1. Home
  2. /
  3. Terpana, Terpukau
  4. /
  5. 5 Rekomendasi Film untuk...

5 Rekomendasi Film untuk Kamu yang Merasa Punya Jiwa Hipster


Apa sih yang ada di benak kamu ketika mendengar kata ‘hipster’? Orang aneh dengan penampilan yang cukup nyentrik, atau orang yang nggak tertarik dengan sesuatu hal yang umumnya disukai banyak orang? Mungkin kamu punya definisi sendiri mengenai hipster, tapi bagaimana jika hipster dikaitkan dengan dunia film?

Ada beberapa film yang pernah mengangkat budaya hipster melalui tokoh yang ada di dalamnya. Misalnya 5 film yang bakal dibahas sekarang. Berkat keunikan yang ditampilkan oleh sosok hipster, 5 film ini justru mengubah imej hipster yang menyebalkan dan aneh menjadi unik dan keren. Dan saya yakin jika kamu menyukai hal berbau hipster, kamu bakal tertarik buat menontonnya.

1. Me and Earl and the Dying Girl (2015)

via cinematografo.it

Apa jadinya jika kamu dipaksa untuk menemani sahabat semasa kecil yang sudah nggak akrab sama sekali? kamu pasti merasa kikuk dan canggung untuk memulai obrolan. Nah, pengalaman tersebut juga dirasakan oleh Greg Gaines dalam Me and Earl and the Dying Girl.

Greg Gaines (Thomas Mann) adalah seorang pemuda pesimis yang canggung dan sulit bergaul. Walaupun sifatnya itu terlihat cukup menyedihkan, tapi di mata Rachel Kusher (Olivia Cooke), salah seorang teman sekolahnya yang menderita penyakit leukemia, Gaines dianggap punya keunikan.

Selain punya jalan cerita yang bikin kita bersimpati pada karakternya, film ini juga menampilkan keunikan lain yang pastinya cocok bagi moviegoer kayak kamu. Bersama sahabatnya, Earl, Greg Gaines sering membuat parodi dari film cult. Jadi nggak cuma menonton, lewat Me and Earl and the Dying Girl kamu juga bakal diajak untuk menebak apa kiranya judul film yang diparodikan oleh Gaines dan Earl.

2. Almost Famous (2000)

via eventcartel.com

Kamu pasti merasa sangat jengkel kalau orang lain menganggap diri kamu berbeda (dalam artian negatif). Apalagi akibat hal itu, kamu jadi kesulitan berbaur dengan teman sebaya. Tapi bagi William Miller (Patrick Fugit), cobaan tersebut justru melecut semangat dirinya untuk menjadi orang yang lebih baik.

Berbekal minatnya pada musik rock, Miller yang masih berusia 15 tahun bertekad mengejar mimpinya untuk menjadi penulis artikel musik rock. Mimpinya yang cukup unik ini justru memberi dia pengalaman yang nggak bisa dilupakan. Bayangkan saja anak berusia 15 tahun menyusup ke dalam kehidupan rockstar yang glamor hanya untuk menulis satu artikel.

– Advertisement –

Saya waktu umur 15 tahun belum kepikiran buat nulis, apalagi nulis tentang musik rock. Gila nih si Miller.

3. Donnie Darko (2001)

via looper.com

Budaya hipster sepertinya nggak pernah bisa lepas dari kehidupan remaja. Dan kamu bisa melihat fenomena tersebut lewat kepribadian Donnie Darko (Jake Gyllenhaal).

Darko diceritakan sebagai seorang murid SMA yang pintar, tapi juga punya kepribadian yang nyentrik dan kelam. Karena sifatnya yang unik ini, Darko kemudian berubah menjadi seorang pembangkang dan dalang dari beberapa kasus yang terjadi di sekitarnya.

Donnie Darko menampilkan sesuatu yang sulit untuk dijelaskan. Bahkan kamu perlu membuat teori dan asumsi lho selama menonton film ini. Tapi hal itulah yang justru jadi daya tarik film ini, apalagi jika kamu menyukai hal bersifat ilmiah dan berbeda dari yang lain. Yup, it’s all about hipster things.

Editor’s Pick

  • Wow! Ternyata Adegan di 5 Film Ini Punya Versi Berbeda di Sejumlah Negara
  • 4 Film Science Fiction Yang Dibuat Berdasarkan Kebohongan Ilmiah, Moviegoer Wajib Tahu!
  • 7 Tokoh Jahat Di Film Horor Yang Seharusnya Bisa Dikalahkan Dengan Mudah Oleh Karakter Protagonisnya
  • Mau Tahu Gimana Cara Pembuatan Anime? Yuk, Kita Intip Langkah-langkahnya

4. The Perks of Being Wallflowers (2012)

via nytimes.com

Wallflower adalah sebutan bagi siswa yang sulit berbaur dengan temannya di sekolah. Kata ini awalnya ditujukan pada mereka yang hanya duduk di sudut ruangan kala mengikuti acara prom night.

Sama seperti judulnya, film ini menampilkan Charlie (Logan Lerman), seorang remaja introvert yang kesulitan untuk berteman dengan murid lain di sekolah. Namun pribadi Charlie yang awalnya tertutup berubah sedikit demi sedikit setelah dia berteman dengan dua seniornya, Sam (Emma Watson) dan Patrick (Ezra Miller).

Berbeda dengan film lain yang menonjolkan kepribadian tokoh hipster yang unik, film ini justru memoles segala perbedaan dari para karakternya menjadi sesuatu yang bermakna. Salah satunya adalah persahabatan dan arti dari kehidupan. So sweet ‘kan?!

5. Her (2013)

via doomrocket.com

Apa jadinya jika seseorang jatuh cinta bukan pada manusia? Terasa aneh atau menarik?

Her adalah film yang menyajikan konsep hubungan asmara antara manusia, diwakili Theodore Twombly (Joaquin Phoenix), dan intelegensi artifisial/kecerdasan buatan, diwakili Samantha (diisi suaranya oleh Scarlett Johansson). Dengan cerita yang berpusat pada hubungan antara manusia dan AI, mungkin ada sebagian di antara kamu yang merasa film ini membosankan, atau bahkan aneh.

Tapi seiring berjalannya waktu, kamu bakal menemukan bagaimana hubungan mereka itu didasari oleh romantisme. Ya, melalui film ini, kamu akan diajak untuk memandang sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Mungkin kamu bakal lebih memahami kenapa ada orang di dunia nyata yang menikahi karakter 2D.

Jadi hipster itu memang nggak mudah. Gimana nggak, toh hispter sendiri punya beberapa definisi yang berbeda satu sama lain. Apa kamu sendiri merasa seorang hipster?

– Advertisement –


sumber: selipan



loading...