1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. 20 Cara Menghilangkan Bekas...

20 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Tangan dengan Cepat


Hampir setiap orang memiliki bekas luka yang mereka pikir tidak ingin dilihat oleh orang lain. Untuk sebagian orang, bekas luka dapat menjadi cerita yang seru dan merupakan pembuka percakapan yang menarik, namun sebagian lainnya merasa risih dengan keberadaan bekas luka mereka, bahkan malu. Bekas luka bisa saja menjadi hal yang mengubah kehidupan dan mengingatkan kepada trauma tertentu yang sulit ditangani dalam kehidupan sehari – hari, tergantung kepada situasi yang terjadi. Apalagi jika bekas luka tersebut terdapat di bagian tubuh yang mudah dilihat, seperti tangan.

Adanya bekas luka bisa menyebabkan rasa malu karena kulit tidak mulus lagi dan mengingatkan kepada kejadian yang ingin dilupakan. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin mencari cara menghilangkan bekas luka di tangan. Salah satu cara menghilangkan bekas luka di tangan adalah melalui prosedur operasi, namun tidak sedikit orang yang enggan melakukannya karena menganggap cara tersebut terlalu rumit dan membutuhkan waktu penyembuhan yang lumayan lama.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Mengatasi Bekas Luka di Tangan

Bagi wanita yang selalu ingin memiliki kulit mulus tanpa cela, adanya bekas luka dapat menjadi satu gangguan tersendiri. Bekas luka biasanya merupakan hasil dari suatu cedera seperti goresan kecil, laserasi atau luka bakar dengan kondisi bekas luka yang tipis ataupun dengan kondisi yang lebih berat. Cara menghilangkan bekas luka di tangan antara lain :

1. Shea Butter dan Minyak Kelapa

Shea buter atau minyak kelapa dapat membuat area luka tetap lembab, gunanya untuk mencegah terbentuknya bekas luka atau mencegah bekas luka terbentuk terlalu besar, dalam, atau gatal. Kandungan asam lemak omega 3 dan antioksidan dalam kedua bahan ini telah terbukti dapat mencegah pembentukan keloid, jaringan parut dan memperbaiki kulit. Aplikasikan shea butter atau minyak kelapa dua atau tiga kali sehari ke kulit, tidak perlu dibilas sebagai cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat, serta cara menghilangkan bekas luka. Namun hati – hatilah agar tidak menempel ke bahan pakaian, karena akan meninggalkan noda.

2. Silicone Gel

Pilihan lain untuk cara menghilangkan bekas luka di tangan adalah menggunakan lembaran gel silikon, yaitu berupa lembaran lengket yang ditempel di atas luka dan dapat mempercepat penyembuhan. Cara kerjanya mirip dengan plester Band Aid yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Gel ini sudah di gunakan sejak tahun 1980an, namun efek sampingnya bisa menimbulkan reaksi alergi pada orang yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif.

3. Ekstrak Bawang

Ekstrak bawang adalah salah satu pilihan alami yang dapat digunakan karena mengandung beberapa bioflavonoid seperti quercetin, kaempferol dan cepalin. Setelah beberapa kali percobaan, disimpulkan bahwa ekstrak bawang aman dan dapat menjadi cara menghilangkan bekas luka lama dan baru setelah pemakaian selama empat minggu sebanyak satu kali sehari.

4. Lidah Buaya

Dikenal sebagai ramuan alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit, manfaat dari lidah buaya termasuk untuk cara menghilangkan bekas luka bakar minyak goreng dan cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam. Tidak hanya menenangkan kulit yang rusak, akan tetapi dapat membantu meregenerasi jaringan yang rusak dengan mempercepat proses penyembuhan. Anda dapat menggunakan gel lidah buaya asli. Gunakan dua atau tiga kali sehari. Lidah buaya juga bagus untuk cara menghilangkan bekas luka tersiram air panas.

