1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. 3 Tempat Indah di...

3 Tempat Indah di Indonesia yang Diyakini Sebagai Hasil Tangan dari Para Jin


Sebagian besar penduduk di dunia memang masih mempercayai adanya mitos dan kekuatan mistis. Entah sudah terbukti ataupun tidak, yang jelas ada bangunan yang konon selesai karena bala bantuan para Jin. Bangunan atau tempat tersebut juga dianggap sebagai daerah yang memiliki kekuatan magis dan sakral.

Di berbagai belahan dunia, ada saja bangunan yang disertai embel-embel Jin atau iblis. Contohnya, Devil’s Bridge Falls Inggris yang dipercaya hasil tangan Iblis, atau Jembatan Adam di India. Ternyata bukan hanya negara luar saja yang punya bangunan seperti itu, Indonesia juga ada loh. Berikut ini Boombastis.com merangkum tempat Indah yang konon adalah hasil tangan Jin.

Masjid Tiban Turen, Malang

Kalau masjid yang satu ini pasti sudah pada tau bukan? Masjid Tiban sering sekali dikatakan sebagai bangunan yang jadi dalam semalam dan dikerjakan oleh pasukan Jin. Anggapan seperti ini muncul karena ornament masjid yang mirip dengan bangunan Timur Tengah, arsitektur yang luar biasa indahnya, jumlah tingkatan yang sangat fantastis (10 lantai) serta lokasinya yang berada di pemukiman warga.

Masjid Tiban, Malang [Sumber gambar]

Di luar cerita mistisnya, Masjid Tiban adalah sebuah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang dirancang sendiri oleh pendirinya, KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam. Menurut H Mustafa yang merupakan pengurus, masjid ini berdiri murni dikerjakan oleh manusia, atas bantuan orangtua santri serta masyarakat sekitar, takada campur tangan Jin. Hanya saja, untuk setiap ruangannya dibangun berdasar pada istikhoroh sang pendiri.

Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan adalah salah satu objek wisata paling tersohor di Yogyakarta. Candi ini adalah bangunan yang berdiri pada zaman purbakala abad ke-9 Masehi, dulu difungsikan sebagai tempat-tempat ibadah agama Hindu atau Budha dan juga sebagai tempat pemujaan dewa-dewi. Pada tahun 1991, Candi yang terletak di Kecamatan Prambanan ini masuk dalam list warisan dunia UNESCO.

Candi Prambanan [Sumber gambar]

Menariknya, ada cerita di balik megahnya Prambanan. Konon, Candi ini dibangun oleh Bandung Bondowoso dengan bantuan Jin untuk memikat hati Roro Jonggrang. Tak cukup, Roro Jonggrang meminta lagi Bandung untuk membangun seribu candi, yang pada akhirnya hanya selesai 999 saja. Candi seribu (walau hanya 999) juga letaknya masih di wilayah Prambanan.

Sumur Jalatunda, Banjarnegara

Kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang memang sangat epik. Perempuan tersebut mengajukan banyak syarat yang harus dipenuhi oleh Bandung demi mendapatkan hatinya. Bukan hanya Prambanan dan Candi  Seribu saja, Roro Jonggrang juga mengajukan Bandung untuk membangun sebuah sumur raksasa. Sumur ini terletak di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sumur Jalatunda [Sumber gambar]

Namun, walaupun namanya sumur, ia lebih tampak seperti kolam atau danau yang berada di tengah rawa-rawa. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Jalatunda. Konon, sumur ini juga dibuat Bandung Bondowoso dengan bala bantuan dari makhluk dunia lain. Si Bandung ini adalah potret laki-laki yang tak kenal menyerah  nih, eh 😀

Dari tiga bangunan di atas,ada yang jelas dibangun oleh manusia namun dikenal dengan Masjid Jin, ada pula yang terus menjadi mitos terkait keberadaannya. Jika ditelusuri secara sejarah maka ada catatan yang menyebutkan mereka dibangun oleh tangan manusia, tetapi mitos yang beredar di masyarakat juga tak kalah kuat dan dipercaya.

The post 3 Tempat Indah di Indonesia yang Diyakini Sebagai Hasil Tangan dari Para Jin appeared first on Boombastis.com | Portal Berita Unik | Viral | Aneh Terbaru Indonesia.

sumber : boombastis



loading...