1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. 10 Inspirasi Desain Rumah...

10 Inspirasi Desain Rumah Minimalis


Desain rumah minimalis kini kian digemari, apalagi oleh para pasangan muda yang baru menikah. Selain tergolong fleksibel karena bisa dibangun di lahan yang minim, rumah dengan desain minimalis terlihat lebih sederhana, lebih sehat, bisa meminimalisasi debu dan kotoran, serta membuat penghuninya lebih rileks.

Karena mulai banyak masyarakat yang menyukai dengan desain rumah minimalis modern, semakin banyak pula inovasi dan kreasi desain rumah minimalis yang bermunculan. Kawan Muda pun bisa memilih desain rumah minimalis sesuai dengan keinginan atau selera kamu.

Nah, berbicara tentang desain rumah minimalis modern untuk hunian impian, Kita Muda akan kasih sedikit tips bagaimana mengatur ruangan dalam rumah berdesain minimalis.

Tips yang akan Kita Muda bagikan juga disertai contoh denah rumah, kali saja bisa jadi inspirasi buat denah rumah impian kamu nantinya. Dilansir dari Homify, yuk intip tips dan contoh desain rumah modern berikut ini.

1. Salah satu kendala saat membangun rumah impian adalah lahan terbatas. Kamu bisa mengakalinya dengan metode tumpukan ruang sederhana. Jadi membangun rumahnya ke atas (layaknya ruko) dan setiap  lantai memiliki fungsi sendiri-sendiri. Misalnya, lantai satu khusus untuk ruang tamu dan dapur saja, sedangkan lantai dua untuk ruang keluarga dan ruang tidur.

Desain rumah minimalis dengan metode tumpukan ruang sederhana| via: homify.com

2. Rumah minimalis akan tampak lega jika kamu menggunakan konsep split level. Rumah split level merupakan rumah yang memiliki tangga penghubung seluruh rumah sehingga setiap lantainya saling terhubung tanpa sekat yang masif.

Desain rumah minimalis menggunakan konsep split level | via: homify.com

3. Biar simple dan enggak pusing dengan pembagian ruang, kamu bisa membuat rumah dengan satu ruang yang serba bisa. Misalnya nih, satu ruangan tersebut bisa berfungsi sebagai ruang tidur maupun makan. Ya, mirip-mirip dengan penataan di apartemen studio.

Desain rumah minimalis dengan satu ruang yang serba bisa| via: homify.com

4. Kamu juga bisa nih menyatukan ruang tamu dan ruang tidur. Yup, jadi kamu menggunakan semacam sofa bed yang bisa diubah menjadi kasur untuk tidur. Kalau begini kan bisa menghemat ruangan banget, kan?

Desain rumah minimalis dengan ruang tamu yang bisa jadi kamar tidur | via: homify.com

5. Ingin desain rumah minimalis natural? Kamu bisa menempatkan pohon di dalam denah. Nantinya seluruh ruang dalam rumah ditempatkan di sekitar taman yang terletak di tengah rumah.

Desain rumah minimalis dengan pohon di tengah rumah | via: homify.com

6. Selain rumah yang memanjang ke atas, kamu juga bisa membuat rumah dengan susunan ruang yang linear dan memanjang (mungkin kamu punya lahan yang ramping dan lebar, cara ini bisa dimanfaatkan. Untuk pembagian ruangnya, bagian depan rumah bisa dimanfaatkan untuk ruang tidur dan ruang belakang sebagai ruang makan dan keluarga. Atau kamu bisa mengaturnya sesuai keinginan.

Desain rumah minimalis berbentuk liner dan memanjang | via: homify.com

7. Selanjutnya adalah desain rumah minimalis dua lantai yang lapang. Fokus penataannya di pinggir ruangan sehingga bagian tengah benar-benar kosong dan luwes sehingga memudahkan akses ke setiap ruangan meskipun ruangannya sempit.

Desain rumah minimalis dua lantai yang lapang | via: homify.com

8. Pengin desain rumah minimalis dua lantai yang ada sedikit lahan untuk taman kecil? Kamu bisa nih membagi lantai satu  untuk ruang tamu (sekaligus ruang keluarga), dapur, dan taman. Kamar bisa diletakkan di lantai dua, jadi lantai dua khusus untuk kamar.

Desain rumah minimalis dua lantai yang ada sedikit lahan untuk taman kecil | via: homify.com

9. Kalau pengin ruang keluarganya lebih luas, kamu bisa mengintip desain rumah minimalis berikut yang memang fokus memberi ruang lebih pada ruang keluarga.

Desain rumah minimalis yang fokus pada ruang keluarga | via: homify.com

10.  Pada dasarnya, rumah dengan desain minimalis modern itu benar-benar memfokuskan pada empat sudut penting dalam rumah, yaitu ruang tamu, ruang makan, dan dua ruang tidur. Seperti yang tampak pada denah di bawah ini.

Desain rumah minimalis dengan fokus empat sudut penting dalam rumah | via: homify.com

Lahan terbatas bukanlah penghalang untuk mendapatkan rumah impian yang nyaman. Dengan kumpulan desain rumah minimalis di atas, keinginan Kawan Muda untuk mendapatkan rumah minimalis yang hangat akan segera terwujud.

Sebelum membeli rumah atau membangun rumah impian, ada baiknya Kawan Muda membaca artikel terkait tips memilih rumah di sini, biar enggak salah pilih rumah gara-gara kurang perencanaan atau kurang informasi. Semoga tips di atas bermanfaat, ya!

sumber : kitamuda



loading...