1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. 6 Alasan Kemandirian Harus...

6 Alasan Kemandirian Harus Dilatih Sejak Dini, Karena Orang-orang Terdekatmu Tak Selalu Ada di Sisi


Manusia adalah makhluk sosial yang nggak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Contohnya ketika sakit kamu butuh dokter, ketika ban motor bocor kamu butuh tukang tambal ban, saat ingin makan bakso tapi malas untuk keluar rumah, kamu jelas butuh jasa antar makanan. Yap, kamu selalu butuh orang lain untuk menjalani hidup ini.

Tapi bukan berarti kamu harus selalu bergantung kepada orang lain terlebih orang-orang terdekatmu. Apalagi sampai merasa, santai karena orangtua, adik, kakak atau sepupu pasti membantumu. Sebab kemandirian pula yang melatih kamu agar siap kalau sewaktu-waktu harus menyelesaikan masalah sendiri. Sebab semakin dewasa, kita akan dihadapkan kepada beban atau tanggungan hidup yang semakin tinggi.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

1. Saat ini mungkin orangtua masih mampu membiayaimu, tapi kelak saat sudah menua dan tenaganya tak bisa lagi diandalkan, kamu lah tulang punggung bagi mereka

Kelak kamu yang menjadi tulang punggung keluarga via www.pexels.com

Hidup terus berjalan. Usiamu terus bertambah, begitu pula usia orangtuamu semakin bertambah tua setiap hari. Jangan jumawa karena saat ini kamu bisa hidup enak atau foya-foya karena nasib nggak ada yang tahu, siapa yang bisa menjamin usaha orangtuamu akan lancar selamanya? Belum lagi, semakin bertambah tua mereka, semakin berkurang pula tenaganya.

Dan suatu saat nanti, memang kamu lah yang akan menempati posisi tulang punggung keluarga. Karena itu, kamu sudah harus berpikir untuk mencari penghasilan sendiri. Terlebih kamu sudah dewasa, mau sampai kapan mengandalkan orangtua?

2. Sekarang mungkin hidupmu serba mudah karena banyak teman di sisi. Tapi akan tiba saatnya, satu per satu pergi dengan kehidupannya sendiri-sendiri

Ditinggalkan teman via www.unsplash.com

Semakin bertambahnya usiamu teman-temanmu akan tanggal satu per satu. Semua karena tuntutan hidup. Kamu sekarang mungkin bisa berkumpul dan seru-seruan bareng tapi pada saatnya nanti kamu akan kehilangan mereka karena kesibukan masing-masing. Selain itu kamu juga akan menemukan kenyataan bahwa nggak semua teman itu loyal. Sebab banyak kasus mengaku teman tapi dekat saat susahnya doang, saat sudah enak kamu ditinggal.

3. Karena saat kamu merantau, kemandirian jadi kunci keberhasilan hidupmu yang jauh dari keluarga dan saudara, sementara teman yang terpercaya belum ada

Mandiri via www.pexels.com

Suatu saat nanti kamu akan kuliah dan merantau. Disitulah saatnya kamu akan merasakan bagaimana hidup mandiri. Kala orangtua jauh, teman-teman masih baru, daerah yang asing, saudara nggak punya, mau nggak mau segala sesuatunya mesti kamu kerjakan sendiri. Disitulah kamu akan memahami arti penting kemandirian.

4. Apalagi di dunia kerja, tanggung jawabmu atas pekerjaan nggak bisa dilimpahkan ke orang. Semua yang telah dimandatkan atasan, mesti kamu kerjakan

Dunia kerja via www.unsplash.com

Saat kamu kerja kamu juga akan menemukan bahwa nggak ada orang lain yang bisa menolongmu saat dilanda kesulitan. Deadline pekerjaan dan tugas-tugas lainnya mau nggak mau harus kamu selesaikan sendiri karena itu tugasmu, kamu juga digaji karenanya. Mau menyerah susah sebab kamu butuh uang. Ditambah lagi cari pekerjaan baru juga nggak kalah susah karena harus berhadapan dengan banyak orang.

5. Puncaknya saat kamu menikah, tanggung jawab tak hanya kepada dirimu sendiri, tapi juga keluarga, entah suami atau istri, serta anak-anakmu kelak

Punya anak via www.unsplash.com

Puncak kesadaran bahwa kamu nggak bisa mengandalkan orang lain adalah saat kamu menikah nanti. Terutama bagi cowok, karena kamulah pemimpin rumah tangga. Mencari nafkah untuk kelangsungan hidup istri dan anak adalah tanggung jawabmu. Maka dari itu kerja keras sejak muda itu perlu. Sementara jadi istri pun dituntut harus mandiri. Memasak, membersihkan rumah, mengurus anak, dan kalau perlu bekerja. Setidaknya bisa saling bahu-membahu membangun dan mengurus rumah tangga.

6. Jangan sampai masa depanmu penuh penyesalan, karena di masa lalu waktumu dihabiskan untuk bemalas-malasan dan bergantung pada orang-orang terdekat saja

Penyesalan terlambat via www.unsplash.com

Saat kecil kamu pasti punya keinginan untuk cepat beranjak dewasa, tapi kamu merasa bahwa beranjak dewasa nggak semenarik yang kamu bayangkan dulu. Tantangan hidup semakin banyak dan mau nggak mau kamu harus menghadapinya sendiri. Maka dari itu penting kiranya untuk melatih kemandirian sejak dini agar ketika tanggungan semakin banyak, kamu nggak gagap menghadapinya.

Itulah hal-hal yang akan menyedarkanmu bahwa kemandirian perlu dilatih sejak dini. Sebab saat ada masalah nggak selamanya ada orang lain di sisimu untuk membantu. Supaya kamu nggak kesulitan nantinya maka melatih kemandirian akan memudahkanmu mengatasinya nanti.

sumber : hipwee



loading...