1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. 10 Ciri Kulit Normal...

10 Ciri Kulit Normal Cenderung Berminyak Perlu Diketahui


Jika Anda memiliki jenis kulit yang kering, berminyak atau normal, maka perawatan yang perlu dilakukan akan lebih mudah serta langsung. Namun ketika Anda memiliki jenis kulit yang merupakan campuran dari ketiganya, maka cara perawatannya akan lebih kompleks lagi. Kulit wajah seseorang didefinisikan sebagai kombinasi jika pada beberapa area tertentu terlihat berminyak dan lebih kering pada orang lain.

Mungkin Anda sudah akrab dengan istilah T-Zone atau area T jika Anda memiliki  ciri – ciri kulit kombinasi, atau kulit normal cenderung berminyak. Anda bahkan mungkin sering mengenali perbedaan yang ada pada kulit wajah , yang seperti tidak dapat ditentukan jenis kulit sebenarnya. Ada bagian wajah Anda yang berminyak dan berpori besar biasanya pada hidung, dahi dan dagu, namun juga ada bagian kering dan terkadang mengelupas pada pipi dan di bawah mata.

Menentukan Jenis Kulit Normal Berminyak

Penting untuk menentukan jenis  – jenis kulit wajah Anda agar dapat mengetahui produk perawatan apa yang dapat Anda beli. Mengetahui ciri kulit normal cenderung berminyak juga perlu untuk menentukan bagaimana rutinitas perawatan kecantikan yang biasa Anda ikuti.

1. Wajah tetap terlihat berminyak setelah dibersihkan

Apapun produk pembersih wajah yang Anda gunakan untuk cara merawat kulit berminyak, pada umumnya ciri kulit normal cenderung berminyak ini tetap akan muncul. Sekitar 20 menit setelah mencuci wajah, Anda masih melihat kulit yang berminyak pada beberapa bagian wajah dan kering di bagian yang lainnya.

2. Pelembab kulit normal tidak cocok

Ketika Anda menggunakan pelembab untuk kulit normal sebagai cara mencegah kulit wajah berminyak, produk tersebut justru membuat pipi terasa kesat, namun area T wajah Anda terlihat sangat berminyak. Anda masih tetap memerlukan pelembab untuk wajah, namun cobalah untuk menggunakan lotion yang mengandung kombinasi salicylic acid dan silica yang bisa membuat wajah terlihat matte.


3. Pori – pori tidak sama besar

Anda akan melihat bahwa pori – pori di hidung terlihat lebih besar daripada pori – pori di rahang dan pipi. Walaupun tidak ada produk yang dapat dibuktikan benar – benar dapat mengecilkan pori – pori, tetap ada cara untuk membuatnya tetap kecil. Gunakan produk yang mengandung retinol, alpha hydroxy axid, atau beta hydroxy acid yang akan mencegah pori – pori tersumbat.

4. Anda mengalami ketombe

Ketombe bukan indikator mutlak, namun sangat umum bagi wanita yang memiliki jenis kulit normal cenderung berminyak untuk mengalami kulit kering dan mengelupas di kulit kepala juga. Seringkali wanita yang memiliki masalah ketombe di kulit kepala juga menunjukkan kekeringan di beberapa bagian wajah.

5. Mengalami jerawat, komedo dan kulit kering bersamaan

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa ketiga masalah kulit ini bisa muncul bersamaan, namun kenyataannya demikian. Ciri kulit normal cenderung berminyak, salah satunya adalah mengalami jerawat, komedo hitam dan juga area kulit yang kering secara bersamaan.

6. Cuaca mempengaruhi kulit wajah

Ketika cuaca panas, area T wajah Anda cenderung akan tampak mengkilap lebih cepat daripada biasanya. Kondisi ini akan terlihat umumnya pada pertengahan pagi menjelang siang hari. Solusi tercepat untuk mengatasinya adalah kertas minyak untuk wajah. Kertas ini biasanya berbentuk kemasan kecil tipis dan tampak transparan. 

7. Produksi minyak di area T lebih banyak

Kelenjar sebaceous memproduksi sebum dalam jumlah besar dan menyebabkan penumpukan yang menyumbat pori – pori yang mengakibatkan pembentukan komedo hitam dan putih. Area ini juga akan terlihat lebih mengkilap karena minyak.

8. Area pipi dan leher lebih sensitif

Karena sebagian kulit pada area wajah berjenis kering, maka kondisinya cenderung lebih sensitif daripada yang lainnya. Misalnya ketika Anda membubuhkan pembersih, bisa saja area ini terasa lebih kering dan kencang sementara pada area sisanya terlihat berminyak.

9. Sulit menemukan produk perawatan yang cocok

Ciri wajah normal cenderung berminyak berikutnya adalah ketika Anda sulit menemukan produk perawatan kulit yang cocok untuk cara mengatasi muka berminyak. Mungkin saja produk apapun yang Anda coba tidak memberikan hasil yang diinginkan, atau menunjukkan perubahan yang signifikan pada kondisi kulit wajah. beberapa produk mungkin membuat Anda berjerawat sementara produk lainnya membuat kulit menjadi sangat kering.

10. Kombinasi dari beberapa masalah kulit

Jika Anda menemukan ciri wajah normal cenderung berminyak berupa adanya garis halus, keriput, jerawat, pori tersumbat dan wajah mengkilap secara bersamaan maka kemungkinan besar Anda memiliki jenis kulit tersebut. Anda juga mungkin mengalami warna kulit yang tidak merata di wajah.

Memiliki ciri wajah normal cenderung berminyak berarti Anda memiliki kebutuhan untuk merawat wajah yang harus disesuaikan dengan ketiga jenis kulit yang ada, yaitu kulit normal, berminyak dan kering sekaligus. Kunci untuk  cara merawat kulit kombinasi adalah keseimbangan. Anda harus menemukan cara yang benar untuk menyeimbangkan kebutuhan kulit di area yang kering dan berminyak. Jika memungkinkan, pilihlah produk yang tidak mengandung bahan kimia keras dan pewangi buatan, misalnya ketika memilih pelembab untuk kulit kombinasi.

The post 10 Ciri Kulit Normal Cenderung Berminyak Perlu Diketahui appeared first on KlinikKecantikan.co.id.

sumber : klinikkecantikan



loading...