1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. 3 Manfaat Melakukan Pendinginan...

3 Manfaat Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga


Sumber : http://www.suratkabar.id/

Saat berolahraga, otot tubuh akan merasa hangat akibat gerakan dan kecepatan gerakanmu. Untuk mengatasi keadaan ini, kamu perlu melakukan pendinginan setelah berolahraga, yang bermanfaat untuk meningkatkan rentang gerak otot supaya tidak robek atau terluka. Berikut lima alasan lain tentang pentingnya melakukan pendinginan setelah kamu berolahraga:

Mengurangi kelelahan otot

Sumber: lifestyle.analisadaily.com

Saat kamu berolahraga, asam laktat terbentuk di otot kamu. Tidak jarang asam laktat ini menyebabkan nyeri otot dan kelelahan. Dengan melakukan pendinginan, otot akan melakukan netralisasi dan rasa nyeri yang kamu rasakan bisa pulih lebih cepat.

Melatih fleksibilitas otot

Sumber: www.go-dok.com

Jika kamu gemar berolahraga, sangat penting untuk melatih kelenturan dan fleksibilitas otot tubuh lho, Inspirator. Hal ini akan berpengaruh seiring pertambahan usia tubuhmu; semakin bertambah usiamu, maka otot dan persendian tubuhmu juga semakin kaku dan tidak fleksibel.

Mencegah stres badan dan pikiran

Sumber: lifestyle.kompas.com

Jika kamu melakukan pendinginan setelah berolahraga, pikiranmu juga akan mendapatkan keuntungan. Kamu bisa meregangkan tubuh sambil mengatur napas dengan baik. Ketika melakukan ini kamu menyeimbangkan tubuh dengan perasaan dan pikiranmu menjadi satu.

Sebelum kamu berolahraga, ada baiknya kamu melakukan pemanasan. Begitu juga setelah selesai berolahraga, ada baiknya kamu melakukan pendinginan. Kedua hal ini harus dilakukan secara seimbang, yaitu sebelum dan sesudah berolahraga.

Pendinginan dapat kamu lakukan dengan cara santai. Hindari melakukan pendinginan dengan gerakan meloncat atau gerakan cepat lainnya. Kamu bisa melakukan pendinginan selama 3-5 menit setelah berolahraga.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...