1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. 11 Efek Operasi Plastik...

11 Efek Operasi Plastik Saat Tua yang Harus Diwaspadai


Banyak wanita dan juga pria yang lebih memilih cara instan seperti operasi plastik agar bisa mendapatkan tampilan yang sempurna dan memperbaiki area wajah yang terlihat kurang proporsional atau simetris. Namun sayangnya, meski sebagian orang terlihat lebih sempurna sesudah menjalani operasi plastik, ada efek samping operasi plastik saat tua yang mungkin tidak banyak disadari dan dipikirkan banyak orang. Ada berbagai kemungkinan operasi plastik gagal dilakukan atau berdampak buruk di masa tua yang bisa disebabkan karena banyak faktor seperti tidak cocok menjalani operasi plastik di beberapa bagian tertentu, kondisi pasien dan lain sebagainya. Sebelum anda memutuskan untuk melakukan operasi plastik, ada baiknya jika membaca artikel yang akan kami berikan kali ini sebagai bahan pertimbangan.

1.Hematoma

Efek samping operasi plastik pertama yang harus diketahui adalah hematoma. Hematoma merupakan kantong darah yang terlihat seperti memar besar dan terasa sangat menyakitkan seperti bahaya kandungan paraben pada kosmetik . Ini umumnya terjadi antara 1 hingga 6% prosedur pembesaran payudara dan menjadi komplikasi paling umum dari bedah kecantikan. Hematoma merupakan risiko yang hampir selalu ada dalam semua operasi plastik dan terkadang membutuhkan operasi tambahan untuk menguras darah yang terkumpul tersebut.

  1. Kerusakan Saraf

Potensi kerusakan saraf juga menjadi efek dari segala jenis prosedur operasi plastik yang seringkali terjadi. Sensasi seperti kesemutan dan mati rasa biasanya akan terjadi sesudah operasi plastik yang nantinya semakin berkembang dan ketika umur bertambah, maka tanda tanda kerusakan saraf mulai terlihat seperti bahaya serum vit C. Sebagian besar wanita biasanya akan mengalami perubahan sensitivitas sesudah operasi pembesaran payudara dan 15% diantaranya akan mengalami kehilangan sensasi puting secara permanen.

  1. Infeksi

Meski sudah dilakukan perawatan pasca operasi yang bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi, namun infeksi tetap menjadi komplikasi lebih umum terhadap operasi plastik. Sebagai contohnya ketika operasi payudara dilakukan, maka selulitis yakni infeksi kulit bisa terjadi antara 2 hingga 4% orang yang melakukan operasi plastik tersebut. Sedangkan dalam beberapa kasus, infeksi yang terjadi bisa bersifat internal dan berat sehingga memerlukan antibiotik IV seperti yang juga bisa ditimbulkan karena bahaya make up palsu.

  1. Emboli Paru

Emboli paru atau deep vein trombosis [DVT] merupakan efek dari operasi plastik saat tua berikutnya. Emboli paru merupakan terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah dalam yang umumnya terjadi di area kaki. Pada saat gumpalan tersebut pecah dan berjalan menuju organ paru paru, maka ini dikenal dengan emboli paru. Meskipun jarang terjadi, namun komplikasi dari operasi plastik ini bisa berakibat fatal seperti bahan pemutih wajah berbahaya.

  1. Merasa Kurang Puas

Meski umumnya orang akan merasa puas dengan hasil pasca operasi, akan tetapi sebagian orang yang menjalani operasi plastik juga mungkin kecewa dengan hasilnya khususnya jika dilakukan pada usia tua. Masalah kontur dan asimetri umumnya yang paling sering terjadi dan menjadi efek operasi plastik yang juga harus diketahui.

  1. Bekas Luka

Operasi plastik yang membutuhkan tindakan bedah ini umumnya juga akan menghasilkan jaringan parut. Jaringan parut hipertrofik seperti bekas luka tebal dan memerah yang abnormal akan terjadi antara 2 hingga 5% pasien yang menjalani operasi plastik. Bekas luka ini bisa dihilangkan dengan beberapa cara meski membutuhkan waktu seperti salah satunya cara menghilangkan bekas luka dengan madu.

  1. Kerusakan Organ

Operasi plastik juga bisa bersifat traumatis pada organ internal. Perforasi viseral atau tusukan ketika probe bedah bersentuhan dengan organ internal ini nantinya juga bisa berakibat fatal dan bisa terjadi dalam jangka panjang.

  1. Seroma

Seroma merupakan kondisi yang terjadi pada saat serum darah mengumpul di bawah permukaan kulit. Ini nantinya akan menyebabkan pembengkakan dan juga rasa sakit sekaligus membuat lepuh berbentuk besar seperti bahaya suntik kolagen. Komplikasi ini umumnya terjadi pada operasi plastik pengencangan perut. Seroma bisa terinfeksi yang biasanya akan diatasi secara pengeringan memakai jarum untuk mengeluarkan genangan darah tersebut. Namun meskipun begitu, seroma ini bisa kambuh sewaktu waktu dalam jangka panjang.

  1. Nyeri Fisik

Rasa sakit fisik seperti sakit kepala, mual, muntah dan juga rasa sakit berkepanjangan juga menjadi keluhan paling umum sesudah operasi plastik. Umumnya dengan berjalannya waktu, nyeri fisik tersebut bisa hilang. Akan tetapi dalam beberapa kasus, rasa sakit tersebut bisa berlangsung lebih lama dan bahkan mengalami peradangan di area bekas operasi dilakukan. Sedangkan untuk penyembuhan peristiwa traumatis tersebut tergantung dari masing masing orang seperti bahaya suntik silikon.


  1. Reaksi Alergi

Tidak semua orang yang ingin melakukan operasi plastik seperti operasi keloid dan sebagainya ini bisa sukses dan berhasil. Sebagian orang bisa saja mengalami reaksi alergi yang disebabkan karena bahan logam atau obat obatan tertentu. Pada saat obat pasca operasi menyebabkan alergi, maka pasien diharuskan beristirahat di tempat tidur dalam waktu yang sangat lama hingga beberapa minggu dan bahkan bisa mengembangkan komplikasi serius lainnya.

  1. Mati Rasa

Salah satu jenis operasi plastik yakni facelift merupakan jenis operasi yang dilakukan di area wajah untuk memperketat atau mengurangi kulit agar penampilan yang diinginkan seseorang bisa didapatkan. Untuk hasil yang baik, nantinya akan memberikan tampilan wajah yang halus, kencang sekaligus lebih awet muda. Sedangkan untuk efek negatifnya adalah timbul jaringan parut yang terkadang bisa berkurang sampai menimbulkan bekas luka atau hampir tidak terlihat. Sedangkan dalam beberapa kasus lainnya, bekas luka tersebut tidak bisa menghilang dan bahkan bisa menyebabkan mati rasa permanen tidak seperti efek samping bleaching badan yang bisa dihilangkan dengan beberapa metode.

Banyak orang yang ingin menjalani operasi plastik karena terbuai dengan banyak hasil sempurna yang sudah dibuktikan dari beberapa orang yang menjalani operasi plastik. Namun sebenarnya ada beberapa efek operasi plastik saat tua yang juga harus diketahui dan dijadikan bahan pertimbangan agar tidak menyesal di kemudian hari.

The post 11 Efek Operasi Plastik Saat Tua yang Harus Diwaspadai appeared first on KlinikKecantikan.co.id.

sumber : klinikkecantikan



loading...