1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. 9 Macam Acar dari...

9 Macam Acar dari Berbagai Negara Ini Segarnya Ampuh Atasi Darah Tinggi, Mantap!



Acar merupakan salah satu hidangan awetan dengan garam dan cuka. Acar biasanya terbuat dari timun, wortel, nanas, lobak, bahkan buah-buahan. Makanan ini termasuk makanan sehat karena terbuat dari bahan-bahan segar. Di Indonesia, acar seringkali disajikan dengan sate maupun tongseng kambing. Bukan tanpa sebab, bahan-bahan segar dalam acar memang ampuh menyeimbangkan tekanan darah saat mengonsumsi daging kambing.

Nggak cuma timun dan wortel, lho! Ini berbagai macam acar dari berbagai negara yang perlu kamu ketahui!

1. Acar timun – Indonesia

www.foody.id

Di Indonesia, acar disantap sebagai makanan pendamping sate kambing, nasi goreng, dan gulai kambing. Terbuat dari timun, wortel, cabai utuh, dan terkadang juga nanas. Acar tersebut dibumbui dengan cuka, garam, gula, dan irisan bawang merah. Acar ini rasanya asam, manis, dan segar.

PILIHAN EDITOR

  • 7 Makanan Gagal Total Ini Bikin Nggak Selera Makan. Ekspektasi dan Realita Itu Kejam
  • Baju Senada sama Saudara? Outfit Ala Zaskia dan Shireen Sungkar Ini Bisa Kamu Tilik!
  • 10 Kuliner Usus yang Bikin Kamu Menyesal Menyia-nyiakannya. Lezatnya Nggak Kira-kira

Baca Juga : Baju Senada sama Saudara? Outfit Ala Zaskia dan Shireen Sungkar Ini Bisa Kamu Tilik!

2. Acar bumbu kuning – Indonesia

pontianak.tribunnews.com

Selain dengan cuka, acar timun dengan bumbu kuning. Irisan timun dan wortel ditumis dengan bumbu kuning, cabai hijau, atau cabai rawit. Bumbu kuning tersebut terdiri dari bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, lada, dan jahe yang dihaluskan. Walau dibumbui dengan rempah, rasanya tetap segar dan ada sensasi khasnya.

 

3. Acar timun – Amerika

food-hacks.wonderhowto.com

Acar timun ini biasanya dihidangkan bersama burger di restoran khas Amerika. Potongan mentimun atau mentimun utuh ditempatkan dalam botol kaca yang diisi cuka dan garam. Timun dalam botol itu difermentasi. Acar timun itu bertekstur renyah dengan rasa asam dan asin. Hidangan ini juga sering disantap saat musim panas.

4. Acar Singapura

magazine.job-like.com

Kalau biasanya terbuat dari mentimun, di Singapura justru terbuat dari buah-buahan segar. Buah kismis, apricot, dan mangga dibumbui dengan rempah-rempah pedas. Bumbu tersebut mengeluarkan aroma dan rasa yang khas sehingga rasanya jauh lebih nikmat. Acar buah ini biasa disantap sebagai pendamping nasi biryani.

5. Acar nyonya – Malaysia

bakecookeat.blogspot.com

Sama seperti Indonesia, di Malaysia acar juga menggunakam mentimun. Bedanya, di negeri jiran itu juga ditambah dengan terong, kacang panjang, dan kunyit. Acar khas Malaysia ini juga sisebut dengan acar nyonya yang biasanya disantap dengan nasi lemak. Acar nyonya ini lebih gurih dengan taburan kacang dan biji wijen.

6. Achat, acar Thailand

www.sbs.com.au

Di Thailand juga ada acar yang terbuat dari timun dan wortel segar yang dikenal dengan nama Achat. Bumbu acarnya tidak jauh berbeda dengan bumbu Indonesia, yakni bawang merah, cabai merah, cuka, gula ,dan garam. Achat biasanya dikonsumsi sebagai hidangan pendamping atau disantap begitu saja seperti rujak.

7. Acar Tiongkok

thewoksoflife.com

Di Cina atau Tiongkok, orang juga terbiasa menyantap acar sebagai pendamping nasi maupun disantap sebagai hidangan penutup. Acar Tiongkok terbuat dari kubis mentah dengan air rendaman cuka dan potongan cabai. Selain dengan nasi, acar ini juga biasa disantap dengan mi.

8. Umeboshi, Acar Jepang

www.finedininglovers.com

Acar di Jepang bisa terbuat dari lobak, timun, kubis, wortel, dan terong. Namun, yang paling terkenal adalah acar dari buah plum yang difermentasikan. Rasanya asam, asin, dan menyegarkan. Biasanya acar ini digunakan untuk isian onigiri.

9. Acar Lobak Korea

www.marecipes.com

Selain pakai kimchi, orang Korea juga gemar menjadikan acar lobak sebagai makanan pendamping. Acar lobak Korea disebut dengan Danmuji dengan warna kuning sebagai ciri khasnya. Lobak dibumbui dengan acar, gula, cuka, merica hitam, kunyit bubuk, dan garam. Acar ini biasa disantap dengan ayam goreng maupun jjangmyeon.

Magnesium, kalium, dan serat pada acar mampu mengatasi darah tinggi. Tidak heran jika makanan tersebut menjadi hidangan pendamping yang digemari. Namun, beberapa acar mengandung gula dan garam yang cukup tinggi. Jadi, jangan lebay saat mengonsumsinya!

sumber: YUKEPO



loading...