1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. 5 Kenapa Rambut Bercabang...

5 Kenapa Rambut Bercabang Harus Dipotong, Ini Dia Alasannya!


Memiliki rambut rusak dan susah untuk diatur menjadi salah satu permasalahan yang bisa sangat mengganggu penampilan. Contohnya saja jika memiliki rambut yang bercabang biasanya akan disertai kondisi rambut yang kering, kusam, kaku dan sangat susah diatur. Jika penampilan wajah sudah maksimal, kondisi rambut seperti ini bisa menurunkan penampilan dan membuat kurang percaya diri. Selain melakukan cara merawat rambut bercabang dan kering dengan menggunakan hair care, cara lain yang direkomendasikan untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong ujung rambut. Pada artikel ini akan diulas mengenai beberapa alasan kenapa rambut bercabang harus dipotong, antara lain adalah:

1. Untuk menghilangkan bagian yang bercabang

Styling, pewarnaan, ketidakcocokan penggunaan haircare merupakan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab rambut bercabang dan rusak. Rambut bercabang biasanya akan muncul di beberapa atau malah keseluruhan ujung batang rambut, sehingga dengan memotong bagian batang rambut yang bercabang menjadi salah satu cara untuk menghilangkan cabang di ujung rambut. Sehingga ujung batang rambut menjadi tampak normal kembali tanpa ada bagian yang bercabang.

2. Membantu mengatasi kerusakan rambut

Bercabangnya ujung rambut, tidak hanya merusak ujung-ujung batang rambut saja namun juga bisa merusak keseluruhan batang rambut. Rambut bercabang bisa menyebabkan kerusakan pada batang rambut jika segera tidak diatasi, salah satunya dengan cara memotong ujung rambut. Rambut akan mengalami penurunan kemampuan untuk menyerap vitamin yang dibutuhkan, sehingga akan rusak dan terlihat sangat tidak sehat. Selain memotong ujung batang rambut yang bercabang, juga dapat dilakukan cara tradisional merawat rambut bercabang seperti menggunakan masker alami dari pepaya, minyak zaitun dan lain sebagainya.

3. Menghindari penipisan batang rambut

Ketika ujung rambut bercabang dapar mengakibatkan batang rambut membelah secara keseluruhan, sehingga batang rambut akan menjadi menipis. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa rambut bercabang harus dipotong ujungnya. Jika bagian batang rambut yang memiliki cabang hilang, maka sisa batang rambut juga akan berhenti untuk membelah dan menjadi tipis. Selain dipotong, sebaiknya juga dibantu dengan menggunakan pelembab atau conditioner rambut secara rutin dan telaten.

4. Mencegah rambut rontok

Batang rambut yang menipis bukan menjadi akhir dari akibat rambut bercabang dan kering. Jika batang rambut terus menipis maka dapat menyebabkan jaringan rambut rusak, pada akhirnya akan rontok. Walaupun kemungkinannya tidak begitu besar, jika kerontokan terjadi terus menerus lama-lama juga akan menyebabkan kebotakan ringan di beberapa bagian rambut. Sehingga dengan memotong bagian rambut yang bercabang secara rutin, secara tidak langsung juga dapat meminimalisir terjadinya kerontokan wambut.

5. Mencegah rambut kering dan kusam

Rambut yang bercabang jika tidak dipotong dan dirawat, akan membelah bahkan bisa sampai pangkal rambut. Jika rambut dibiarkan maka nutrisi dari produk-produk haircare juga akan kesulitan untuk diserap rambut karena terjadi kerusakan pada jaringan rambut. Sehingga dengan memotong bagian batang rambut yang mencabang juga menjadi salah satu cara merawat agar rambut tidak bercabang secara tidak langsung. Selain memotong ujung rambut bercabang, juga dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan biotin atau folic acid seperti jeruk atau gandum untuk mencegah rambut menjadi kering dan kusam.

Demikian beberapa informasi mengenai beberapa alasan kenapa rambut bercabang harus dipotong, yang ternyata bisa membantu pencegahan berbagai masalah rambut seperti di atas. Semoga bermanfaat.

The post 5 Kenapa Rambut Bercabang Harus Dipotong, Ini Dia Alasannya! appeared first on KlinikKecantikan.co.id.

sumber : klinikkecantikan



loading...