5. Tea Tree Oil 

Tea tree oil adalam bahan alami yang biasa digunakan dalam cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, dan dengan demikian juga dapat menghilangkan bekas luka. Tea tree oil memiliki manfaat antiseptik, anti bakteri, anti jamur dan anti virus. Sangat bagus dalam menghilangkan bekas luka jenis hypertrophic secara alami dan bertahap. Ambil dua hingga empat tetes tea tree oil dikombinasikan dengan minyak kelapa dan oleskan pada area bekas luka dua kali sehari.

6. Minyak Emu

Minyak ini berasal dari lemak di bagian punggung burung Emu yang berasal dari Australia dan memiliki kemiripan dengan burung Unta. Minyak Emu kaya akan asam lemak omega 9. 6 dan 3 yang dapat menembus dalam ke kulit. Dapat mengatasi peradangan dan meminimalkan penampakan bekas luka dan mendorong kemampuan kulit untuk sembuh secara alami. Anda juga bisa mencobanya untuk cara menghilangkan keloid.

7. Cuka Apel

Cuka apel memiliki khasiat antiseptik dan merupakan perawatan yang bagus untuk bekas jerawat. Dan karena cuka apel dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, maka cuka apel juga dapat membantu memudarkan bekas luka. Campur cuka apel secukupnya dengan sedikit air dan madu, lalu oleskan pada bekas luka menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas, lakukan 2-3 kali dalam sehari.

8. Lemon

Lemon mengandung fungsi AHA untuk kulit dan manfaat AHA untuk kulit yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, membantu kulit baru tumbuh, dan mengembalikan elastisitas kulit. Sebagai pemutih alami, lemon dapat membantu mencerahkan bekas luka.

  • Bersihkan area di sekitar bekas luka lebih dulu.
  • Campurkan satu sendok teh air lemon dan celupkan kapas didalamnya
  • Gosokkan kapas pada bekas luka, biarkan 10 menit lalu bilas.

Perhatikan pula efek samping lemon untuk kulit yang dapat membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

9. Madu

Madu murni juga dapat menjadi cara menghilangkan bekas luka di tangan. Manfaat madu untuk kulit dapat digunakan sebagai pelembab luka dan merangsang pembentukan jaringan baru.

  • Campur dua sendok makan madu murni dengan dua sendok makan baking soda
  • Pijat bekas luka selama 3 menit dengan ramuan tersebut
  • Tempelkan waslap hangat pada bekas luka. Ketika sudah dingin, gunakan untuk membersihkan area kulit.

10. Amla

Amla atau Indian Gooseberry merupakan sumber vitamin C yang bagus dan paling efektif apabila dioleskan pada area luka yang baru terbentuk, dengan mencegah pembentukan jaringan parut pada kulit. Amla bisa ditemukan dalam bentuk bubuk. Anda dapat membuat pasta amla sendiri di rumah dengan mencampurkan bubuk amla dengan air atau minyak zaitun. Pijat pada kulit yang berbekas luka dan bersihkan.



11. Mentimun

Mentimun mudah ditemukan dan harganya juga tidak mahal, dan pada umumnya digunakan untuk membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal. Selain itu mentimun tidak bersifat asam dan tidak menyebabkan iritasi kulit.

  • Kupas sebuah mentimun, buang bijinya dan hancurkan dengan 4-5 lembar daun mint di dalam blender.
  • Kocok putih telur secara terpisah dan tambahkan pada jus mentimun.
  • Oleskan pada bekas luka dan biarkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan gunakan handuk bersih untuk mengeringkan.
  • Mentimun juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit mengelupas.

12. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan K, yang efektif untuk memudarkan bekas luka dengan cepat. Virgin olive oil terutama mengandung tinggi antioksidan serta memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi, yang dapat membantu memudarkan bekas luka.

  • Gosokkan sekitar satu sendok makan minyak zaitun kepada bekas luka, sesuaikan dengan ukuran bekas luka.
  • Pijatkan minyak pada bekas luka selama lima menit, lalu diamkan selama 10 menit.
  • Bersihkan dengan waslap bersih.

