1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. 15 Rekomendasi Cemilan Sehat...

15 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil


15 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Ibu HamilCemilan sehat untuk ibu hamil sangat beragam mulai dari buah hingga sayuran. Hal paling penting yang harus diperhatikan saat ingin ngemil adalah nutrisi pada makanan tersebut agar ibu hamil dan janin dalam kandungan tetap sehat. Namun mencari camilan yang sehat dan direkomendasikan untuk kehamilan bukanlah hal yang mudah. Lalu apa saja camilan yang baik untuk kesehatan ibu hamil? Berikut ulasannya.

Rekomendasi Cemilan Sehat yang Kaya Nutrisi untuk Ibu Hamil

Cemilan sehat untuk ibu hamil pada ulasan berikut terdiri dari buah, sayur, dan snack yang dapat dibuat sendiri. Hal ini karena saat hamil, terkadang wanita hanya ingin mengkonsumsi makanan tertentu saja sesuai selera. Namun alangkah baiknya mempertimbangkan beberapa cemilan sehat berikut.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

  1. Bayam

Seperti yang kita tahu bahwa bayam merupakan sayuran yang memiliki kandungan asam folat tinggi sehingga berguna untuk perkembangan janin dalam kandungan. Dalam mengkonsumsi bayam sebagai cemilan, dapat menggunakan cara mengukusnya. Namun jangan dijadikan keripik karena makanan yang berminyak kurang baik untuk kesehatan.

  1. Wortel

Menjadikan wortel sebagai camilan sehat ibu hamil sangat direkomendasikan karena kandungan vitamin A yang sangat tinggi di dalamnya. Kandungan Vitamin A pada wortel berkhasiat untuk perkembangan otak janin, sistem syaraf, hingga sistem pernafasan. Dengan begitu, maka janin akan selalu sehat dalam kandungan. Untuk mengkonsumsi wortel, ibu hamil dapat mengkonsumsinya langsung sebagai camilan atau mengukusnya terlebih dulu.

  1. Telur Rebus

Sebagai cemilan, telur rebus memiliki kandungan nutrisi dan protein yang sangat lengkap. Setidaknya terdapat kandungan vitamin D kompleks pada telur yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, telur juga dapat membantu penyerapan kalsium pada ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Dalam konsumsi telur saat hamil, cukup makan sebutir telur rebus 1 kali sehari.

  1. Kacang Mete

Alternatif camilan sehat untuk ibu hamil yang lain adalah kacang mete. Bahan ini sangat mudah ditemui. Kacang mete memiliki kandungan protein tinggi yang berguna untuk membangun sel tubuh pada janin kandungan. Tak hanya itu, konsumsi kacang mete sebagai cemilan juga dapat membantu pembentukan otot dan sel darah janin.

  1. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh wanita selama masa kehamilan. Hal ini karena kalsium yang terkandung pada yoghurt berguna untuk membantu pembentukan gigi dan tulang bayi. Saat ingin mengkonsumsi yoghurt sebagai camilan, ibu hamil dapat mencampurkannya dengan kacang-kacangan atau bahan lain agar lebih nikmat saat disantap.

  1. Sereal Gandum

Pada masa kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami keinginan untuk banyak ngemil sehingga terkadang terlalu banyak konsumsi makanan yang tak sehat untuk tubuh. Untuk mengendalikan keinginan ngemil berlebih, cobalah menggunakan sereal gandum sebagai camilan. Selain sehat, sereal gandum juga dapat memenuhi asupan karbohidrat serta protein untuk ibu hamil. Selain sereal gandum, cobalah juga untuk mengkonsumsi roti gandum.

  1. Ubi

Seperti halnya wortel, ubi ternyata juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup digunakan untuk memenuhi asupan vitamin ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Dalam mengkonsumsi ubi sebagai camilan, cobalah mengolahnya menjadi ubi rebus atau keripik ubi.

