1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. Agenda Akhir Pekan Jogja,...

Agenda Akhir Pekan Jogja, Parade Dongeng ke Workshop Ngayogjazz


TEMPO.CO, Jakarta – Sejumlah agenda akhir pekan yang menarik telah menanti Anda jika ingin berlibur ke Yogyakarta. Agenda tersebut berlangsung pada Sabtu hingga Minggu, 10-11 November 2018–baik gratis maupun berbayar.

Inilah 5 agenda akhir pekan seni dan wisata yang menarik untuk Anda sambangi selama berlibur di Kota Jogja.

1. Pagelaran Dongeng Jogja, Minggu 11 November 2018, Kawasan Hutan Pinus Mangunan Imogiri Bantul, pukul 08.00- 12.00 WIB.

Bagi Anda yang mengajak si kecil, bisa menyempatkan waktu menyambangi kegiatan festival mendongeng dengan latar belakang Hutan Pinus Mangunan, Imogiri, Bantul nan asri ini. Dalam kegiatan yang bersifat gratis ini akan tampil sejumlah penutur tamu kenamaan, mulai dari Permaisuri Raja Keraton Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Bang Fuadi (Juru Hikayat Aceh), Meyda Sefira (Aktris), Rona Mentari, serta Kak Aio.

Ada pula penutur terpilih #AwFest2018 dari manca negara juga yang akan tampil dengan gaya dongeng terbaiknya seperti  Giovanna Conforto (Italia) dan  Richard Dian Villar (Filipina).

2. Workshop Artistik Ngayogjazz 2018, Minggu 11 November 2018, Desa Gilangharjo Pandak Bantul, Pukul.10.00 – Selesai

Rangkaian event music jazz tahunan Ngayogjazz yang digelar Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Bantul pada 17 November 2018, bakal diawali dengan workshop artistik Ngayogjazz  bersama komunitas Froghouse YK dan Karang Taruna di Desa Gilangharjo.

Kegiatan workshop di lokasi Ngayogjazz 2018 ini menjadi ajang belajar masyarakat bagaimana mempersiapkan sebuah dekorasi gelaran Ngayogjazz 2018. Dalam kegiatan ini warga sekitar dan penyelenggara membaur, berdiskusi, dan belajar bersama cara mempersiapkan segala pernak-pernik pertunjukan, yakni ragam ornamen dan atribut untuk pegelaran.

3. Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Istimewa-X, Minggu 11 November 2018, Lapangan Pacuan Kuda Sultan Agung Bantul, Pukul 08.00 WIBWarga menonton pacuan kuda di stadion Sultan Agung, kabupaten Bantul, Yogyakarta, Minggu (01/4). Lomba berbagai kelas ini memperebutkan hadiah piala Bupati Bantul. TEMPO/Suryo Wibowo

Bagi Anda pecinta olahraga pacuan kuda, event tahunan ini tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogya. Sebab dalam Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Istimewa-X yang memperebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X itu Anda bisa melihat aksi ratusan atlet berbagai pelosok tanah air berpacu menunggangi kuda-kuda terbaik mereka.

Pengunjung yang beruntung akan mendapat berbagai doorprize dengan hadiah utama sepeda motor.   

4, Authenticity Fest¸ Sabtu 10 November 2018, Halaman Lapangan Parkir Jogja Expo Center, 15.00 WIB-Selesai.

Sebuah pagelaran musik yang menghadirkan berbagai genre music yang sarat kualitas dan kreatifitas.  Pada gelaran ini akan tampil sejumlah musisi tamu seperti Endah N Rhesa serta Sisi Tipsi. Dalam pagelaran music ini pengunjung juga dihibur dengan berbagai atraksi anak muda seperti Denggung Skateboarding-RC Adventure Pardjo Freekicks-Wisnu Siluet Jogja- dan Rakom ICJ.

5. Hari Pahlawan di Watu Tapak, Sabtu 10 November 2018, Watu Tapak Camp Hil, Tebing Breksil Sleman, 05.00 WIB- Selesai

Menyambut Hari Pahlawan 10 November, pengelola destinasi Watu Tapak Camp Hill berkolaborasi dengan @malamuseum dan Saka Pariwisata DIY mengadakan sejumlah kegiatan pada: Jumat-Sabtu, 9-10 November 2018 jam 16.00 WIB-Selesai .

Destinasi Watu Tapak berada satu kompleks dengan wisata Tebing Breksi yang digarap komunitas GenPi Jogja. Letaknya persis bersebelahan dengan kawasan Taman Tebing Breksi, Sleman. Jadi wisatawan bisa secara langsung mengunjungi kedua area wisata ini.

Nah, untuk kegiatan menyambut hari pahlawan ini ada sejumlah acara digelar meliputi nonton film bersama Soerabaia 45, diskusi film Teatrikal Serangan 10 November, dan upacara bendera dengan pakaian adat.

Lalu ada arian tradisional dari Sanggar Seni Taman Tebing Breksi, hingga photography sharing sesion bersama Bambang Wijanarko ( @roybw Fotografer @kemenpar ) dan Ve Dhanito (Fotografer konseptual) . Acara ini bersifat gratis.

PRIBADI WICAKSONO (Yogyakarta)

sumber : tempo



loading...