1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. 10 Cara Mudah Menjaga...

10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Kamu Lakukan Hari Ini Juga


Mengapa harus menjaga kesehatan mata? Apakah itu penting? Bagaimanapun juga menjaga kesehatan mata sangat penting untuk dilakukan, karena pada dasarnya mata adalah indra terpenting yang ada ditubuh kita. Tanpa adanya mata, kita tidak bisa melihat keindahan sekitar dan juga wajah keluarga ataupun orang terdekat kita.

Dalam kehidupan sehari-hari, peran mata sangat besar. Kita banyak melakukan berbagai hal dengan bantuan mata. Tanpa adanya bantuan mata, tangan kita, kaki, mulut dan lainnya tidak akan bekerja dengan optimal. Itulah kenapa kita perlu merawat mata kita agar bisa sehat selalu dan tetap optimal saat digunakan.

Menjaga kesehatan mata tidaklah sesulit yang dibayangkan, bahkan cara-caranya pun sangat mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa cara untuk merawat mata agar kondisinya bisa sehat selalu.

1. Hindari melihat objek terlalu dekat, pastikan jarak mata dan objek tidak berlebihan dekatnya

Menonton Tv Terlalu Dekat - Cara Menjaga Kesehatan Mata

Jangan menonton tv terlalu dekat

Aktivitasmu seperti membaca buku, menonton tv, bermain game di smartphone, menggunakan laptop/komputer, dan lainnya yang membutuhkan bantuan mata akan lebih baik jika hal itu dilakukan dengan jarak yang tidak terlalu dekat antara mata dan objek yang ada didepan matamu.

Seperti contohnya jarak aman untuk menonton tv dengan ukuran 14 inchi adalah sekitar 2 meter, semakin besar layar semakin jauh jaraknya. Untuk aktivitas membaca buku, menggunakan laptop/komputer atau bermain game di smartphone, jarak yang disarankan adalah 50cm dari objek.

Karena apabila kamu terlalu lama menatap objek dengan sangat dekat, itu dapat membuat otot matamu menjadi tegang dan mata lebih cepat merasa lelah. Lama-kelamaan apabila itu terus dilakukan, kondisi matamu akan semakin memburuk dan berpotensi mengalami rabun.

2. Menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi

Makan Makanan Bergizi Tinggi - Cara Menjaga Kesehatan Mata

Makanan yang bergizi tinggi

Mata juga butuh asupan nutrisi, sama seperti bagian tubuh yang lain. Agar kesehatan matamu tetap terjaga, pastikan kamu mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi disetiap harinya.

Pastikan disetiap menu makananmu mengandung asam lemak omega-3, zink, vitamin E, lutein yang dimana hal tersebut sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit seperti gangguan mata pada retina karena usia ataupun katarak.

Jangan lupa juga selalu menambahkan sayur-sayuran hijau seperti bayam, telur, kacang-kacangan, ikan yang mengandung omega-3 seperti tuna & salmon, dan juga buah-buahan segar. Itu semua menu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata agar bisa selalu sehat dan bekerja secara optimal saat digunakan.

3. Hindari sinar matahari berlebih saat di siang hari, jika perlu gunakan kacamata hitam saat keluar rumah

Hindari Paparan Sinar Matahari - Menjaga Kesehatan Mata

Hindari paparan sinar matahari

Apabila seluruh aktivitasmu dilakukan diluar ruangan atau diluar rumah pada siang hari, maka kamu perlu menggunakan kacamata hitam agar matamu tidak berlebihan terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Apabila mata terpapar oleh sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, itu bisa meningkatkan resiko mata terkena katarak. Menjaga kesehatan mata bukan hanya dilakukan dari dalam saja seperti mengkonsumsi makanan bergizi, tapi dari luar juga perlu dilakukan seperti mencegah mata terkena paparan sinar matahari contohnya.

4. Jangan menggosok mata secara berlebihan saat matamu merasa gatal

Jangan Berlebihan Menggosok Mata - Cara Menjaga Kesehatan Mata

Jangan berlebihan menggosok mata

Menggosok mata sering dilakukan secara tidak sadar oleh kita ketika mata terasa gatal atau kemasukan sesuatu dari luar. Memang wajar jika dilakukan, namun akan berdampak buruk jika dilakukan secara berlebihan.

Misalnya kamu menggosok mata ketika gatal dengan sangat cepat, menggosok mata secara menekan kedalam, atau menggosok mata terlalu lama bisa menyebabkan mata memerah, iritasi, dan bahkan pendarahan. Jika matamu merasa gatal, gunakanlah obat tetes mata atau coba istirahatkan dengan tidur sejenak.