  1. Kurma

Camilan sehat bagi ibu hamil berikutnya adalah kurma. Kurma merupakan buah yang sangat identik dengan bulan puasa. Buah yang satu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Hal ini karena kurma memiliki kandungan glukosa dan mineral yang dapat mengembalikan energi ibu yang hilang. Seperti yang kita tahu bahwa saat hamil, seorang ibu membutuhkan energi lebih besar untuk beraktifitas. Tentu saja karena terdapat janin dalam perutnya.

  1. Kismis Anggur

Kismis atau buah yang dikeringkan juga cocok digunakan sebagai camilan harian ibu agar kesehatan kandungan tetap terjaga. Salah satu kismis yang paling terkenal dan mudah didapatkan adalah kismis buah anggur.

Ada beberapa manfaat dari konsumsi kismis buah anggur. Pertama, serat pada kismis berkhasiat untuk membantu proses pencernaan. Kedua, kismis anggur juga memiliki kandungan kalsium yang dapat menjaga kesehatan gigi, gusi, dan tulang dari berbagai permasalahan. Hal ini karena janin juga membutuhkan asupan kalsim yang cukup untuk dapat tumbuh sehat.

  1. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau terkenal sebagai makanan yang dapat membantu menyuburkan rambut janin dalam kandungan. Untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau sebagai camilan sehat ibu hamil, cobalah makan camilan ini pada pagi dan sore hari. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada kacang hijau pun juga dapat digunakan sebagai camilan pengganti sarapan.

  1. Puding Buah

Daftar camilan sehat lainnya untuk ibu hamil adalah puding buah. Puding sangat cocok dijadikan camilan terutama saat ibu bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Puding dapat dikategorikan sebagai makanan kaya serat dan rendah lemak. Tak hanya itu, kandungan air pada puding juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi saat masa kehamilan. Untuk mengkonsumsi puding, pilih puding buah atau dapat membuatnya sendiri.

  1. Keju

Tak hanya yoghurt saja, Keju juga dapat digunakan sebagai pengganti susu. Mengapa? Karena biasanya ibu hamil akan mudah merasakan mual saat mengkonsumsi susu. Dengan demikian, keju dapat digunakan sebagai camilan alternatif pengganti susu.

Adapun jenis keju yang paling baik dikonsumsi di masa kehamilan adalah keju cedar dan keju mozarella. Kandungan protein tinggi pada keju berkhasiat dalam pembentukan sel darah merah, penyerapan zat besi maksimal, serta mengebalkan sistem syaraf bayi dalam kandungan.

  1. Salad

Salad merupakan jenis makanan yang terdiri dari buah dan sayur. Dengan kata lain, makanan satu ini memiliki kandungan protein dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Adapun rekomendasi buah yang cocok untuk ibu hamil sebagai salad adalah anggur, pisang, strawberry, mangga, dan apel. Untuk mendapatkan rasa yang lezat, campurkan yoghurt pada salad. Ini adalah makanan yang paling direkomendasikan untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

  1. Ikan Salmon

Selain makanan berupa sayur dan buah seperti di atas, mengkonsumsi daging ikan salmon juga sangat direkomendasikan pada masa kehamilan. Hal ini karena salmon terkenal dengan kandungan omega 3 yang sangat tinggi apabila dibandingkan dengan ikan lainnya. Kandungan omega 3 berkhasiat untuk membentuk sel tubuh serta syaraf otak janin. Untuk mengkonsumsinya, dapat direbus agar protein salmon tidak banyak terbuang.

  1. Kentang

Kentang terkenal dengan sebagai bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Untuk ibu hamil, direkomendasikan mengkonsumsi kentang agar dapat menahan keinginan untuk makan berlebih.

Itulah beberapa rekomendasi cemilan sehat bagi ibu hamil yang dapat dicoba. Cemilan tersebut dapat memberikan asupan vitamin, kalsium, dan protein yang cukup untuk tubuh. Sebenarnya selain camilan di atas, ibu hamil juga harus memenuhi kalsium tubuh dengan meminum susu ibu hamil. Meskipun sebagian ibu akan merasa mual saat meminum susu, namun setidaknya konsumsilah susu selama 3 hingga 4 kali dalam seminggu demi pertumbuhan janin.

sumber : dedaunan



loading...