1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. 4 Situs Warisan Dunia...

4 Situs Warisan Dunia UNESCO di Thailand, Sisi Indah dari Negeri Gajah Putih


Bicara tentang destinasi wisata, tak selalu berputar dalam aspek keindahan ataupun kulinernya. Beberapa wisata juga memiliki peninggalan sejarah yang menarik untuk ditilik. Bahkan saking berharganya, PBB memiliki badan bernama UNESCO yang membuat program situs warisan dunia. Seperti situs warisan dunia UNESCO di Thailand ini.

Historic City if Ayutthaya

4 Situs Warisan Dunia UNESCO di Thailand, Sisi Indah dari Negeri Gajah Putih
Historic City if Ayutthaya via shutterstock.com

Taman bersejarah ini mencakup kota kuno Ayutthaya beserta reruntuhan. Tempat ini merupakan peninggalan abad ke-14. Namun sayangnya banyak benda-benda artistik dan berharga hilang. Pada tahun 1969, renovasi dan pelestarian reruntuhan kota kuno ini terus berlanjut. Hingga akhirnya dinyatakan sebagai taman nasional pada tahun 1976 dan dinyatakan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Thailand pada tahun 1991.

Historic Town of Sukhothai

4 Situs Warisan Dunia UNESCO di Thailand, Sisi Indah dari Negeri Gajah Putih
Historic Town of Sukhothai via thailand-guide.com

Ini adalah tempat di Thailand yang terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO. Sukhottai sendiri terdiri dari tiga taman bersejarah. Taman Sejarah Sukhothai, Taman Sejarah Si Satchanalai, dan Kamphaeng Phet Historical Park. Taman-taman ini telah berhasil memamerkan sisa-sisa tiga kota kuno di Thailand yang berkembang selama abad 13 dan 14 Masehi. Sukhotai sendiri merupakan peninggalan Kerajaan Sukhothai, kerajaan pertama yang ada di Thailand.

Thungyai-Huai Kha Khaeng

4 Situs Warisan Dunia UNESCO di Thailand, Sisi Indah dari Negeri Gajah Putih
Thungyai-Huai Kha Khaeng via pinterest.co.uk

Ini adalah situs kedua yang dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO di Thailand. Taman ini didirikan pada tahun 1974, dan merupakan bagian dari kompleks hutan tropis musiman terbesar di daratan Asia Tenggara. Suaka margasatwa ini terletak di dekat perbatasan Myanmar dan mencakup lebih dari 600.000 hektar lahan. Tempat ini berfungsi sebagai habitat alami untuk berbagai jenis hewan termasuk mamalia besar dan burung dan vertebrata darat.

Khao Yai Forest

4 Situs Warisan Dunia UNESCO di Thailand, Sisi Indah dari Negeri Gajah Putih
Khao Yai Forest via spotlight.it-notes.ru

Hutan Khao Yai merupakan situs pertama yang terdaftar di bawah Situs Warisan Dunia UNESCO di Thailand. Kompleks hutan ini memiliki luas hingga 230 kilometer persegi di dan terdiri dari Taman Nasional Ta Phraya di sepanjang perbatasan Kamboja dan Taman Nasional Khao Yai. Ada lebih dari 800 spesies fauna, 392 spesies burung dan 200 spesies reptil yang hidup dalam kawasan tersebut. Oleh karena itu, Khao Yai merupakan tempat yang dianggap penting secara internasional dalam melindungi spesies yang terancam punah dan terancam punah.

Tempat yang dinobatkan menjadi situs warisan dunia merupakan tempat dengan potensi sejarah yang besar. Seperti empat lokasi yang telah disebutkan di atas. Indonesia juga memiliki situs warisan UNESCO, teman traveler ada yang tahu di mana lokasinya?

sumber: travelingyuk



loading...