5. Merawat kesehatan mata dengan periksa secara rutin ke dokter mata

Rutin Periksa ke Dokter - Cara Menjaga Kesehatan Mata

Rutin periksa ke dokter mata

Paling tidak setiap 6 bulan sekali kamu perlu memeriksakan mata mu ke dokter mata, untuk memastikan kalau mata kamu tetap terjaga dengan baik. Kita tidak akan tahu gejala-gejala awal dari penyakit mata, oleh karena itu periksa kepada yang ahlinya adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya sesuatu kepada mata kita.

Terlebih ada beberapa penyakit mata yang tidak memiliki keluhan, seperti contohnya glaukoma yang seringkali tidak menimbulkan gejala. Dengan memeriksakan mata secara rutin, kamu bisa mendeteksi penyakit mata sejak dini.

Baca Juga :  8 Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat Ditengah Kesibukan Kerja yang Tiada Henti

6. Jangan merokok, atau jika kamu perokok maka berhentilah

Jangan Merokok - Cara Menjaga Kesehatan Mata

Berhentilah merokok

Sejak awal pun merokok tidak pernah ada keuntungannya. Merokok hanya menambah penyakit-penyakit baru ke dalam tubuh. Sama halnya penyakit mata, bisa juga disebabkan oleh kebiasaan merokok yang dilakukan setiap hari.

Jika kamu bukan perokok, maka janganlah merokok. Apabila kamu seorang perokok, maka sebaiknya berhentilah. Dengan berhenti merokok, kamu sudah menyelamatkan matamu dari penyakit seperti katarak, kerusakan saraf mata dan degenerasi makular. Selain itu tidak merokok juga menyelamatkanmu dari resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

7. Jangan sering menatap layar smartphone atau komputer terlalu lama

Jangan Lama Menatap Smartphone - Cara Menjaga Kesehatan Mata

Jangan terlalu lama menatap layar smartphone

Sama halnya dengan poin pertama, melihat sesuatu terlalu lama dengan jarak yang dekat bisa membuat matamu menjadi lelah. Bedanya dengan poin pertama, menatap komputer dan juga smartphone bisa membuat mata menjadi lebih kering, sulit fokus, pandangan menjadi kabur, ada rasa sakit dikepala dan pegal dibagian bahu.

Jika memang aktivitasmu harus dilakukan dengan smartphone atau komputer, sebaiknya dalam setiap 20 menit alihkan pandanganmu ke objek dengan jarak sejauh 6 meter, paling tidak selama 30 detik. Hal itu bisa membuat matamu tidak lagi merasa lelah ataupun kering karena terlalu lama menatap objek dengan jarak dekat.

8. Hobi membaca? Pastikan cahaya disekitarmu sudah cukup menerangi buku yang ingin kamu baca

Baca Buku di Tempat Terang - Menjaga Kesehatan Mata

Pastikan cahayanya cukup terang

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca buku, pastikan cahaya disekitarmu cukup menerangi buku yang ingin kamu baca. Jangan membaca saat cahaya disekitar sedang redup, itu bisa membuat matamu bekerja lebih keras untuk bisa membaca kata demi kata di dalam buku, sehingga membuat mata menjadi lebih lelah. Jika hal itu terjadi, cobalah berhenti sementara waktu dan berisritahat, lalu lanjutkan lagi aktivitas membacamu setelah mata terasa lebih nyaman.

9. Jangan lupa berolahraga. Apabila badan sehat, matamu pun juga akan ikut sehat

Berolahraga - Menjaga Kesehatan Mata

Jangan lupa berolahraga

Berolahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, terutama menfaat untuk mata. Dengan kamu rajin berolah raga, kamu sudah berusaha untuk menjaga kesehatan mata mu agar tidak terserang penyakit.

Rajin berolahraga juga mengurangi resiko terkena penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, penyempitan pembuluh darah yang itu semua bisa berpengaruh kepada pengelihatan mata kita. Jika tidak punya waktu berolahraga diluar, kamu bisa mulai berolahraga dirumah.

10. Konsumsi buah-buahan, terlebih yang banyak mengandung Vitamin A

Konsumsi Vitamin A - Cara Menjaga Kesehatan Mata

Konsumsi buah-buahan yang mengandung Vitamin A

Vitamin A baik untuk kesehatan mata kita. Apabila kamu ingin menjaga kesehatan mata secara alami, maka kamu perlu banyak mengkonsumsi Vitamin A. Banyak sekali ditemukan di buah-buahan seperti wortel, alpukat, tomat, dan pepaya.

Nah, itu tadi beberapa tips menjaga kesehatan mata yang bisa kamu lakukan agar mata mu bisa selalu sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit. Kalau bukan kita yang merawat mata kita, lalu siapa lagi?

Ingat lho, mata itu adalah jendela dunia. Tanpa adanya peran mata, kita tidak bisa melihat banyak hal yang indah disekitar kita. Jadi, jaga selalu baik-baik kesehatan mata mu ya! sumber : wokeeh



loading...