1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. 10 Hal Yang Membatalkan...

10 Hal Yang Membatalkan Puasa , Nomor 9 Tak Cuma Batal , Tapi Dapat Dosa Besar


 10 Hal Yang Membatalkan Puasa , Nomor 9 Tak Cuma Batal , Tapi Dapat Dosa Besar

Halo sahabat Hot Seleb kembali lagi nih dengan kita , ada kabar menarik mengenai sepuluh hal yang bisa membatalkan saat kita menjalankan ibadah puasa. Saat ini kita sedang memasuki bulan Ramadhan dimana setiap kaum muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi perlu kita ketahui ada beberapa hal yang dapat membuat ibadah tersebut tak sah atau batal. Kami akan merangkum beberapa hal yang sering kita lakukan saat tak puasa tapi ketika puasa tak boleh dilakukan. Penasaran apa saja yang bisa buat batal ? Yuk simak sepuluh hal berikut.

1.Sikat gigi saat puasa

Foto : shopback.co.id

Hal pertama adalah melakukan sikat gigi saat puasa. Sebetulnya hukum sikat gigi ini masih menjadi pedebatan setiap ulama dan ustadz karena mereka memiliki pemikiran yang berbeda. Saat menjalankan ibadah puasa , bau mulut memang menjadi masalah utama yang akan kita hadapi. Nah beberapa ulama menyebutkan jika sikat gigi saat puasa merupakan hal yang makruh dan bisa membatalkan puasa. Apalagi jika kamu melakukanya setelah waktu dzuhur.

2.Mencicipi masakan saat puasa Ramadhan

Foto : shopback.co.id

Hal kedua adalah mencicipi makanan saat bulan Ramadhan. Nah kalo ini pasti ibu-ibu pernah merasakan hal ini. Ternyata mencicipi masakan saat puasa menjadi hal yang membatalkan puasa. Apalagi kalau kamu sengaja mencicipi karena tidak yakin akan rasanya. Tetapi kalau memang sengaja melakukan hal ini banyak ulama yang menyebutkan hukumnya makruh.

3.Berkumur saat puasa

Foto : shopback.co.id

Hal ketiga adalah berkumur saat puasa , hampir sama dengan sikat gigi saat puasa. Apalagi kalau sengaja berkumur secara berlebihan tentu saja bisa membuat puasamu tidak sah. Makanya banyak orang yang tidak melakukan kumur saat wudhu di bulan Ramadhan.

4. Muntah dengan sengaja

Foto : shopback.co.id

Hal keempat adalah muntah dengan sengaja , tak hanya makan dan minum saja yang bisa membatalkan puasa. Melakukan muntah yang disengaja juga dapat menimbulkan puasamu tidak sah.

5.Merokok saat puasa

Foto : shopback.co.id

Hal kelima adalah merokok , meskipun banya orang masih mempertanyakan hal ini. Merokok merupakan salah satu hal yang membatalkan puasa. Walaupun tidak makan dan minum , merokok dapat membatalkan puasamu.

6.Ejakulasi dengan sengaja

Foto : shopback.co.id

Hal keenam adalah melakukan ejakulasi dengan sengaja. Sudah jelas jika kamu mengeluarkan air manimu secara sengaja saat menjalan ibadah puasa membuat puasamu batal. Bahkan saat kamu berpikiran yang aneh-aneh pun bisa membatalkan puasa kalau kamu mengalami ejakulasi.

7.Berenang

Foto : shopback.co.id

Hal ketujuh adalah berenang , pasti banyak yang bertanya kok bisa ? Sebenarnya berenang boleh boleh saja tapi dengan syarat kamu harus menjaga tidak ada air yang masuk kedalam tubuhmu. Hal itu tentu saja bisa membatalkan puasa tanpa kamu sadar. Maka dari itu sebaiknya jangan melakukan hal itu saat puasa , sebaiknya kamu melakukan setelah waktu berbuka.

8.Menstruasi

Foto : shopback.co.id

Hal kedelapan adalah menstruasi , yaitu sebuah hal yang dialami oleh kaum hawa setiap bulanya. Saat menjalankan puasa wanita yang sedang mengalami menstruasi dilarang bahkan diharamkan untuk berpuasa. Maka dari itu meskipun sudah sahur jika kamu menstruasi di sore hari maka puasamu tak sah atau batal.

9. Berhubungan seksual

Foto : shopback.co.id

Hal kesembilan adalah berhubungan seksual di siang hari saat bulan Ramadhan merupakan hal yang membatalkan puasa. Hal tersebut tak hanya membatalkan puasa namun mendapatkan dosa besar dan hukum yang berat dalam kafaroh. Hukuman tersebut adalah berpuasa dua bulan berturut-turut dan jika tak mampu memberikan makanan kepada 60 orang miskin. Nah maka dari itu buat kamu yang sudah berumah tangga harus menahan hawa nafsu juga ya saat bulan Ramadhan.

10.Emosi yang berlebihan

Foto : shopback.co.id

Yang terakhir adalah marah yang berlebihan dapat membatalkan puasamu. Karena saat puasa tak hanya menahan lapar dan dahaga melainkan hawa nafsu pula. Maka dari itu ketika kamu puasa haru bersabar ya ketika menghadapi cobaan.

Nah itu sepuluh hal yang lebih baik tak dilakukan saat kamu menjalankan ibadah puasa , karena ada sebagian yang makruh artinya lebih baik tak dilakukan. Bagaimana tanggapan sahabat Hot Seleb?

Sumber : UC News

sumber : upstation



loading...