1. Home
  2. /
  3. Terpana, Terpukau
  4. /
  5. 9 Fakta Menarik tentang...

9 Fakta Menarik tentang Korea Utara, Negara yang Paling Tertutup dari Dunia Luar


Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar kata ‘Korea Utara’?

Kayaknya sebagian besar dari kamu bakal langsung membayangkan wajah Kim Jong Un deh. Tapi di sini kita nggak bakal membahas sejarah dan asal-usul Kim Jong Un, melainkan negara yang dipimpinnya.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Menurut saya, Korea Utara termasuk negara yang menarik untuk dibahas. Alasannya, Korea Utara jadi satu-satunya negara yang paling tertutup dari dunia luar, tapi di sisi lain sering jadi sorotan dunia. Terlepas dari berbagai anggapan negatif tentang Korea Utara, nggak bisa dipungkiri kalau negara ini punya berbagai keunikan yang jadi pembeda dengan negara-negara lain.

Keunikan yang saya maksud bisa kamu temukan di 9 fakta menarik tentang Korea Utara di bawah ini. Yuk langsung saja kita simak daftarnya.

1. Kim Il Sung jadi pemimpin abadi Korea Utara

via commons.wikimedia.org

Korea Utara adalah satu-satunya negara yang mendeklarasikan pendiri negaranya, Kim Il Sung, sebagai Presiden Abadi. Sebagai keturunan ‘Bapak Negara’, Kim Jong Un pun mengemban tugas sebagai Pemimpin Tertinggi sekaligus Komandan Militer Tertinggi dan Ketua Partai Pekerja. Walaupun demikian, Jong Un tak punya status kepresidenan (abadi) seperti kakeknya.

Fakta menarik lainnya: Korea Utara menggunakan kalender Juche yang dimulai dari tanggal kelahiran Kim Il Sung (1912). Artinya, tahun 2018 masehi sama dengan tahun 107 di kalender Korea Utara.

2. Kim Jong Un jadi orang yang paling ‘unik’ di Korea Utara

via huffingtonpost.com

Korea Utara melarang masyarakatnya memiliki nama yang sama dengan pemimpin negara. Jika seorang anak dinamai Kim Jong Un sebelum Jong Un menjadi pemimpin, orangtua harus segera mengganti nama anaknya di kemudian hari.

– Advertisement –

Tak hanya Kim Jong Un saja, Kim Il Sung dan Kim Jong Il juga menerapkan larangan nama tersebut di masa kepemimpinan mereka. Dan itu masih jadi hukum yang tak boleh dilanggar masyarakat Korea Utara sampai sekarang.

3. Pemilihan presiden diadakan setiap 5 tahun sekali, tapi…

via englishblog.com

Setiap 5 tahun sekali, pemerintah Korea Utara mengadakan pemilihan presiden. Ketika proses pemilihan berlangsung, penduduk Korea Utara secara serempak mengisi surat suara yang hanya berisikan satu daftar nama kandidat. Dengan begini, pemilih punya dua pilihan; memilih kandidat yang sudah ada, atau tak memilih alias membangkang.

Nah, penduduk yang ‘membangkang’ biasanya memasukkan surat suara di kotak terpisah yang sudah disediakan. Setelah itu identitas mereka bakal dilacak dan dicap sebagai pengkhianat.

4. Penduduk Korea Utara banyak yang menjadi anggota militer

via dailynews.lk

Korea Utara berada di peringkat 51 negara dengan populasi tertinggi di dunia dengan jumlah populasinya yang mencapai 25 juta jiwa. Walaupun tak termasuk 10 besar populasi tertinggi di dunia, jumlah pasukan militer Korut termasuk yang paling besar di antara negara-negara lainnya. Tentara aktif Korut diperkirakan berjumlah 1.190.000 orang. Angka tersebut meliputi 4,7% dari populasi penduduk.

Sebagai perbandingan, Tiongkok sebagai negara dengan populasi tertinggi di dunia (1,3 miliar jiwa) punya kekuatan militer sebanyak 2,3 juta tentara atau 0,18% dari total populasi.

Editor’s Pick

  • Beda dari yang Lain, 7 Makhluk Mitologi Jepang Ini Punya Bentuk dan Perilaku Super Aneh!
  • 5 Negara dengan Umur Tersingkat Sepanjang Sejarah, Ada yang Kurang dari 24 Jam!
  • 7 Kisah Manusia Aneh dari Sirkus P.T. Barnum yang Melegenda
  • Cuma Dikuasai Sedikit Orang, 5 Keahlian Paling Langka Ini Terancam Hilang Untuk Selamanya Lho

5. Penduduk Korut tak bisa memilih potongan rambut mereka dengan bebas

via newsfeed.time.com

Jika kamu jadi penduduk Korut, gaya rambut jadi sesuatu yang harus kamu perhatikan. Sebab di negara itu kamu dilarang memiliki rambut gondrong, gimbal, atau gaya rambut kekinian lainnya.

