1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. 7 Pertanyaan yang Sering...

7 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja


Ketika melamar kerja, kamu pasti melewati tahap wawancara. Ini tahap paling mendebarkan bagi pelamar kerja. Saat wawancara kamu akan ditanya tentang banyak hal, dan pewawancara akan menilai apakah kamu pantas bergabung di perusahaan tempatmu melamar pekerjaan atau tidak.

Maka dari itu, persiapkan dirimu dengan mencari tahu pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan saat wawancara kerja.

Dikutip dari artikel Rapller.com, berikut tujuh pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja.

1. Ceritakan tentang diri Anda

Pertanyaan yang sering ditanya pada saat wawancara

Photo: Pixabay

Mungkin pertanyaan ini terdengar sederhana. Tetapi, jangan menganggap sepele. Ceritakan pengalaman menarikmu dan tunjukkan kamu layak diterima di perusahaan itu. Ingat, jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk bercerita tentang dirimu.

2. Mengapa kami (perusahaan) harus menerima Anda?

Pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat wawancara kerja

Photo: Pixabay

Ketika pewawancara menanyakan ini padamu, kamu harus benar-benar memanfaatkannya. Tunjukan skill kamu pada pewawancara, buat dia kagum dengan keahlian yang kamu punya. Yakinkan pewawancara bahwa kamu bisa bekerja secara tim dan kamu bekerja karena ingin memajukan perusahaan, bukan sekadar mencari uang.

3. Apa kelebihan Anda?

Pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat wawancara kerja

Photo: Pixabay

Jangan berbohong ketika kamu menjawab pertanyaan ini. Jawab dengan lugas sehingga bisa menyakinkan pewawancara bahwa kamu punya kelebihan dibandungkan pelamar lain. Jawab secara spesifik tentang kelebihan kamu. Contohnya, “Mampu bernegoisasi dengan baik.” Hindari menjawab, “Mampu berkomunikasi dengan baik,” karena ini terlalu umum.

4. Apa kelemahan Anda?

Pertanyaan yang sering di tanyakan pada saat wawancara kerja

Photo: Pixabay

Saat kamu menjawab pertanyaan ini, jawablah secara diplomatis. Contohnya, kelemahanmu yaitu, “Belum terbiasa bekerja secara tim.” Lanjutkan dengan meyakinkan pewawancara bahwa kamu akan mulai belajar untuk terbiasa bekerja secara tim.

5. Mengapa Anda resign dari perusahaan sebelumnya?

Pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat wawancara kerja

Photo: Pixabay

Hati-hati saat menjawab pertanyaan ini, Inspirator. Mungkin kamu bisa mengalihkan dengan memberikan gambaran tentang apa yang menjadi fokus pengembangan karier kamu. Pewawancara tidak ingin mendengar kamu menjelekkan perusahaan kamu yang dulu.

6. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat wawancara kerja

Photo: Pixabay

Saat akan melamar kerja, kamu sebaiknya melakukan riset dulu tentang posisi yang akan kamu lamar. Jawab pertanyaan ini sesuai keahlian dan jenjang pendidikan yang kamu punya.

7. Ada pertanyaan?

Pertanyaan yang sering di tanyakan pada saat wawancara kerja

Photo: Pixabay

Biasanya pewawancara menanyakan ini di akhir wawancara. Ini kesempatan untuk kamu menanyakan informasi seputar perusahaan dan posisi yang kamu inginkan. Saat kamu memanfaatkan sesi ini dengan memberi pertanyaan, otomatis kamu terkesan antusias dengan perusahaan ini. Jadi, manfaatkan dengan baik sesi ini ya, Inspirator.

Nah, selain itu kamu juga harus perhatikan pakaian yang kamu pakai saat wawancara. InspiratorFreak punya Tips Berbusana yang Baik untuk Mendapatkan Pekerjaan yang Baik.

Kalau kamu sedang mencari info lowongan pekerjaan, sila klik di sini.

Selamat berjuang, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...