1. Home
  2. /
  3. Terpana, Terpukau
  4. /
  5. 5 Judul Azab Paling...

5 Judul Azab Paling Epik yang Pernah Ada di Dunia FTV Indonesia


via pluckme.com

Bagi sebagian masyarakat, menonton televisi masihlah menjadi hiburan utama di kala penat melanda atau setelah seharian beraktivitas. Dan sinetron dan FTV masih menjadi favorit. Walaupun terkadang jalan ceritanya aneh dan konfliknya tak habis-habis, tapi itu semua nggak jadi soal.

Belakangan ini banyak acara FTV (Film Televisi) yang dikemas secara serial dalam satu judul utama tertentu. Kalau dulu FTV banyak diisi oleh judul-judul berbau komedi romantis yang banyak menggunakan kata “kandang bebek”, “pembantu cantik”, atau “cowok kaya”…

… Tapi sekarang nampaknya tren sudah berubah. Banyak FTV yang sekarang berlomba-lomba menampilkan azab. Ya, maksudnya sih mungkin baik. Mungkin mereka ingin menyampaikan bahwa apa pun yang kita lakukan di dunia fana ini, pasti bakal ada konsekuensinya. Tapi karena judulnya seringkali terlalu, euurh… bombastis, kabarnya KPI sudah memberikan teguran pada FTV semacam ini.

Dalam formulanya sendiri, biasanya si penulis menghubungkan suatu karakter dengan azab yang (menurut mereka) sesuai dengan tingkah lakunya. Bahkan tak jarang azab yang diberikan pun berkali-lipat lho. Makanya jangan heran kalau ada acara FTV judulnya Dobel Azab.

via Indosiar

Dari sekian azab yang ditampilkan FTV, saya ingin berbagi 5 macam azab yang menurut saya paling epik dan cerdas dalam sejarah pertelevisian kita. Mari kita mulai dengan…

1. Suka Mencuri Uang Istri, Jenazah Suami Liang Lahatnya Dipenuhi Timah

Wah… punya suami malas saja, seorang istri pasti dibuat kesal ‘kan? Apalagi kalau punya suami yang sering mencuri uang hasil kerjanya!? Kamu nih para cewek, jika punya suami kayak gitu, apa yang bakal kamu lakukan? Didoain biar berubah apa minta cerai?

Nah, di FTV ternyata ada lho azab bagi suami yang suka mencuri uang istrinya. Ngeri lagi azabnya. Coba bayangkan saja, pas si suami meninggal, liang lahatnya dipenuhi timah!

Lha, kenapa mesti timah? Selidik punya selidik, ternyata pekerjaan si suami adalah tukang reparasi alat elektronik. Tapi setiap alat elektronik yang ia betulkan selalu rusak lagi, karena nggak pernah dibetulkan dengan baik. Nah, timah ini konon berasal dari kabel-kabel alat elektronik yang ia reparasi.

Kalau profesi si suami tukang cendol, kira-kira liang lahatnya dipenuhi apa ya?

2. Akibat Tamak, Suamiku Tenggelam dalam Gentong Minyak Jelantah dan Makamnya Jatuh ke Jurang

Azab yang kedua masih seputar suami. Kalau di poin pertama ada suami yang suka mencuri uang istri, di azab kali ini si suami diceritakan sebagai sosok yang tamak. Azab seperti apa yang menimpa suami yang tamak?

Saya cerita dulu ya. Namanya Dadang. Semasa hidupnya ia adalah seorang tukang gorengan yang tamak dan bersikap curang dengan menjual makanan yang dimasak dengan bahan-bahan nggak layak pakai.

Dan sudah bisa ditebak, akhirnya Dadang diuber-uber warga karena menjual gorengan yang tidak layak untuk dikonsumsi. Ketika dikejar oleh wargalah ia berinisiatif untuk bersembunyi di rumah makan. Di situ, ia tak sengaja terpeleset dan tercebur ke sebuah gentong minyak jelantah, sebelum akhirnya wafat.

