1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. 5 Bangunan yang Dibuat...

5 Bangunan yang Dibuat Untuk Mengabadikan Kisah Cinta Si Pembuatnya


Cinta memang punya kekuatan yang mampu menggerakkan hati anak manusia. Banyak kisah hebat yang lahir dari perjuangan sepasang kekasih dalam menjaga api cinta tetap membara di dalam hatinya.

Tak hanya itu, bahkan ada beberapa orang yang sengaja membuat bangunan khusus sebagai monumen untuk dipersembahkan pada pujaan hatinya. Bangunan-bangunan tersebut selain indah, tentunya juga mengabadikan kisah cinta si pembuatnya. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Taj Mahal di India

Taj Mahal (simple.wikipedia.org)

Sudah bukan rahasia jika Taj Mahal di India adalah sebuah bangunan indah yang dibuat oleh Kaisar Shah Jahan untuk istrinya tercinta, Mumtaz Mahal. Monumen buatan tahun 1653 yang kini diakui sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO itu sekaligus menjadi lokasi persemayaman Mumtaz Mahal yang meninggal sewaktu melahirkan putrinya, Gauhara Begum.

2. Ashton Memorial di Inggris

The Ashton Memorial (flickr.com)

Bangunan megah yang mulai dibangun pada tahun 1907 oleh Lord Ashton ini berdiri di atas sebuah bukit di Taman Williamson, Lancaster, Lancashire, Inggris. Sang bangsawan membangun Ashton Memorial untuk istri keduanya, Jessy, yang meninggal pada tahun 1904.

3. Swallow’s Nest Castle di Krimea, Rusia

Swallow’s Nest Castle di Krimea (instagram/@a_spring_fairytale)

Kastil yang dibangun di atas tebing ini dibeli oleh seorang dokter bernama A.K. Tobin untuk sang istri sebagai bukti cintanya. Selain terletak di tempat yang eksotis, kamar tidurnya pun dibuat menghadap ke arah laut Krimea yang indah.

4. Dobroyd Castle di Inggris

Dobroyd Castle (flickr.com)

Seorang pengusaha bernama John Frieden membangun kastil Dobroyd dengan tujuan untuk melamar wanita bernama Ruth Stansfield. Keduanya menikah di tahun 1857. Sayangnya, hubungan mereka perlahan mulai merenggang karena Ruth kecanduan alkohol hingga akhirnya meninggal dunia.

5. Kuil Kodai Ji di Jepang

Kuil Kodai Ji (Instagram/@giulyaroundtheworld)

Kuil yang terletak di Kyoto, Jepang ini dibangun oleh Kita No Mandokoro untuk mengenang suaminya, Toyotomi Hideyoshi yang merupakan seorang pemimpin pemersatu Jepang dan meninggal pada tahun 1598. Mandokoro kemudian tinggal di kuil ini hingga akhir hayatnya.

sumber : inovasee



loading...