1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. 8 Resep Es Buah...

8 Resep Es Buah Enak, Mudah dan Super Segar


Kalau cuaca atau suhu udara lagi panas-panasnya, paling nikmat minum yang segar-segar biar pikiran tetap adem.

Yup, jangan sampai deh suhu yang panas bikin hati Kawan Muda panas atau parahnya bad mood. Kasihan, kan, orang lain yang enggak bersalah kena semprot gara-gara kamu bad mood akibat kepanasan?

Mending langsung melipir cari penjual es buah atau kalau lagi santai di rumah, mending bikin es buah sendiri buat menghilangkan dahaga.

Bikin es buah mudah gampang banget, kok. Yang penting ada niat buat bikin dan mau beli bahan-bahannya, hehe. Kamu juga bisa modifikasi resep es buah dengan buah-buahan yang tersedia di rumah (kalau mager beli bahan yang sesuai resep).

Nah, berikut adalah aneka resep es buah yang bisa menyegarkan harimu yang panas. Hayuklah langsung bikin biar adem seketika 😉

1. Resep es buah susu super praktis ini hanya butuh 4 bahan. Buah-buahannya bisa dimodifikasi sesuai selera. Biar enggak ribet, pakai saja buah-buahan yang tersedia di rumah.

Resep es buah susu | via: yukitamasak.tv

Bahan :

  • 1 gelas coktail siap pakai
  • 1 sdm SKM putih
  • 1 sdm sirup choco pandan
  • 450 ml air matang dingin

Cara Membuat :

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu, aduk rata.
  2. Sajikan saat dingin, jika kurang dingin kamu bisa menambahkan es batu.

2. Es buah tapi rasa rujak? Whoa, pasti nikmat. Asem-asem, pedas, dan segar gitu. Yuklah langsung bikin, begini resep es buah rujak timun yang mantap.

Resep es buah rujak | via: style.tribunnews.com

Bahan :

  • Buah timun, pilih ukuran kecil (timun ndeso)
  • Buah nanas
  • 300 ml air panas
  • 50 gr gula merah
  • 3 bh rawit hijau
  • 1 bh cabai merah
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 cm kencur
  • 1/2 sdt air asam jawa

Cara Membuat :

  1. Potong kecil-kecil timun dan nanas sesuai selera.
  2. Haluskan cabai, gula merah, kencur, air asam dan garam. Tuangi air panas, aduk rata.
  3. Masukkan irisan timun dan nanas, koreksi rasa.
  4. Agar lebih nikmat sajikan dingin (Masukkan kulkas terlebih dahulu atau tambahkan es batu).

3. Resep es buah sirsak buah naga merah ini dijamin bikin kamu ketagihan. Kalau kamu enggak suka pake kuah santan, jadikan buah sirsak sebagai kuahnya. Mirip-mirip es manado gitu yang pakai kuah sirsak.

Resep es buah sirsak buah naga merah | via: halhalal.com

Bahan :

  • 1 bh sirsak, suir-suir
  • 1 bh buah naga merah, potong dadu
  • 1,5 lt santan
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat :

  1. Masukkan santan dan gula pasir, aduk sampai rata.
  2. Masukkan suiran sirsak dan potongan buah naga, aduk sebentar. Sajikan dingin.

4. Suka enek dan kekenyangan kalau minum es buah kuah susu? Coba deh resep es buah tanpa susu ini. Yup, es buah kuah jeruk. Jadi kuah susunya diganti campuran sirup jeruk dan air jeruk Sunkist. Waini pasti segar!

Resep es buah kuah jeruk | via: sajiansedap.grid.id

Bahan :

  • 250 gr semangka, dipotong bulat
  • 200 gr melon, dikeruk panjang
  • 200 gr melon orange, dipotong bulat
  • 200 gr nanas, dipotong kotak
  • 100 gr rumput laut, dipotong-potong
  • 100 gr strawberry, dibelah dua

Bahan Sirup (Aduk Rata) :

  • 125 gram sirop sunkist
  • 5 buah jeruk sunkist, ambil airnya
  • 5 lembar daun mint, remas, seduh dengan 1 sendok makan air panas

Cara Membuat :

  • Aduk rata semua bahan. Sajikan dingin.

