1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. 9 Tips Manis Menjadi...

9 Tips Manis Menjadi Jurnalis


Menjadi jurnalis adalah profesi impian bagi penyuka tantangan dan dunia menulis. Tidak hanya butuh ketangkasan, jurnalis juga harus cerdas dalam menjalankan pekerjaannya.

Lantas, bagaimana cara menjadi jurnalis yang baik? Nah, untuk membantumu membangun kemampuan menjadi jurnalis, InspiratorFreak menyajikan sembilan tips manis menjadi jurnalis.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

1. Banyak menulis

photo source: studybreaks.com

Menjadi jurnalis artinya kita harus mencintai dunia menulis, entah itu artikel, berita feature, atau straight news, apa saja. Dengan membiasakan diri menulis, seiring waktu kita akan mengenali bagaimana ciri khas penulisan kita dan membuat kita lebih percaya diri.

Tidak perlu langsung menulis tulisan “berat”, kamu bisa mulai dengan membuat blog pribadi, menulis jurnal setiap hari, atau menjadi penulis freelance.

2. Pahami tata bahasa, perluas kosakata

photo source: educacao.estadao.com.br

Sebagai jurnalis kita harus memahami bahasa jurnalistik, tata bahasa yang baik, dan memperluas kosakata. Dengan begitu, kita mampu menyunting naskah yang kita tulis sehingga menjadi tulisan yang nyaman dibaca dan informasinya tersampaikan dengan baik pada pembaca.

3. Rajin membaca

photo source: fundacionpaiz.org.gt

Untuk menghasilkan tulisan yang baik, tentunya kita harus rajin membaca. Dengan membaca, selain dapat menelaah berbagai gaya penulisan, kita juga bisa menambah kosakata dan menjadi lebih cermat lagi dalam menghasilkan tulisan.

4. Cepat dan akurat

photo source: gospeltoday.com

Menulis cepat dan akurat menjadi kemampuan yang wajib dikuasai jurnalis. Jika kita mendapat tugas meliput berita tentang bencana alam, kita harus segera menuliskan berita tersebut supaya masyarakat segera mengetahuinya.

Perlu diingat, jangan sejadar mengandalkan kecepatan, lho! Jurnalis juga wajib memperhatikan keakuratan informasi yang disampaikannya dan menggunakan bahasa yang baik. Berlatihlah menulis dengan menentukan tenggat waktu sendiri, lalu tinjau ulang hasil tulisanmu.

5. Kembangkan kemampuan interpersonalmu

photo source: witmergroup.com

Kembangkan kemampuan interpersonalmu dengan siapa saja. Sumber informasimu bisa saja berasal dari orang-orang yang kamu temui.

Mereka bisa menjadi narasumber atau tokoh yang kita angkat kisahnya. Semakin kita mampu membangun keakraban, semakin mudah pula kita mendapatkan informasi.

6. Belajar dari jurnalis lain

photo source: curata.com

Pelajari ilmu baru dan dapatkan kesempatan-kesempatan berharga dengan menjalin networking dengan jurnalis lain. Tidak hanya itu, kita juga bisa bertukar pengalaman dan berbagi saran. Jangan hanya terpaku dengan orang-orang di sekitar kita ya, Inspirator.

Mengapa membangun networking penting? Baca alasannya di sini.

7. Kumpulkan banyak informasi

photo source: maxmanroe.com

Jurnalis bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber, jadi kita harus tahu bagaimana mengumpulkan, menilai, dan mengatur informasi sendiri. Kita harus pastikan sumber informasi itu valid dan dapat dipertanggungjawabkan, entah itu dari website atau menghubungi langsung narasumber.

Kita juga harus bisa menyortir materi yang relevan seperti surat atau dokumen, supaya informasi yang kita sampaikan pada khalayak memang berdasarkan fakta dan dapat dipertanggungjawabkan.

8. Up to date dengan berita dan peka peristiwa sekitar

photo source: eschoolnews.com

Zaman sekarang kita dipermudah dengan adanya teknologi untuk mendapatkan berbagai informasi. Sebagai jurnalis kita harus memanfaatkan itu sebaik-baiknya.

Baca atau tontonlah berita. Jika kamu kurang suka politik, kamu bisa mempelajari tentang tren-tren masa kini, kuliner, fashion, dan lainnya. Tulisan kita dapat tersampaikan dengan baik dan disukai pembaca jika kita mengenal lebih dekat situasi yang sedang berlangsung.

9. Perdalam dunia jurnalistik

photo source: www.timeshighereducation.com

Dunia jurnalistik bukan hanya tentang meliput dan menulis. Masih banyak hal yang harus kita pahami di dalamnya, mulai dari bahasa jurnalistik hingga kode etik jurnalistik.

Selain mengemban pendidikan formal jurnalistik, pengetahuan jurnalistik kita juga bisa didukung dengan membaca buku-buku jurnalistik yang banyak tersedia di perpustakaan, toko buku, Internet, atau belajar dari jurnalis lain.

Nah, itu sembilan tips manis menjadi jurnalis. Apakah Inspirator sudah siap menjadi jurnalis yang sigap menyajikan informasi akurat dan bermanfaat pada masyarakat?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...