1. Home
  2. /
  3. Terpana, Terpukau
  4. /
  5. 10 Film Thriller Terbaik...

10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!


Banyak banget film-film produksi Asia yang sebenarnya tidak kalah bagus dari film buatan Hollywood. Tapi, mungkin karena orang-orang cenderung lebih familiar dengan film asal negeri Paman Sam sana, akhirnya film buatan Asia tidak begitu akrab di telinga kita, terutama film bergenre thriller (film Asia bukan hanya tentang drama Korea, lho!).

Nah, dari deretan film thriller Asia yang ada, berikut ini adalah 10 film thriller terbaik yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

1. Audition

audition still - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via classic-horror.com

Jauh sebelum Takashi Miike membuat Yakuza Apocalypse yang bisa disebut mengecewakan, sutradara asal Jepang tersebut pernah menciptakan karya masterpiece yang sukses membuat banyak penonton merasa mual menontonnya. Yup, judul filmnya adalah Audition atau Odishon dalam bahasa Jepang.

Bayangkan saja, sutradara kenamaan macam Quentin Tarantino, Eli Roth, dan Rob Zombie mengaku sebagai fans berat Audition. Lantas, seperti apa sih film keluaran tahun 1999 ini?

Well, sebenarnya Audition bisa dikategorikan sebagai horor juga sih. Menceritakan tentang seorang duda yang mendapat usul dari anaknya untuk menikah lagi. Setelah memberi tahu temannya tentang keinginannya untuk menikah, sang duda pun memutuskan untuk mencari calon istri lewat ajang audisi.

Di sinilah pengalaman horor sang duda dimulai, karena ternyata calon istri pilihannya itu bukanlah perempuan normal yang biasa kamu lihat sehari-hari.

2. Ichi the Killer

ichi the killer movie - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via horror-wikia.com

Satu film buatan Takashi Miike lainnya. Film ini merupakan hasil adaptasi manga dengan judul yang sama. Tapi, jangan mengira Ichi the Killer tontonan untuk anak kecil, karena di film ini kamu akan menemui darah bermuncratan, potongan tubuh bergelimpangan, serta banyak adegan sadis nan kejam berseliweran sepanjang durasi film.

– Advertisement –

Wajar saja, karena di film ini Miike menunjukkan kepiawaiannya dalam meramu tema favoritnya, yakuza.

3. Lesson of the Evil

Lesson of the evil - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via d-addicts.com

Bayangkan jika kamu mempunyai guru yang baik, ramah, berkharisma, dan juga populer di sekolahmu. Namun, satu hal yang kamu tidak ketahui, guru kamu itu menyimpan sisi gelap yang sangat membahayakan: dia mengidap psikopati.

Ya, sesuai tagline yang dimiliki film ini, dalam Lesson of the Evil kamu akan digiring untuk menyaksikan seorang guru yang membantai murid-muridnya seakan dia sedang mengabsen mereka di dalam kelas.

4. Suicide Club

suicide club - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via pinterest.com

Oke, setelah tiga film Takashi Miike di atas, selanjutnya kita beralih ke film hasil garapan sutradara Jepang “gila” lainnya. Ya, mungkin tidak berlebihan menyebut film arahan Sion Sono ini sebagai kegilaan, karena sejak permulaan film saja kita sudah menemukan hal gila di dalamnya.

Cerita film ini dimulai dengan 54 gadis sekolahan yang berderet di peron stasiun kereta api sambil mengobrol dan bercanda satu sama lain. Tidak ada yang aneh, bukan? Jangan senang dulu, karena selanjutnya mereka ramai-ramai bunuh diri dengan cara melompat ke arah kereta api yang melintas, seolah itu adalah kegiatan yang rutin mereka lakukan.

Satu kata untuk film ini: gila!

5. Cold Fish

cold fish daily japan - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via the-dailyjapan.com

Apa yang lebih buruk dari kehidupan sebagai pemilik toko ikan kecil yang tidak laku dan punya keluarga yang hubungannya tidak harmonis, di mana sang anak sangat membenci ibu tirinya. Jawabnya, bertemu seorang sosiopat.

Dalam Cold Fish, kamu akan diajak menyaksikan perubahan demi perubahan penuh emosi yang dialami seorang pria biasa yang membosankan dan tanpa ambisi setelah ia bertemu dengan sosiopat itu. Siapa yang mengira seorang pria pemalu bisa berubah drastis menjadi begitu dingin dan kejam?

Cold Fish layak disebut karya besar lainnya dari Sion Sono.

 

Editor’s Pick:

6 Film Ini Dianggap Sebagai “Film Paling Kelewatan”, Mau Tau Kenapa?

5 Film Ini Sanggup Membuat Sutradara Film Horor Hollywood Bergidik Ngeri

Inilah 17 Kandidat Film Terbaik 2017 Yang Wajib Kamu Tonton!