13. Cocoa Butter

Gunakan cocoa butter setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Gosokkan pada area bekas luka, dimulai sejak kulit bekas keropeng sudah mengelupas. Anda tidak perlu mencucinya karena cocoa butter akan menyerap ke dalam kulit. Cocoa butter kerap kali ada di dalam krim penghilang stretch mark dan digunakan untuk penghilang bopeng dengan cepat.

14. Minyak Vitamin E

Manfaat vitamin E untuk kulit yaitu akan menenangkan kulit dan membantu bekas luka memudar seiring waktu. Anda dapat membuka sebuah kapsul vitamin E dan oleskan cairan didalamnya pada bekas luka di tangan. Biarkan beberapa saat agar meresap lalu bilas dengan air biasa.

15. Krim Vitamin K atau serum

Sayuran hijau adalah sumber alami terbaik untuk vitamin K yang dapat mencegah penggumpalan darah. Pemakaian topikal vitamin K dapat membantu meminimalisir stretch mark, spider veins, memar, dan bekas luka. Anda dapat memperoleh krim vitamin K di apotek atau toko – toko obat terkemuka, pastikan untuk mendapatkan krim yang asli.

16. Minyak Biji Bunga Mawar

Campur minyak frankincense dengan minyak biji bunga mawar untuk cara menghilangkan bekas luka di tangan. Minyak biji bunga mawar kaya akan asam lemak esensial yang dapat menyembuhkan kulit yang dehidrasi. Minyak ini akan menyerap ke dalam kulit dengan mudah dan tidak meninggalkan jejak berkilap pada kulit.


17. Minyak Frankincense

Minyak esensial ini akan membantu merawat kulit kering, menghilangkan tanda – tanda penuaan atau sebagai tips mencegah penuaan dini, dan cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan dan juga digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di tangan.

18. Baking Soda

Baking soda bekerja seperti magnet, menarik semua kotoran dari kulit.Campur sedikit air dengan baking soda sampai menjadi pasta. Basahi kulit tangan yang ada bekas lukanya lalu oleskan pasta baking soda. Biarkan selama 10-15 menit. Anda bisa sekalian mengompresnya dengan waslap hangat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Waspadalah penggunaan baking soda yang berlebihan, karena ada bahaya baking soda untuk wajah yang juga bisa merusak kulit bagian tubuh lainnya jika digunakan berlebihan.

19. Minyak Lavender

Minyak ini dapat menjadi bahan untuk mengatasi luka bakar, eksim dan jerawat. Manfaat lavender untuk menyembuhkan dan menenangkan juga dapat menghilangkan bekas luka atau jaringan parut. Anda dapat menggunakannya untuk cara menghilangkan bekas luka di tangan. Lakukan tes alergi sebelum mencobanya pada kulit di bagian dalam siku Anda. Minyak lavender juga dapat menjadi cara menghaluskan wajah bopeng.

20. Helichrysum

Minyak esensial helichrysum memiliki khasiat yang kurang lebih mirip dengan tea tree oil, sehingga cara pemakaiannya tidak jauh berbeda. Karena berupa minyak esensial, maka penggunaannya harus diiringi dengan pencampuran dengan minyak pelarut lainnya, misal minyak kelapa atau minyak zaitun.

Cara menghilangkan bekas luka di tangan dapat memberi Anda keyakinan dan kepercayaan diri kembali ketika kulit tangan sudah tampak bersih dan mulus. Cobalah beberapa cara yang telah dibahas di atas, dan Anda akan mendapatkan kembali penampilan kulit yang tanpa cela dalam waktu singkat. Kuncinya, Anda harus melakukan perawatan secara teratur agar bekas luka di tangan tersebut dapat menghilang dengan cepat.

The post 20 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Tangan dengan Cepat appeared first on KlinikKecantikan.co.id.

sumber : klinikkecantikan



loading...