1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Aksi Women’s March 2018:...

Aksi Women’s March 2018: Jeritan Suara Hati Kaum Wanita Atas Perlakuan Tak Adil yang Mereka Terima


Menjelang Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret mendatang, ratusan perempuan berkumpul di kawasan MH Thamrin, Jakarta, pada hari hari Sabtu (3/3) lalu untuk menyuarakan isi hati mereka terkait kesetaraan gender dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan isu tentang perempuan.

Mereka berkumpul sejak pukul 8 pagi sambil membawa beraneka ragam poster yang menjadi alat untuk menyuarakan isi hatinya. Aksi women’s march 2018 ini juga dilakukan di sejumlah kota lain seperti Bandung, Surabaya, dan Bali. Melalui aksi ini, kita juga disadarkan bahwa ada banyak stigma yang kadung melekat di masyarakat selama ini ternyata tidak adil dan tidak berpihak kepada kaum perempuan.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Perlawanan terhadap catcalling dan pelecehan verbal lainnya

Isu catcalling menjadi salah satu hal yang turut disuarakan pada women’s march 2018 (instagram)

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya, fenomena catcalling yang masih banyak terjadi di mana saja ini sebetulnya masuk kategori pelecehan secara verbal terhadap wanita. Jadi kalau kamu para cowok masih suka iseng bersiul atau menggodai perempuan yang lewat di dekatmu, ketahuilah bahwa apa yang kamu lakukan itu adalah sebuah bentuk pelecehan, meski niatmu hanya bercanda sekalipun.

Meski terkesan normal, memanggil “hai sayang” dan sejenisnya juga bisa membuat cewek tidak nyaman loh (instagram)

Kebiasaan cowok sok akrab dan sok ramah dengan memanggil “hai sayang” pada para cewek juga menjadi sorotan di aksi Women’s March 2018. Pasalnya, masih banyak cowok yang menganggap itu adalah sebuah hal yang biasa dan tidak ada niatan melecehkan. Tapi kenyataannya, banyak kok cewek yang tidak nyaman dengan panggilan sok mesra itu.

Berhenti mengkambinghitamkan pakaian yang dipakai para wanita

Berhenti menyalahkan pakaian yang digunakan para wanita (instagram)

Selama ini, banyak yang menganggap bahwa jika seorang waita dilecehkan, itu pasti terjadi karena pakaian yang digunakan si wanita terlalu sexy, terbuka, mengumbar aurat, dan memancing syahwat. Padahal, nyatanya ada banyak kasus pelecehan yang juga terjadi pada para wanita berjilbab rapat dan jauh dari kata sexy.

Daenerys di film seri Game of Thrones saja mampu mengendalikan tiga ekor naga raksasa. Lantas kenapa beberapa orang lelaki bahkan tak mampu mengendalikan ‘burung’nya sendiri? (Instagram)

Bahkan, beberapa waktu lalu muncul sebuah video viral yang memperlihatkan sejumlah pakaian yang dikenakan para wanita saat menjadi korban pelecehan. Dari kesemua pakaian yang diperlihatkan, tak satupun yang terlihat sexy atau mempertontonkan lekuk tubuh dan aurat secara berlebihan. Artinya, para lelaki yang melecehkan wanita tidak bisa disimpulkan melakukan pelecehan karena melihat wanita berpakaian terbuka, tetapi lebih karena ketidak mampuannya untuk mengendalikan hasrat dan nafsunya sendiri.

Perjuangan perempuan bebas dari segala justifikasi yang melecehkan dan perlakuan tak adil

Para cowok, ngaku aja deh, pasti banyak dari kalian yang pernah memakai istilah-istilah di gambar ini untuk menggambarkan sesosok perempuan. Itu pelecehan banget loh! (instagram)

Dalam masyarakat kita, khususnya antar sesama lelaki, acapkali terdengar obrolan tentang wanita yang menjurus ke arah pelecehan dan seringkali tak disadari. Bahkan, tak jarang muncul beberapa istilah yang menyamakan wanita dengan barang.

Ingat, kamu menikahi wanitau karena mencari teman hidup yang sama rasa dan setara., bukan mencari buruh cuci atau pembantu rumah tangga pribadi (instagram)

Selain itu, masih banyak pula stigma di dalam masyarakat yang beranggapan bahwa wanita itu tempatnya di dapur, kasur dan sumur. Jadi, memasak, mencuci baju, dan melayani suami adalah tugas wajib setiap istri yang tak bisa dibantah lagi. Ini tentu tak adil, karena seorang perempuan dinikahi bukan untuk menjadi buruh cuci atau pembantu rumah tangga pribadi, melainkan untuk jadi pasangan hidup yang setara dan sama rasa.

sumber : inovasee



loading...