 

6. Battle Royale

Class battle royale 51983 675 483 - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via battleroyalewikia.com

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu menghadapi anak-anak sekolahan bandel dan susah diatur? Menegur atau menasihati? Itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang terjadi dalam film distopia arahan Kinji Fukasaku ini.

Diceritakan pemerintah Jepang yang sudah lelah dengan ulah anak-anak sekolahan akhirnya memutuskan untuk membawa mereka ke sebuah pulau terpencil. Tujuannya? Menyuruh mereka saling membunuh satu sama lain sampai tinggal tersisa satu orang.

Mungkin ide dasarnya agak-agak mirip The Hunger Games, ya? Tapi, film adaptasi dari novel berjudul sama ini muncul lebih dulu daripada The Hunger Games, lho.

7. The Chaser

thechaser - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via pinterest.com

Lupakan sejenak film thriller legendaris Korea Selatan, Old Boy, karena dalam film ini kamu akan disuguhi cerita yang mengalir cepat bak roaller coaster. Dan coba tebak, seperti ditunjukkan judulnya, kamu akan menemukan banyak adegan kejar-kejaran dalam The Chaser.

The Chaser adalah film yang menceritakan tentang mantan polisi yang beralih profesi sebagai mucikari. Suatu hari si mucikari merasa curiga karena banyak “wanita binaannya” yang mendadak hilang. Pada awalnya, ia menduga para wanita itu menjadi korban perdagangan manusia. Tetapi dugaannya tersebut ternyata salah, karena ia menemukan bahwa mereka menemui nasib yang jauh lebih naas.

Patut diakui, sutradara Na Hong-Jin secara cerdas mampu meramu film ini sehingga penonton dapat bersimpati kepada karakter-karakternya, sekaligus mempertanyakan ulang apa arti sebuah tindak kejahatan serta hak asasi manusia.

8. A Bittersweet Life

a bittersweet life 1 - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via movie-asia.com

Umumnya, penggambaran mafia dalam film atau karya sastra lainnya hampir selalu dihubungkan dengan struktur hierarkis. Film ini pun tidak jauh berbeda, karena kamu masih bisa melihat karakteristik seperti itu di dalamnya.

Yup, karakter utama film ini merupakan orang kepercayaan bos mafia. Bagaimana tidak dipercaya, segala perintah yang diterimanya selalu dikerjakan dengan baik, tanpa pandang bulu pula.

Tapi dasar yang namanya manusia, sedingin apa pun dia, di suatu titik kehidupan pasti perasaan dan hati nuraninya bisa ikut campur juga. Di sinilah sutradara Kim Jee-won bisa meramu dengan apik tentang makna kehidupan dan perasaan personal di tengah kehidupan keras yang dijalani mafia.

9. I Saw the Devil

i saw the devil - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via westernscreen.com

Plot dasar dalam I Saw the Devil mungkin acapkali terdengar di dunia nyata. Seorang pria ditinggal mati tunangannya yang diculik, diperkosa, dan dibunuh secara keji.

Apa yang kamu lakukan jika berada pada posisi pria tersebut? Merelakan kepergian sosok yang dicintai itu atau membalas dendam kepada pelakunya? Tokoh utama dalam film ini memutuskan memilih pilihan kedua. Namun yang menarik, ia membalas dendam dengan cara yang unik dan cenderung mempermainkan sang karakter antagonis.

Seperti tertera pada judulnya, mungkin setelah kamu menonton film ini, kamu akan berpikir, “Siapa sebenarnya tokoh yang melihat sosok ‘iblis’ itu? Tokoh protagonis atau antagonisnya?”

10. Dream Home

Dream Home images - 10 Film Thriller Terbaik Karya Sineas Asia, Nggak Kalah Dari Film Hollywood!
via alchetron.com

Film terakhir dalam daftar ini berasal dari Hongkong dan disutradarai oleh Pang Ho-cheung. Sesuai judulnya, film ini menceritakan seorang wanita yang memimpikan sebuah tempat tinggal idaman bagi keluarganya. Saking bernafsunya ia untuk mewujudkan mimpinya itu, ia bahkan rela menghalalkan berbagai cara, termasuk melenyapkan nyawan manusia yang tak berdosa.

Coba saja lihat poster filmnya. Si karakter utama terlihat tiduran di atas mayat yang bergelimpangan seolah ia berada di atas kasur yang nyaman nan empuk.

10 film di atas cuma secuil bagian dari deretan film thriller terbaik Asia lainnya yang keren. Menurut kamu, apa ada film lain yang tak kalah seru? 

– Advertisement –

sumber: selipan



loading...