Tuh, jadi setiap azab yang menimpa memang selalu ada hubungan dengan profesinya ya?

3. Terjebak di Dalam Sumur Tua dan Kakinya Buntung Akibat Menjual Tahu Formalin

Azab ketiga tak kalah epiknya, yang kali ini menimpa Dani, seorang penjual tahu formalin. Semua itu bermula saat Dani yang sedang senang-senangnya menghitung duit, didatangi pelanggan ke rumahnya. Ada apa gerangan? Ternyata Dani ketahuan menjual tahu formalin.

Dani pun kabur meski istrinya berusaha menghadang warga di depan rumah. Panik dikejar warga, Dani akhirnya terperosok ke sebuah sumur tua. Di dalam sumur itu pula ia hidup bahagia selamanya dengan seorang putri cantik pewaris mahkota kerajaan…

Nggak lah! Setelah jatuh ke dalam sumur, kaki Dani patah. Khusus azab ketiga ini, saya masih berpikir hubungan tahu formalin dengan kaki buntung.

4. Provokator Penjarahan Saat Bencana Gempa, Jenazahnya Remuk dan Hancur Ditelan Bumi

Jika di poin sebelumnya profesi orang yang terkena azab masih cenderung umum, di azab keempat ini sepertinya inspirasinya berasal dari peristiwa kekinian. Kali ini azab akan menimpa seorang provokator penjarahan saat bencana gempa terjadi. Ini memang sudah keterlaluan sih kelakukannya. Jadi penasaran gimana azabnya.

Diceritakan seorang lelaki bernama Rudi yang telah lama merantau balik ke kampungnya. Di sana, Rudi ingin melamar Wati dan menikahinya. Namun sayang, Wati sudah menikah dengan Ridwan sejak Rudi merantau ke kota. Ridwan adalah orang sukses yang memiliki banyak toko, peternakan, dan perkebunan.

Rudi pun jadi dianggap pecundang oleh warga di kampungnya. Tak tinggal diam, Rudi mencari cara untuk membuat Ridwan hancur. Nah, dari sini lah ia tertarik jadi provokotar penjarahan, meski akhirnya ia sendiri yang ditelan bumi. Hmm… sedih ya?

5. Jenazah Penjual Gas Keliling Culas Berbau Aneh dan Membesar hingga Sulit Dikuburkan

Azab yang tertera di judulnya mungkin terdengar biasa. Tapi tahukah kamu di FTV ini ada adegan puluhan tabung gas beterbangan menimpa keranda jenazah. Jadinya FTV ini diplesetin banyak netizen menjadi “azab yang hidupnya sering nge-gas”. Hahah

Lalu siapa gerangan orang yang tertimpa puluhan tabung gas ini? Dia adalah Anwar, seorang penjual gas keliling yang mempunyai sifat culas dan malas. Anwar ini orang yang maunya hanya kerja santai, tapi berharap penghasilannya banyak. Anwar juga sering mencuri tabung kosong milik agen besar untuk ia jual sendiri. Yang parahnya lagi, Anwar juga tega memfitnah rekan kerjanya yang telah mencuri tabung gas milik agen besar.

Oke, mungkin ada beberapa di antara kamu yang berpikir kalau azab itu adalah sesuatu yang bisa terjadi dan nggak pantas untuk dijadikan bahan candaan. Saya sepenuhnya setuju. Dan karena itu dalam tulisan ini saya pun nggak memungkiri azab.

Tapi di sisi lain, di mana ada asap di situ ada api. Dengan banyaknya FTV yang mengangkat tema azab, otomatis saya pun jadi tertarik untuk mengangkat dan memilih azab yang menurut saya paling epik dalam FTV. Pada intinya, saya nggak punya sedikit pun niat untuk mempermainkan azab. Okay?

– Advertisement –

sumber: selipan



loading...