengan vitamin C, konsumsi buah yang mengandung vitamin ini dalam jumlah banyak mungkin tidak akan menyebabkan masalah apapun. Namun, bagi orang dengan lambung yang sensitif dan memiliki masalah lambung tentu saja berbeda.

Baca juga: Penyakit Asam Lambung: Cerminan Pola Hidup Tidak Sehat

Infused water memang sedang tren dan minuman ini pun sebenarnya boleh dan aman untuk dikonsumsi saat sahur jika kondisi tubuh kita memang sehat. Sebab, di dalam infused water ini terkandung vitamin dan juga elektrolit yang dibutuhkan tubuh apalagi saat berpuasa,” jelas Dokter Spesialis Penyakit Dalam khusus Gastroenterologi-Hepatologi RSCM Dr. Ari Fahrial Syam pada Simposium PAPDI Forum, beberapa waktu lalu.

Namun, ditambahkan oleh Dr. Ari yang juga merupakan Dekan FKUI, infused water ini memang tidak disarankan diminum bagi orang yang memiliki penyakit maag organik nih, Gengs. Penyakit maag organik berbeda dengan penyakit maag fungsional (penyakit maag pada umumnya) karena penyakit ini menunjukkan kelainan secara anatomi seperti luka dalam atau lecet pada kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, serta kanker pada organ pencernaan.

“Kalau pasien yang menderita sakit maag organik ini minum infused water justru hanya makin memperparah penyakitnya. Apalagi kalau ada luka pada lambung, biasanya terasa perih. Jadi, saat kita minum infused water mulai terasa tidak nyaman, jangan diminum dan dipaksakan,” papar Dr. Ari.

Dari penjelasan Dr. Ari Fahrial Syam yang juga Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RSCM itu, infused water ternyata hanya aman dikonsumsi untuk kamu dengan kondisi tubuh yang sehat. Kalau lambung kamu tiba-tiba terasa perih saat mengonsumsi infused water saat sahur, segeralah berkonsultasi dan pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi tubuhmu.

Selain itu, jika kamu memang punya penyakit maag baik fungsional ataupun organik, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani ibadah puasa. Hal ini tentu dilakukan untuk makin memperlancar ibadah berpuasa kamu. Selamat berpuasa, Gengs! (TI/WK)

sumber : guesehat



loading...