1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. 4 Kampung Warna-warni yang...

4 Kampung Warna-warni yang Cocok Banget Untuk Wisata Selfie


Kampung pelangi atau desa yang dicat khusus dengan warna-warni yang mencolok saat ini menjadi trademark beberapa daerah di Indonesia.  Berbagai warna yang enak dilihat mata begitu menarik perhatian pengunjung hingga dijadikan wisata baru. Tak hanya menyenangkan untuk ditelusuri, beberapa pemukiman berwarna ini juga cocok banget jadi latar belakang selfie!

Kampung Jodipan, Malang

Jika kamu berwisata ke Malang, jangan hanya mengunjungi Jatim Park atau Taman Selecta saja. Cobalah untuk arahkan kendaraan ke Kampung Jodipan yang berlokasi di RT 06, 07, dan 09, RW 02, Kelurahan Jodipan Kota Malang, di bantaran Sungai Brantas. Disana kamu akan dimanjakan dengan deretan rumah warna-warni yang cantik sekali jika menjadi latar belakang selfie.

Kampung Jodipan, Malang (mitraandatourbromo.com)

Kampung ini sebelumnya hanya pemukiman kumuh yang terancam digusur. Namun berkat ide brilian dari sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, komplek ini justru diubah menjadi wisata. Selain banyak spot foto nan cantik, kamu juga bisa menemukan jembatan kaca yang Instagram-able abis!

Kalisari, Semarang

Kampung warna-warni juga bisa kamu temukan di Semarang lho, tepatnya di Jalan Dr Sutomo, Kalisari. Pasar bunga yang dulu terlihat sangat kumuh ini kini telah berganti wajah menjadi cantik sehingga berhasil menarik perhatian banyak orang. Inspirasinya berasal dari Kampung Jodipan, Malang dan Code Yogyakarta.

Kalisari, Semarang (HaniSantosa – DeviantArt)

Sebanyak 232 rumah di Kalisari yang dicat beraneka warna, serta ditambahkan pula seni mural yang begitu unik di dalamnya. Lebih menariknya ada juga seni 3D yang begitu apik jika di foto. Selain itu masih banyak spot yang dijamin Instagram-able dan bisa memuaskan pengunjung yang hobi selfie.

Kampung Kali Code, Yogyakarta

Jangan hanya mengunjungi Malioboro atau Keraton saja saat wisata di Jogja. Ada satu wisata baru yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Berada di bantaran Kali Code, tepatnya di RT 01/RW 01 di sebelah selatan jembatan Gondolayu di Jl Jenderal Sudirman. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan warna-warni yang berasal dari atap dan tebok rumah yang dicat sedemikian rupa.

Kampung Kali Code, Yogyakarta (phinemo.com)

Inisiatif brilian pertama kali muncul dari seorang arsitek sekaligus pemuka agama Katolik, Romo YB Manguwijaya. Beliau bersama para mahasiswa dan relawan menata kawasan pemukiman yang mulanya kumuh menjadi layak ditinggali. Berbagai fasilitas dibuat seperti MCK, sumur dan tempat pertemuan warga.

Hingga pada tahun 2015 rumah-rumah yang ada disana dicat aneka warna sehingga mirip perkampungan di Rio de Janeiro, Brazil. Tak hanya warna yang indah, arsitektur unik yang sudah mendapat pengakuan arsitek dunia juga bisa kamu jumpai di kampung ini.

Teluk Seribu, Balikpapan

Wisata warna-warni ternyata tak hanya milik Jawa, di Jalan Persatuan RT 3 Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan pun memiliki keelokan tersendiri. Deretan rumah dari kayu kelir dicat pelangi ada juga aneka lukisan 3D yang menghiasi dinding milik warga. Ada sebanyak 250 bangunan yang diwarnai dengan berbagai macam bentuk, motif atau gambar.

Teluk Seribu, Balikpapan (Traveling Yuk)

Belum lagi diujung kampung kamu bisa menemukan banyak perahu bersandar untuk disewa. Karena sejatinya berwisata di Teluk Seribu tak hanya tentang warna dan lukisan unik saja. Kamu juga bisa menikmati keindahan hutan mangrove di sepanjang tepian sungai Manggar. Kawasan tersebut menyimpan banyak satwa unik yang bisa menarik perhatian pengunjung.

Nah itulah beberapa kampung dengan konsep warna-warni yang bisa kamu jadikan tempat selfie. Tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

sumber : inovasee



loading...