1. Home
  2. /
  3. Terpana, Terpukau
  4. /
  5. 5 Tantangan Terberat Yang...

5 Tantangan Terberat Yang Pasti Kamu Hadapi Saat Mengejar Jurusan Impian


Masa-masa menjelang kuliah merupakan masa yang bisa dikatakan cukup berat. Pasalnya, kamu sudah harus bisa memilih dan menentukan jurusan serta universitas mana yang kamu pilih untuk melanjutkan studi. Tentu perkara ini tidak mudah, jurusan yang kamu pilih harus benar-benar mampu kamu pertanggungjawabkan kelak setelah lulus nanti.

Tapi, itu bukan berarti kamu yang sudah punya jurusan pilihan bisa berleha-leha. Ada banyak tantangan yang mesti kamu hadapi dalam perjalanan memasuki jurusan impian. Apa saja tantangannya? Yuk, sekarang kita bahas bareng-bareng.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

1. Keinginan orangtua yang kurang selaras dengan cita-cita kamu

Bahagiakan Orang Tua - 5 Tantangan Terberat Yang Pasti Kamu Hadapi Saat Mengejar Jurusan Impian
via gulalives.com

Misalnya saja kamu bercita-cita sejak kecil menjadi penulis yang bisa menginspirasi semua orang. Untuk itu, kamu ingin belajar ilmu jurnalistik lebih dalam dengan mendaftar di jurusan komunikasi. Sayangnya, keinginan ini bertolak belakang dengan keinginan orangtua yang menginginkanmu menjadi seorang dokter anak. Dokter anak dipandang lebih ‘wah’ dari segi karir maupun pendapatan.

Kalau kamu mengalami hal serupa, mantapkan lagi tekad dan keinginanmu untuk meraih jurusan impian. Katakan pelan-pelan pada orang tua mengenai cita-cita dan impianmu, serta alasan kenapa kamu benar-benar ingin masuk ke jurusan impian.

Jangan lupa minta maaf pada orangtua dan berjanjilah pada diri sendiri bahwa kamu nggak akan menyesalinya di kemudian hari.

2. Pendapat orang-orang di sekitarmu

pexels photo 267582 1024x682 - 5 Tantangan Terberat Yang Pasti Kamu Hadapi Saat Mengejar Jurusan Impian
via pexels.com

Pendapat orang sekitar juga merupakan tantangan terbesar dalam meraih jurusan impian. Terkadang orang lain memiliki pendapat lain yang justru bikin kamu bingung. “Jangan memilih jurusan A karena bla bla bla,” atau, “Kok pilih jurusan B? Nanti susah cari kerja, lho.”

Berbagai pendapat tersebut memang bikin galau tingkat dewa, walaupun awalnya kamu benar-benar sudah mantap memilih jurusan tersebut. Untuk itulah kamu perlu lebih memantapkan diri lagi dengan mengkaji ulang pilihan jurusan tersebut.

Tuliskan hal-hal positif serta kekurangan yang akan kamu dapat jika masuk ke jurusan tersebut. Jika dirasa hal positif lebih banyak, nggak perlu galau lagi dengan pendapat orang. Lakukan yang terbaik menurut versimu dan kamu sendiri yang akan menuai kebaikannya kelak.

3. Pergolakan batin

pexels photo 459971 1024x682 - 5 Tantangan Terberat Yang Pasti Kamu Hadapi Saat Mengejar Jurusan Impian
via pexels.com

Sebenarnya ini kebingungan yang diciptakan oleh diri sendiri. Kamu merasakan pergolakan batin yang kuat saat memilih jurusan impian. Kamu takut jika jurusan tersebut nantinya nggak cocok dengan hasratmu, nggak sesuai ekspektasi selama ini, atau bahkan nggak bisa mewujudkan cita-cita kamu di masa depan.

Kamu juga takut kalau biaya besar yang udah kamu keluarkan selama masa kuliah nggak sebanding dengan hasil yang kamu dapatkan. Misalnya nggak bisa meraih pekerjaan impian, ‘cuma’ berakhir jadi ibu rumah tangga, atau malah menghancurkan harapan kedua orangtuamu.

Kalau ini yang kamu rasakan, ubah rasa takutmu menjadi kekuatan untuk meraih cita-cita. Rasa takut memang manusiawi dan wajar, tapi rasa takut seperti itu akan jadi momok mengerikan. Buang rasa takut jauh-jauh, dan percayalah bahwa kamu bisa sukses dengan jurusan impian yang kamu pilih.

