1. Home
  2. /
  3. Terpana, Terpukau
  4. /
  5. 6 Hal yang Harus...

6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menonton 13 Reasons Why Season 2


Sudah pada tahu ‘kan tentang 13 Reasons Why? Ini adalah serial televisi yang pernah menjadi kontroversi karena mengangkat isu yang dianggap sensitif seperti perundungan, pelecehan seksual, hingga perbuatan melukai diri sendiri. Setelah satu tahun lebih sejak kemunculan season perdananya, tepat pada tanggal 18 Mei kemarin kamu bisa menonton kembali kisah Clay Jensen (Dylan Minnette) dalam mengungkapkan alasan dari kasus yang terjadi pada Hannah Baker (Katherine Langford).

Sebelum kita mulai membahas sedikit tentang kelanjutan serial ini, ada sedikit peringatan dari saya, kalau mungkin saja pada pembahasan kali ini terselipkan beberapa cerita yang mungkin bisa dianggap sebagai spoiler. Jadi hati-hati ya.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Tanpa basa-basi lagi, saya akan memberikan beberapa hal yang harus kamu tahu soal 13 Reasons Why di musim keduanya.

1. Kamu Gak Boleh Menonton Serial Ini

Sebelum kamu berencana menonton musim kedua dari 13 Reasons Why, ada baiknya kamu mendengarkan saran yang diberikan para pemeran serial tersebut: kamu gak boleh menonton serial ini!

via pride.com

Kenapa? Sama seperti di musim perdananya, serial ini tentunya akan kembali mengangkat isu yang cukup sensitif. Seperti yang dijelaskan oleh pemeran karakter Jessica, Alisha Boe, “Jika kamu sedang berjuang melawan kondisi tersebut (isu sensitif), serial ini mungkin tidak tepat untuk kamu.”

Jadi bagaimana sebaiknya? Untuk kamu yang kebetulan punya masalah serupa seperti yang digambarkan dalam 13 Reasons Why, saya juga tetap nggak menyarankan kamu untuk menonton musim keduanya.

Alasannya, karena kamu bakalan disuguhkan cerita yang bisa menyentuh sentimen pribadi. Mungkin ini kedengarannya berlebihan, tapi keseluruhan cerita di musim kedua 13 Reason Why akan lebih mengeksplorasi apa yang terjadi setelah kasus Hannah Baker dan bagaimana tokoh-tokoh yang terlibat dalam kasus tersebut berjuang untuk diri mereka sendiri. Penasaran? Ya, saran saya pasti gak akan mempan bagi kamu yang memang orangnya penasaran.

– Advertisement –

2. Banyak karakter baru yang diperkenalkan

express.co.uk

Sebelum penanyangannya, kita sudah diperkenalkan dengan beberapa karakter, seperti Scott Reed (Brandon Butler), Chloe (Anne Winters), Cyrus (Bryce Cass), Mackenzie (Chelsea Alden), Caleb (RJ Brown), dan Nina (Samantha Logan). Apa saja peran mereka di serial ini nantinya? Tentunya mereka akan membantu tokoh yang sebelumnya ada di season dua. Meskipun peran mereka baru diperkenalkan di musim kedua ini, tapi mereka akan masih terikat dengan masalah yang terjadi di musim pertama.

3. Hannah sudah tidak ada

via digitalspy.com

Melalui musim perdananya, kamu tentu sudah tahu bahwa Hannah memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dan meninggalkan jejak mengenai alasan-alasannya melalui kaset yang ia rekam. Ya, kali ini kita sudah tahu kalau Hannah sudah tidak ada. Lantas apakah Hannah nggak akan muncul kembali? Tenang saja, Langford, aktris pemeran Hannah, masih tetap ada kok.

Meskipun begitu, di season kedua ini Hannah nggak memiliki porsi yang besar dalam cerita. Mungkin hanya muncul sebatas flashback ke kehidupan sebelum dia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Namun, tentunya Hannah masih mempunya andil yang besar dalam mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi, khususnya nanti saat beberapa tokoh yang terlibat atas kematian Hannah bersaksi di pengadilan.

