1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. 6 Fakta Meditasi yang...

6 Fakta Meditasi yang Mungkin Kamu Harus Tahu. Katanya Jadi Kunci Selamatnya 12 Remaja Thailand Lho


Aksi penyelamatan 12 remaja tim sepak bola dan 1 pelatihnya yang terperangkap dalam gua di Thailand menarik perhatian dunia. Setelah lebih dari 2 minggu, keseluruhan 13 korban akhirnya berhasil diselamatkan kemarin (11/7). Di samping berbagai usaha gabungan dari militer Thailand hingga ilmuwan kelas dunia seperti Elon Musk, akhir bahagia dari kisah ini tak lepas dari sikap pantang menyerah dari ketigabelas korban untuk bisa terus bertahan hidup setelah terperangkap dalam gua selama berhari-hari lamanya. Bahkan ketika berhasil ditemukan oleh tim penyelamat, para korban dilaporkan dalam kondisi tenang dan tidak panik.

Ketenangan yang diyakini jadi kunci keselamatan korban dalam tragedi ini, sebagaimana dilaporkan The Insider, merupakan hasil didikan dari sang pelatih. Sang pelatih yang bernama Chanthawong ternyata sebelumnya adalah seorang biksu Budha dan telah berlatih jadi biksu selama 10 tahun. Termasuk latihan untuk bermeditasi. Selain membagikan makanan dan minumannya yang terbatas kepada anak-anak dan mengajari mereka untuk minum air dari dinding gua, Chanthawong mengajari anak-anak untuk bermeditasi agar tetap tenang dan bisa tetap berenergi.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Chanthawong dulunya adalah mantan biksu yang terlatih dalam bermeditasi via www.khaosodenglish.com

Bukan hanya dalam ajaran Budha saja, dunia medis juga sudah lama mengakui kehebatan dan manfaat meditasi. Apalagi setelah kisah penyelamatan anak-anak Thailand ini, yuk kulik seluk beluk meditasi bersama Hipwee News & Feature.

1. Meditasi bukan cuma duduk sila lalu memejamkan mata lho. Dibalik itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meditasi.

Ada banyak cara untuk meditasi via balancedachievement.com

Sebenarnya, meditasi sudah ada sejak tradisi agama Hindu, tetapi agama Budha mengadaptasinya. Nah, meditasi bisa dilakukan dengan banyak cara misalnya pada tradisi Tibet, digunakan mantra agar lebih fokus; pada tradisi Theravada, meditasi dilakukan dengan memperhatikan pernafasan.

2. Dasar dari meditasi ada dua yaitu postur dan pernafasan. Intinya harus nyaman dan menguasai cara bernafas yang baik.

Postur dan teknik pernafasan adalah kunci meditasi via www.bbc.co.uk

Meditasi harus dilakukan dalam kondisi yang nyaman misalnya menggunakan bantal duduk. Posisi badan harus memungkinkan diafragma perut untuk bergerak bebas ketika bernafas. Selanjutnya, fokus pada pernafasan sampai bisa merasakan udara masuk dan keluar dari tubuh. Jika fokus, maka pikiran akan lebih jernih dan segar.

3. Dengan menguasai teknik bernafas, meditasi bisa membuat lebih tenang. Pantes aja ‘kan 12 anak Thailand nggak ada yang panik walau terkurung dalam gua.

Meditasi membuat lebih tenang, pikiran jernih via spiritualityhealth.com

Ternyata, teknik bernafas ini penting banget lho. Dengan menguasai teknik bernafas, detak jantung juga jadi lebih teratur serta brbolisme menurun. Hal ini deh yang bikin tenang selama meditasi. Gimanapun, mental yang tenang penting untuk menghadapi kondisi darurat seperti anak-anak Thailand tersebut dan bantu mereka berpikir lebih jernih.

4. Teknik bernafas ini bikin konsumsi oksigen untuk badan juga lebih efisien.

Teknik pernafasan pada meditasi membuat lebih efisien dalam bernafas via www.thankyourbody.com

Ternyata, teknik pernafasan selama meditasi itu bisa membuat badan hanya membutuhkan sedikit oksigen saja untuk tubuh. Orang yang bermeditasi pun mengeluarkan lebih sedikit karbon dioksida dibandingkan dengan orang biasa. Ketika dalam gua, pastinya keberadaan oksigen terbatas, padahal udara harus dibagi untuk 13 orang. Nah, meditasi bantu mereka tetap bernafas dengan baik dalam kondisi darurat seperti itu.

5. Buat yang merasa sering stress karena ada masalah kerja atau keluarga, meditasi bisa jadi salah satu cara menghilangkannya lho.

Meditasi dulu kalau stres kerja via www.massagemag.com

Sering nggak sih tiba-tiba merasa khawatir terhadap sesuatu? Nah, kebanyakan dari kita memilih buat menghilangkan pikiran seperti itu dari kepala. Semakin dipaksa pergi, pikiran seperti itu malah makin susah hilang lho. Padahal, ada cara lain untuk mengatasinya selain dengan cara itu, yaitu dengan menerima perasaan khawatir tersebut. Meditasi adalah metode yang bisa dipakai buat membantu menerima pikiran negatif tersebut. Dengan penerimaan, stress bisa berkurang. Bahkan meditasi juga dianggap bisa menghilangkan perasaaan depresi, gelisah, bahkan rasa sakit.

6. Hebatnya nih, meditasi membuat orang nggak gampang lelah lho. Kok bisa sih?

Jadi nggak gampang lelah via www.businessinsider.sg

Ketika meditasi berhasil membuat stress hilang, detak jantung teratur, dan juga nafas lebih baik, maka orang tersebut jadi nggak gampang lelah. Orang yang rajin meditasi juga jadi lebih sehat dan nggak gampang kena penyakit lho. Nah, ini deh yang membuat anak-anak Thailand nggak kelelahan dan mudah lapar walau terkurung dalam gua.

Chanthawong, sebagai pelatih 12 anak Thailand tersebut, pantas dianggap sebagai pahlawan yang sukses membuat mereka bertahan dengan kondisi makanan dan minuman yang terbatas menggunakan cara meditasi. Ternyata, meditasi banyak manfaatnya dan bisa membantu bertahan hidup ya.

sumber : hipwee



loading...