1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. 7 Sungai dengan Arus...

7 Sungai dengan Arus Menantang di Indonesia, Cocok untuk Pecinta Rafting


Indonesia bisa dibilang sempurna untuk para turis yang menyukai aktivitas olahraga ekstrim. Kamu bisa mendaki gunung, memanjat tebing, berselancar di pantai, dan melakukan olahraga lainnya. Salah satu aktivitas yang paling jadi favorit adalah rafting. Menyusuri derasnya aliran sungai sembari menaiki perahu karet tentunya menjadi pengalaman luar biasa.

Untungnya, hampir semua pulau besar di Indonesia memiliki sungai-sungai dengan arus menantang dan jeram yang sempurna untuk dijadikan tempat rafting. Berikut Travelingyuk sajikan daftar tujuh sungai dengan arus paling menantang di Indonesia.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

1. Sungai Alas, Aceh

7 Sungai dengan Arus Menantang di Indonesia, Cocok untuk Pecinta Rafting
Asyiknya Rafting di Sungai Alas, via Instagram marcokurniawan

Sungai Alas mengalir dan membelah Taman Nasional Gunung Leuser yang ada di Aceh. Aliran air di sini langsuhg mengarah ke Samudra Hindia, jadi Anda para penggemar rafting akan disambut dengan arus yang begitu luar biasa dan menantang.

Bagi para pemula, disarankan untuk mengambil jalur dari Muarasitulan Kutacane ke Gelombang. Sementara bagi yang sudah ahli, bisa mencoba jalur yang lebih panjang, dimulai dari Angusan. Sebagai tambahan, pemandangan yang ada di sekitar sungai juga begitu luar biasa. Jangan kaget jika Anda nantinya tiba-tiba disambut dengan monyet atau gajah liar yang sedang minum di tepian sungai!

2. Sungai Asahan, Sumatra Utara

7 Sungai dengan Arus Menantang di Indonesia, Cocok untuk Pecinta Rafting
Derasnya aliran Sungai Asahan di Sumatra via Instagram Toba Parhitean Rafting

Jalur ini benar-benar menantang untuk para penggemar olahraga rafting. Karena arusnya yang begitu deras, Sungai Asahan sering sekali digunakan sebagai tempat untuk menggelar turnamen rafting berskala Internasional.

Sungai ini juga mendapat kehormatan sebagai sungai ketiga terbaik untuk rafting di seluruh dunia, setelah Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat. Bagi Anda yang berminat menguji nyali di sini, siapkan mental betul-betul. Pasalnya jalur Sungai Asahan membentang hingga 22 kilometer.

3. Sungai Ayung, Bali

7 Sungai dengan Arus Menantang di Indonesia, Cocok untuk Pecinta Rafting
Pemandangan Tepian Sungai Ayung dari Perahu Karet via Instagram Info Job Bali

Selain pantainya, Sungai Ayung juga menjadi salah satu destinasi favorit di Bali. Terutama bagi mereka yang mencari liburan bernuansa petualangan. Arus di Sungai Ayung sangat pas untuk para pemula, mengingat alirannya tidak terlalu berbahaya, kecuali di musim hujan tentunya.

Jalur sungai di sini membentang hingga 12 kilometer dari Payangan dan berakhir di desa Kedewatan. Sembari bertualang mengarungi Sungai Ayung, Anda akan disajikan pemandangan menawan berupa hamparan persawahan padi, lembah eksotis, dan juga kawasan hutan hijau.

4. Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

7 Sungai dengan Arus Menantang di Indonesia, Cocok untuk Pecinta Rafting
Pemandangan lokasi rafting Sungai Lamandau via Instagram Remarkasia

Kalimantan merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki banyak sungai, jadi tidak mengejutkan jika Anda bisa menemukan banyak sungai menantang di sini. Salah satu yang paling menarik ada di Sungai Lamandau, yang juga menawarkan pemandangan spektakuler.

Landskap luar biasa dengan hadirnya hutan tropis, dikombinasikan dengan arus sungai yang begitu menantang, dijamin akan membuat liburan Anda ke Borneo tak membosankan. Datanglah ke tempat ini jika kebetulan berada di Kalimantan Tengah.

5. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

7 Sungai dengan Arus Menantang di Indonesia, Cocok untuk Pecinta Rafting
Keseruan wisatawan rafting di Sungai Nimanga via Instagram Nepenthesnia

Terletak di kawasan desa Timbukar, Minahasa, Sulawesi Utara, Sungai Nimanga menawarkan petualangan yang berbeda dibandingkan dengan arena rafting lainnya. Sungai ini memiliki jeram dengan lima tingkat ketinggian yang berbeda, sungguh menantang untuk rafter manapun.

Arus di Sungai Nimanga cukup deras, hingga mungkin tidak cocok bagi mereka yang berjantung lemah. Jadi pastikan Anda punya cukup banyak energi dan adrenalin jika ingin menjajal wisata petualangan di tempat ini.

Untuk menyusuri sungai Nimanga, Anda membutuhkan waktu kurang lebih lima jam. Namun jika memang sudah kelelahan, tidak ada salahnya menepi sejenak dan beristirahat sembari menikmati pemandangan di sekitar sungai.

6. Sungai Elo, Jawa Tengah

7 Sungai dengan Arus Menantang di Indonesia, Cocok untuk Pecinta Rafting
Rafting yang begitu menantang di salah satu sudut Sungai Elo via Instagram Monangrayes

Sungai Elo terletak dekat kompleks Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Sepintas sungai ini mungkin tidak terlalu menantang bagi mereka yang sudah biasa melakoni olahraga rafting, namun aliran Sungai Elo juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sungai ini memiliki struktur bebatuan yang tidak biasa dan jeramnya juga cukup besar. Selalu jaga kewaspadaan dan utamakan keselamatan jika Anda berniat melakukan rafting di tempat ini. Total waktu untuk mengarungi Sungai Elo sekitar tiga jam.

7. Sungai Citarik, Jawa Barat

7 Sungai dengan Arus Menantang di Indonesia, Cocok untuk Pecinta Rafting
Keseruan Rafting di Sungai Citarik via Instagram Saripin

Citarik adalah sungai dengan aliran menantang yang letaknya berada di dekat sumber air panas di Gunung Halimun, Cikadang, Jawa Barat. Banyak pengalaman menarik bisa Anda dapatkan di sini, mulai dari trekking di kawasan hutan dengan pemandangan gunung api yang memukau, hingga tentu saja mengarungi derasnya aliran Sungai Citarik. Jalur di Sungai Citarik membentang hingga 15 kilometer, jadi pastikan Anda punya cukup energi untuk menjalani aktivitas ini.

Itulah daftar tujuh sungai dengan arus menantang yang cocok untuk para penggemar wisata bahari atau olahraga rafting. Bagaimana, Anda sudah siap mencoba salah satunya?

sumber: travelingyuk



loading...