Wah, jadi spoiler nih! Tenang dulu, itu hanya gambaran besarnya. Yang jelas Hannah akan menjadi hantu yang hanya bisa dilihat oleh Clay Jensen, seperti yang bisa kamu lihat di trailer.

4. Mereka yang Bersaksi Adalah Pelakunya

 

via digitalspy.com

Sepertinya sub-judul di atas agak berlebihan. Jangan diartikan secara harafiah. Saya pun nggak akan mengaitkan peran pelaku atas terjadinya peristiwa yang dialami Hannah.

Di akhir episode musim pertama kita diberikan beberapa petunjuk mengenai nasib tokoh yang terlibat dalam kasus Hannah, seperti Alex Standall (Miles Heizer) yang berusaha pulih setelah percoaan bunuh diri; Justin (Brandon Flynn) yang memilih untuk meninggalkan kota; dan Jessica (Alisha Boe) yang absen selama persekolahan.

Di musim kedua, cerita akan lebih berfokus pada persidangan yang melibatkan tuntutan dari keluarga Baker kepada Liberty High mengenai kasus kematian Hannah Baker. Selain itu kamu bakalan bisa lebih mengenal tokoh-tokoh yang disebutkan oleh Hannah.  Melalui kesaksian dari tokoh-tokoh tersebut kamu bakal diajak untuk mengetahui alasan lain mengenai kasus yang dialami Hannah melalui perspektif yang diberikan 13 saksi di persidangan. Yang jelas kamu bakalan bisa jadi berempati atau malah tetap membenci mereka.

5. Polaroid

via usmagazine.com

Tanpa adanya bukti kaset yang direkam oleh Hannah, terus apa yang bakalan jadi tanda untuk memecahkan kasus di musim kedua serial ini? Foto polaroid! Ya, kamera yang bisa mengambil foto secara instan ini bakalan menjadi petunjuk untuk memecahkan isu kali ini. Seperti apa cara mengungkapkannya? Yang jelas ini tidak ada hubungannya dengan game Life is Strange ya.

Dan apakah kamu tahu kalau kaset dan polaroid memiliki hubungan yang sama? Kedua benda itu adalah alat analog. Dan tentunya kamu pasti penasaran siapa pemilik polaroid itu. Tapi ingat Hannah sudah tewas ya.

6. Apa Kabar Clay Jensen?

via nymag.com

Sebagai protagonis dalam 13 Reasons Why, saya malah melupakan sosok satu ini: Clay Jensen. Di musim pertama, ia adalah salah satu orang yang dilibatkan oleh Hannah Baker atas kematiannya. Lalu apa yang dilakukan Clay di musim kedua ini? Salah satu hal yang ditunjukkan di akhir season pertama adalah Clay mulai dekat dengan Skye Miller (Sosie Bacon). Hubungan mereka bakalan berlanjut kok di season berikutnya.

Entah karena ia itu detektif atau apa, Clay dengan sense of justice-nya tentu bakal tetap menjadi orang yang menemukan cara untuk memecahkan teka-teki, khususnya kasus perundungan dan pelecehan seksual yang terjadi di sekitarnya. Selain itu ingat juga kalau Clay bisa melihat arwah Hannah. Apa ada hubungan antara kemampuan Clay melihat arwah Hannah dengan rasa keadilan yang dimilikinya?

Apa kamu tertarik buat menonton season kedua ini? Atau jangan-jangan kamu sudah menontonnya? Kasih pendapat kamu dong soal 13 Reasons Why season dua.

Dan buat kamu yang belum pernah nonton sama sekali dari season pertamanya… Hmm, kayaknya kamu tahu apa yang harus dilakukan bukan? Tonton deh, mungkin saja kamu jadi ketagihan.

Editor’s Pick

  • 11 Fakta Yang Bikin Heath Ledger Layak Disebut Pemeran Joker Terbaik Di Film Batman
  • Lagi Rame, Nih! Ngerasa Nggak Kalau Ada yang Aneh Dengan Poster Film Skyscraper ini?
  • Inilah 15 Kandidat Film Terbaik 2018 Yang Wajib Kamu Tonton

 

– Advertisement –

sumber: selipan



loading...