Warga Korea Utara hanya diizinkan memilih 28 gaya rambut yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Pria bisa memilih 10 gaya rambut, sedangkan wanita punya pilihan yang lebih banyak dengan 18 model rambut.

6. ‘Hukuman 3 generasi’

via umagazini.blogspot.com

Korea Utara adalah negara yang menerapkan salah satu hukuman yang paling tak manusiawi di dunia. Jika kedapatan melanggar hukum atau melakukan tindak kriminal, warga Korut bakal dijatuhi ‘hukuman 3 generasi.’ Si pelanggar hukum dan keluarganya akan dipenjarakan seumur hidup di kamp kerja paksa. Hukuman itu juga berlaku bagi dua keturunan selanjutnya yang lahir di dalam penjara.

Misalnya, jika seorang ayah terkena hukuman 3 generasi, anak beserta cucunya kelak bakal tinggal di kamp pekerja sepanjang usia mereka.

7. Masyarakat Korut sangat terisolasi dari dunia (media) luar

via trillmag.com

Kehidupan masyarakat Korea Utara begitu terisolasi dengan dunia luar. Ada batasan-batasan yang ketat bagi masyarakat Korut untuk mengakses media seperti Televisi, Radio, Komputer, maupun Internet. Jika masyarakat melanggar batasan yang ada, akan ada hukuman yang berat dari otoritas Korut.

Korea Utara punya jaringan internet lokal ‘kwangmyeong’ yang didirikan pada tahun 2000. Jaringan tersebut meliputi beberapa perangkat lunak seperti browser, email, berita, dan mesin pencari. Tapi tak semua kalangan masyarakat bisa mengakses kwangmyeong. Lagipula masyarakat Korut membutuhkan izin dari pemerintah untuk bisa memiliki/menggunakan komputer.

Korut punya sistem operasi komputer sendiri bernama Redstar yang hanya berbahasa Korea.

8. Korea Utara tak memiliki undang-undang yang jelas mengenai penggunaan narkoba

via gawker.com

Korea tak punya undang-undang khusus mengenai narkoba. Alhasil, penggunaan narkoba di kalangan masyarakat Korea Utara cukup sering terjadi. Satu sumber mengatakan kalau sekitar 30% penduduk Korut menggunakan narkoba dengan jenis meth dan opium. Sementara itu, ganja adalah yang paling umum digunakan masyarakat Korut di keseharian mereka. Kabarnya produksi ganja (yeoksam) di Korut cukup tinggi dan kerap diselundupkan oleh oknum tertentu ke perbatasan Tiongkok.

Seorang wartawan yang bergerak di bidang travel, Darmon Richter bahkan pernah mendokumentasikan pembelian ganja yang dilakukannya secara terang-terangan di Korut.

Di sisi lain, tujuan penggunaan narkoba di negara tersebut lebih cenderung mengarah ke peningkatan produktivitas (doping) pekerja ketimbang rekreasi belaka.

9. Kim Jong Il menculik sutradara Korea Selatan untuk membuat film di Korea Utara

via thevision.com

Shin Sang-Ok merupakan sutradara terkenal asal Korea Selatan di era 70-80an. Dia bersama istrinya, Coi Eun Hee, diculik di waktu yang berbeda oleh mata-mata Korut. Eun Hee yang juga merupakan aktris papan atas Korea Selatan diculik di Hong Kong. Sedangkan Sang-Ok diculik enam bulan kemudian saat dia mencari keberadaan istrinya di Hong Kong.

Setelah diselidiki, dalang dari penculikan tersebut ternyata adalah Kim Jong Il yang saat itu masih menjabat sebagai Direktur Divisi Film dan Kesenian Korea Utara. Penculikan dilatarbelakangi oleh tujuan Jong Il yang ingin mengharumkan nama Korea Utara di industri perfilman dunia. Sang-Ok dan istrinya dipaksa untuk membuat film yang layak untuk diikutsertakan di kontes film internasional.

Di tahun-tahun sebelumnya, sebenarnya Jong Il sempat membuat beberapa film. Tapi tema yang diusung film-filmnya cenderung mengarah ke propaganda politik. Kemudian atas saran Shin-Ok, dibuatlah film dengan tema yang lebih universal supaya bisa dinikmati oleh penonton internasional. Film termahal yang pernah dibuat Shin-Ok saat menjadi tahanan Korut adalah Pulgasari yang sebagian besar ceritanya terinspirasi dari kisah Godzilla.

Itu dia 9 fakta menarik yang bisa menambah pemahaman kamu tentang Korea Utara. Negara ini memang unik. Tapi kalau di lihat dari aspek kemanusiaan dan kehidupan penduduknya, sepertinya Korut masih tertinggal dengan negara-negara lain ya. Hmm… ada yang berminat tinggal di Korea Utara?

– Advertisement –


sumber: selipan



loading...