1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. 7 Destinasi Wisata Indonesia...

7 Destinasi Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup!


Membicarakan potensi wisata Indonesia memang tak ada habisnya. Tahukah kamu, Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara terbaik yang bisa dikunjungi versi Lonely Planet. Kita Muda pun enggak pernah bosan nih merekomendasikan destinasi wisata terbaik yang tersebar di lebih dari 17 ribu pulau yang ada di Indonesia.

Nah, karena destinasi wisata Indonesia yang kece itu buanyak banget, Kita Muda akan membantu kamu untuk bikin daftar prioritas destinasi wisata mana yang wajib ada di urutan atas. Ini enggak berarti destinasi wisata lain enggak bagus, ya. Karena enggak ada destinasi wisata yang enggak kece sih kalau di Indonesia. Sepakat?

Mulai dari pantai-pantai terindahnya, puncak gunung yang menakjubkan, air terjun di Indonesia juga enggak kalah epic, hingga danau-danau di Indonesia yang luar biasa indahnya, semuanya worth a visit laaah, hehe. Namun, karena menjelajahi semuanya butuh waktu lama, Kita Muda akan kasih tahu mana yang harus masuk prioritas.

Rugi sih jadi orang Indonesia kalau enggak pernah ke salah satu dari beberapa destinasi wisata ini. Penasaran di mana saja? Yuk, intip!

1. Dataran Tinggi Dieng

Lokasi: Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah | via: travel.kompas.com

Destinasi wisata yang satu ini terbilang komplit sih. Kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit ‘golden sunrise’ dari Bukit Sikunir di pagi harinya, lalu lanjutkan dengan mengunjungi Kawah Sikidang, Telaga Warna Dieng, Batu Pandang, hingga Kompleks Candi Arjuna Dieng. Nah lho, dari wisata alam, wisata sejarah, bahkan wisata budaya, semua ada di sini.

Belum lagi pemandangan alam di sini benar-benar asri dan cocok untuk menghilangkan penat. Lokasinya juga strategis dan penduduk sekitar sangat ramah pada wisatawan. Gimana? Tertarik? Buruan diagendakan liburan ke sini.

2. Danau Toba

Lokasi: Pusuk Buhit, Samosir | via: indonesiajuara.asia

Adalah salah satu danau terbesar yang ada di Indonesia dan menjadi danau terluas nomor di dunia. Dengan predikat ini, masa Kawan Muda enggak penasaran buat mengeksplor keindahannya? Ehm, jangan dikira kamu hanya menikmati keindahan Danau Toba saja, di sekitar Danau Toba terdapat banyak tempat menarik yang memanjakan mata.

Seperti Kebun Bunga Sapo Juma Tongging yang romantis, Lembah Bakkara yang menyuguhkan panoma indah Danau Toba dan sekitarnya dari ketinggian, Puncak Sidiangkat, main air di Air Terjun Situmurun, dan tentu saja mengeksplor Pusuk Buhit di Samosir yang pemandangannya mirip perdesaan Eropa!

3. Raja Ampat

Lokasi: Raja Ampat, Papua | via: bemytravelmuse.com

Siapa sih yang enggak pengin mengeksplor Raja Ampat? Raja Ampat merupakan pulau yang berada di Papua. Keindahan alam atas dan bawah laut tempat ini telah diakui di seluruh dunia.

Banyak potensi wisata alam yang menakjubkan di ujung Indonesia Timur ini. Di antaranya seperti keindahan bawah lautnya, flora dan fauna endemik, budaya, serta masih banyak lagi. Meski enggak murah buat liburan ke sana, pastikan kamu memasukkan Raja Ampat dalah daftar prioritas. Ya, minimal mengunjungi satu pulaunya saja daripada enggak ada sama sekali :”).

4. Pantai Maluk

Lokasi: Pantai Maluk, Sumbawa Barat | via: harryhermanan.blogspot.com

Nama Pantai Maluk mungkin masih asing di telinga, padahal pantai yang terletak di Pulau Sumbawa Barat ini menyimpan panorama yang eksotis, lho! Kemilau air laut yang biru, desiran ombak, bukit tinggi di sekitar pantai, serta hamparan pasir putih, benar-benar memanjakan mata.

Pantai Maluk juga terkenal dengan ombaknya yang sangat bagus untuk berselancar. Pantai Maluk bisa ditempuh dengan jalur laut dari Pulau Lombok selama dua jam. Jangan khawatir soal fasilitas karena di sini sudah lengkap fasilitasnya. Banyak penginapan  murah dan nyaman yang bisa jadi jujukanmu saat liburan ke sana.

5. Pulau Komodo

Lokasi: Pulau Komodo, NTT | via: placesandfoods.com

Kawasan Taman Nasional Komodo, NTT, adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yang tersohor di kalangan wisatawan Indonesia dan dunia. Tak hanya spesies kadal besarnya yang bikin penasaran, bentang alamnya yang indah juga menjadi alasan kenapa banyak wisatawan yang tertarik datang ke sana setiap tahunnya.

Mulai dari Pink Beach atau pantai dengan pasir pantai berwarna pink hingga mengeksplor perbukitan dan pulau-pulau lain yang ada di Labuan Bajo.

6. Danau Kelimutu

Lokasi: Danau Kelimutu, NTT | via: kadekarini.com

Danau Kelimutu adalah sebutan untuk tiga danau yang berada di dalam kawah Gunung Kelimutu. Tiga danau ini memiliki keunikan karena warnanya berbeda-beda, yaitu merah, biru, dan putih. Warna-warna danau tersebut akan berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Epic enggak sih? Karena itulah Kawan Muda wajib menyaksikan keunikannya minimal sekali seumur hidup!

Memang sih, untuk menikmati keindahan danau dengan tiga warna ini kita harus trekking dulu sekitar 15 kilometer. Tapi worth it lah karena sepanjang perjalanan kita bakal disuguhi dengan pemandangan yang indah. Nyesel, sih, kalau enggak ke sini :”)

7. Pulau Bawah

Lokasi: Pulau Bawah, Kep. Riau | via: pinterest.com

Pulau Bawah? Hemm, pulau apakah itu? Lokasinya di bawah tanah? Hehe, bukan…bukan. Pulau Bawah merupakan sebuah pulau terpencil di Kepulauan Riau. Pulau ini masuk ke dalam administrasi Kabupaten Kepulauan Anambas. Nah, kenapa kamu harus liburan ke pulau terpencil yang satu ini?

Karena Pulau Bawah menawarkan kenyamanan dan ketenangan berlibur layaknya di pulau pribadi. Oh ya, alam bawah tanahnya juga jempolan, lho, dan pulau ini menjadi salah satu spot favorit para penyelam dunia.

Bagaimana Kawan Muda? Sudah memantapkan niat untuk menjelajahi destinasi wisata Indonesia yang masuk dalam daftar prioritas di atas? Atau kamu mungkin punya daftar prioritas sendiri? Share yuk di kolom komentar. Kali aja bisa menginpirasi Kawan Muda lainnya 😉

sumber : kitamuda



loading...