5. Buat kamu yang suka kolang-kaling, campurkan bahan favoritmu tersebut ke dalam es buah buatanmu biar rasanya makin mantap!

Resep es buah kolang-kaling | via: style.tribunnews.com

Bahan :

  • 500 ml air jeruk manis
  • 300 gr kolang kaling, potong 2 bagian panjang, rebus matang, buang airnya
  • 200 gr melon, keruk panjang
  • 100 gr stroberi, masing-masing potong 4 bagian
  • 100 ml madu
  • 50 gram gula pasir
  • Agar rasa strawberry, potong kotak

Cara Membuat :

  • Campurkan air jeruk manis dan madu, aduk rata.
  • Masukkan semua bahan menjadi satu tambahkan gula pasir, aduk rata.
  • Es buah kolang-kaling siap disajikan.

6. Resep es buah koktail ini enggak hanya segar, tapi juga nikmat karena bermacam-macam buah ada di dalamnya. Bikinnya juga enggak susah dan murah meriah pula!

Resep es buah koktail | via: ideresepmasak.com

Bahan :

  • 500 ml air
  • 250 gr gula pasir
  • 1/2 bh pepaya, potong dadu
  • 1/2 bh nanas, potong dadu
  • 1 bh bengkuah, potong dadu
  • 1 bh jeruk nipis, ambil airnya.
  • Air kapur sirih, secukupnya

Cara Membuat :

  1. Rebus air, air kapur sirih dan gula pasir hingga mendidih.
  2. Masukkan semua buah yang sudah di potong-potong, masak 5 menit, dinginkan.
  3. Kemudian campurkan dengan air jeruk. Sajikan dingin agar lebih nikmat.

7. Kalau minum es buah biasanya ada buah selasihnya. Nah, buat yang pengin bikin es buah kayak begitu, berikut resep es buah selasih sederhana yang bisa kamu coba.

Resep es buah selasih | via: lamandala.net

Bahan :

  • 1/4 buah pepaya, potong dadu
  • 1/4 buah melon, potong dadu
  • 1/4 buah semangka, cetak bulat
  • 1/4 buah nanas, potong segitiga, rendam air panas sebentar, tiriskan
  • 100 gr nata de coco
  • 250 ml sirup cocopandan
  • 700 ml air es
  • 1 sendok makan selasih, rendam dalam air hangat
  • es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Langkah yang pertama kita siapkan semua bahan yang akan kita gunakan.
  2. Selanjutnya memasukan semua buah yang sudah di siapkan, nata de coco, dan juga selasih dalam satu wadah.
  3. Larutkan sirup beserta air es, aduk rata lalu tuang ke dalam campuran buah.
  4. Beri es batu dan minuman siap disajikan.

8. Baca resep es buah melon nata de coco ini jadi langsung membayangkan segelas es buah segar. Ah, daripada ngiler, langsung bikin yuk!

Resep es buah melon nata de coco | via: makassar.tribunnews.com

Bahan-bahan:

  • 500 gr melon hijau, serut kasar
  • 500 gr melon oranye, serut kasar
  • 100 gr nata de coco
  • 2 sdm selasih, rendam dalam air
  • 250 ml sirup melon
  • Susu kental manis, secukupnya
  • Es serut, secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkuk saji. Beri 3 sdm melon hijau, 3 sdm melon oranye, 1 sdm nata de coco, dan 1 sdm selasih;
  2. Tambahkan es serut di atasnya. Siram dengan sirup melon dan susu kental manis secukupnya;
  3. Sajikan segera.

Whoa, aneka resep es buah di atas pada segar-segar semua, ya. Kawan Muda sudah menentukan mau bikin es buah apa buat menyegarkan tenggorokan dan pikiran?

sumber : kitamuda



loading...