4. Biaya

vlcsnap 2018 02 02 10h34m46s0101 - 5 Tantangan Terberat Yang Pasti Kamu Hadapi Saat Mengejar Jurusan Impian
via voteuntukimpianku.com

Biaya juga menjadi salah satu tantangan terberat dalam meraih jurusan impian. Kamu udah mantap memilih jurusan, tapi keadaan ekonomi nggak mendukung sama sekali. Kamu nggak punya bekal materi yang cukup lantaran kondisi finansial kurang mendukung.

Tenang, jangan biarkan impian kamu hancur gara-gara masalah ekonomi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat biaya untuk kuliah nggak ada tapi impian udah di depan mata, salah satunya adalah dengan mengikuti program beasiswa. Pilih beasiswa yang menyediakan biaya untuk kuliah, memberikan fasilitas selama kegiatan perkuliahan, atau memberikan uang saku guna meringankan beban selama kuliah. Contohnya kayak kisah Anisa Hanif yang berhasil melanjutkan kuliah di jurusan impiannya dengan program beasiswa.

Anisa Hanif merupakan salah satu pendaftar Fair & Lovely Bintang Beasiswa yang kini bisa menempuh studi jurusan Geologi di Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta. Awalnya ia ragu bisa melanjutkan kuliah lantaran keadaan ekonomi keluarga. Namun berkat tekadnya yang kuat meraih cita-cita, ia pun berhasil mendapatkan beasiswa dari Fair & Lovely Bintang Beasiswa. Keren banget, ya!

Fair & Lovely Bintang Beasiswa bekerja sama dengan Hoshizora Foundation menyediakan beasiswa untuk remaja perempuan yang hendak melanjutkan mimpi untuk duduk di bangku perkuliahan. Program ini bertujuan untuk memberdayakan kaum perempuan kurang mampu supaya tetap bisa meraih cita-cita setinggi langit. Jika kamu tertarik dengan beasiswa ini, klik di sini untuk info lebih lanjut.

5. Kemampuan diri sendiri

pexels photo 256455 1024x776 - 5 Tantangan Terberat Yang Pasti Kamu Hadapi Saat Mengejar Jurusan Impian
via pexels.com

Tantangan lainnya adalah kemampuan diri sendiri yang dirasa kurang mumpuni untuk diterima di jurusan impian. Ada persayaratan khusus yang wajib dipenuhi untuk jurusan-jurusan tertentu, misalkan jurusan kedokteran yang harus mantap di hitungan dan kuat hafalan, atau jurusan arsitektur yang nggak boleh lemah dalam menggambar.

Kalau dirasa kemampuan kamu kurang, berusahalah semaksimal mungkin. Jangan malas untuk terus belajar dan menggali lagi potensi diri sendiri hingga layak diterima di jurusan yang diinginkan. Catat nilai batas yang harus kamu tembus untuk meraihnya, dan yakinkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa.

 

Memang tantangan akan selalu ada di mana-mana. Tapi ketika mental kamu kuat, maka tantangan seberat apa pun akan kamu lalui dengan sukses. Seperti Anisa Hanif, kisahnya telah membuktikan bahwa keadaan bukanlah keterbatasan untuk meraih cita-cita. Siapapun berhak bermimpi dan mewujudkanya, salah satunya dengan melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi melalui program Bintang Beasiswa dari Fair & Lovely. 

26733683 937952479697036 2135663254393792838 n - 5 Tantangan Terberat Yang Pasti Kamu Hadapi Saat Mengejar Jurusan Impian

Setelah berhasil mengantarkan 50 siswi berprestasi untuk melanjutkan mimpi mereka ke jenjang pendidikan tinggi, kini Fair & Lovely Bintang Beasiswa memasuki tahun keduanya. Nah, buat kamu yang terpacu ingin meraih impian seperti Anisa Hanif dkk, pendaftaran Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2 ini akan dibuka sampai 31 Maret 2018, lho! Untuk pendaftaran dan info selengkapnya, dapat mengunjungi www.voteuntukimpianku.com.

Share informasi ini di media sosial dengan hashtag #VoteuntukImpianku dan #FALBintangBeasiswa, agar setiap orang tahu kesempatan emas ini. Raih cerahmu dan wujudkan cita-cita bersama Fair and Lovely Bintang Beasiswa!

sumber: selipan



loading...