1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. 4 Cara Menghilangkan Bruntusan...

4 Cara Menghilangkan Bruntusan Dengan Teh Hijau Secara Alami


Teh hijau saat ini sangat populer sebagai bahan alami yang dapat memberikan manfaat bagi kulit, rambut dan tubuh kita. Teh hijau memiliki kandungan kafein yang rendah dan kandungan antioksidan yang tinggi. Untuk perawatan wajah, teh hijau terutama bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan segala bentuknya, termasuk bruntusan. Teh hijau juga memiliki kandungan catechin yang tinggi yang bersifat anti mikroba dan membantu untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat atau bruntusan. Selain itu teh hijau juga mengandung anti radang yang akan membantu mengurangi kemerahan dan inflamasi yang sering disebabkan karena jerawat.

Ketika dikonsumsi, teh hijau juga akan membantu mengatasi ketidak seimbangan hormon yang seringkali menjadi penyebab bruntusan dan jerawat. Antioksidan dalam teh hijau juga membantu untuk menyembuhkan bekas luka dan tanda yang seringkali tertinggal karena jerawat. Begitu juga dengan pori – pori yang tersumbat kotoran dan menyebabkan kulit wajah menjadi bruntusan, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan teh hijau sebagai toner yang efisien untuk membantu menghilangkan sumbatan di pori dan memulihkan kondisi pori kulit wajah.

Menggunakan Teh Hijau Untuk Bruntusan

Jerawat merupakan suatu masalah kulit yang sangat umum dan bisa timbul di mana saja di seluruh bagian tubuh, namun terutama akan tampak jelas pada kulit wajah. Jerawat di kulit wajah bisa beragam bentuknya, salah satunya adalah bruntusan yang berupa benjolan kecil – kecil yang ada di wajah terutama di area dahi. Teh hijau sebagai bahan alami yang memiliki berbagai keunggulan akan dapat menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah Anda. Cara menghilangkan bruntusan dengan teh hijau antara lain:

1. Toner Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk wajah yang pertama adalah sebagai toner. Toner ini akan membantu mengencangkan wajah Anda dengan menghaluskan pori – pori, melindungi kulit dengan antioksidan, menghilangkan kotoran berlebihan dan menghidrasi kulit wajah Anda, selain menjadi cara mengatasi bintik di wajah tapi bukan jerawat.

  • Siapkan pembersih wajah, teh hijau secukupnya, botol semprot, pelembab non comedogenic, dan handuk.
  • Seduh teh hijau secukupnya dan biarkan mendingin seluruhnya. Anda bisa meminumnya tanpa gula dan menyisakan secukupnya untuk dimasukkan ke dalam botol semprot ketika sudah dingin.
  • Bersihkan wajah lebih dulu dan keringkan dengan handuk.
  • Semprotkan teh hijau pada wajah dan biarkan mengering.
  • Bilas dengan air dingin dan keringkan wajah lagi.
  • Gunakan pelembab yang cocok dengan jenis kulit Anda.
  • Anda bisa melakukan cara ini dua kali sehari.

2. Teh Hijau dan Madu

Manfaat madu untuk wajah memiliki khasiat antibakteri yang membantu melawan jerawat, termasuk bruntusan. Madu juga dapat melembabkan kulit wajah dengan baik, dan juga dapat memudarkan bekas jerawat.

  • Siapkan sekantong teh hijau, madu murni satu sendok makan, air panas, pembersih wajah dan handuk.
  • Seduh kantung teh hijau dalam air mendidih selama 3 menit. Angkat kantung teh dan biarkan dingin.
  • Ketika sudah dingin, gunting kantongnya dan keluarkan teh hijau tersebut.
  • Tambahkan madu ke daun teh hijau, bersihkan dulu wajah Anda.
  • Balurkan teh hijau dan madu ke wajah dan biarkan selama sekitar 20 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan keringkan wajah. Lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

3. Teh Hijau dan Cuka Apel

Cuka apel akan membantu menyeimbangkan tingkat PH kulit dan juga membantu untuk membunuh bakteri dan menghilangkan kotoran, minyak dan make up dari wajah sementara meluruhkan sel kulit mati juga. Cuka apel juga dapat menjadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

  • Siapkan seperempat cup cuka apel, tiga perempat teh hijau seduh, pelembab, pembersih wajah, handuk, kapas dan toples kaca.
  • Seduh teh hijau secukupnya dan biarkan dingin seluruhnya.
  • Campurkan teh hijau dingin dan cuka apel lalu tuangkan ke toples kaca, simpan di lemari es.
  • Bersihkan wajah Anda dan keringkan.
  • Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan bubuhkan ke wajah Anda, biarkan mengering.
  • Gunakan pelembab setelahnya. Anda dapat melakukan perawatan ini dua kali sehari.

4. Teh Hijau dan Tea Tree Oil

Cara menghilangkan bruntusan dengan teh hijau  dan tea tree oil bisa Anda coba. Tea tree oil memiliki anti mikroba yang kuat dan efektif melawan jerawat dan juga menjadi cara menghilangkan komedo dalam 1 hari secara alami. Minyaknya menembus ke kulit Anda, memurnikannya dan menghilangkan sumbatan di pori – pori. Tea tree juga merupakan larutan yang dapat menembus kotoran dan minyak, mencegah penumpukan yang menyebabkan bruntusan di wajah, dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan akibat krim dokter.

  • Siapkan setengah cup teh hijau, 3-4 tetes minyak esensial teh hijau, kapas, pembersih wajah, pelembab dan handuk.
  • Seduh teh hijau dan biarkan dingin sepenuhnya.
  • Campur teh hijau yang sudah dingin dan tea tree oil lalu tuangkan ke dalam toples kaca, simpan di dalam lemari es.
  • Bersihkan wajah Anda dan keringkan menggunakan handuk.
  • Celupkan kapas ke dalam ramuan dan bubuhkan ke wajah Anda, biarkan mengering.
  • Gunakan pelembab setelahnya, lakukan dua kali sehari.

Cara menghilangkan bruntusan dengan teh hijau mungkin akan menemui sedikit kesulitan karena Anda perlu mendapatkan teh hijau yang berkualitas baik untuk mendapatkan khasiatnya. Hindari teh hijau yang dikemas dalam karton seperti yang banyak dijual di toko, pilihlah yang berada dalam kemasan alumunium foil yang dapat membantu mengawetkan kandungan antioksidan di dalam teh hijau. Pilih daun teh hijau yang terlihat hijau dan segar. Ketika Anda menggunakan teh hijau untuk mengatasi bruntusan, secara perlahan bruntusan akan tampak berkurang dalam beberapa hari setelahnya. Ingatlah untuk selalu menggunakan teh hijau organik jika ingin mendapatkan hasil yang efektif, karena teh hijau yang telah terkena pestisida bisa saja merugikan kulit Anda. Baca label dalam kemasan dengan teliti sebelum membeli, jangan sampai hanya tergiur harga murah dengan hasil yang kurang baik.

The post 4 Cara Menghilangkan Bruntusan Dengan Teh Hijau Secara Alami appeared first on KlinikKecantikan.co.id.

sumber : klinikkecantikan



loading...